Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:37

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Mamaos Cianjur Tak Boleh Hilang

Oleh: Asri Fatimah - Jumat 04 Maret 2016 | 17:00 WIB

Mamaos Cianjur Tak Boleh Hilang

BC/Dok

BERITACIANJUR.COM - Dadan Sukandar, pria kelahiran 23 Mei 1942, merupakan salah satu budayawan senior di Kabupaten Cianjur. Kiprah pria yang akrab disapa Ki Dadan ini sudah banyak yang tahu, terutama terkait dengan pelestarian kesenian Mamaos Cianjur.

 

Diceritakannya, aktivitasnya di dunia seni sudah digelutinya sejak duduk di bangku sekolah rakyat. Bahkan, berkat kepiawaiannya bermain alat musin tradisional Sunda, ia sudah mengelilingi Indonesia.

 

Bahkan, ia pun pernah berkesempatan untuk pergi ke Eropa untuk melakukan pertunjukkan atas undangan yang diterimanya.

 

Selain itu, Ki Dadan pun kerap diundang untuk menjadi pembicara mengenai kebudayaan di universitas terkemuka di Indonesia.

 

"Meski aki sudah tua, aki masih dipercaya untuk menjadi pembicara di kalangan pelajar dan mahasiswa tentang Mamaos Cianjur. Lewat cara ini pula, aki manfaatkan untuk bisa terus melestarikan budaya Sunda," katanya.

 

Ditegaskannya, Mamos Cianjur tidak boleh hilang. Warisan budaya ini harus dilanjutkan oleh generasi muda. Pasalnya dalam Mamaos Cianjur terdapat wejangan hidup yang bisa menjauhkan diri dari perbuatan yang dilarang.

Komentar