Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pantai

Astri D. Andriani

Senin, 24 Agustus 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pantai nampaknya sudah menjadi salah satu destinasi wajib saat traveling. Indonesia sendiri memiliki garis pantai yang terbentang jauh dan sangat indah. Ternyata bukan hanya keindahan pemandangan pantai saja yang bisa kita dapatkan saat berjalan-jalan di pasir pantai, namun juga ada manfaat untuk kesehatan.

J. Aaron Hipp, Ph.D dalam Journal of Environmental Psychology mengungkapkan, “Studi telah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang gym, atau pusat-pusat hiburan urban.”

Nah, berikut ini beberapa fakta mengenai kesehatan dan mungkin bisa menjadi alas an tambahan untuk mengunjungi pantai sebagai destinasi wisata.

Berjalan di Pasir Kuatkan Otot Kaki

Taukah kamu jika berjalan di pasir pantai bisa menguatkan otot kaki. Saat berjalan atau berlari di pasir tubuh membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan yang solid. Jadi secara tidak sadar dengan berjalan dipasir pantai, otot kakimu bisa lebih kuat.

Fakta lain menurut Martin Zuncker, penulis buku “Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?”, jika berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

Sinar Matahari Bantu Produksi Vitamin D

Sinar matahari bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin ini lah yang mempunyai peran penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat. Menurut Mayo Clinic, 10 menit terekspos sinar matahari menyediakan dosis vitamin D cukup untuk sehari. Sementara itu tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat berjemur hingga warna kulit sedikit kemerahmudaan.

Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune. Namun sebagian orang pasti khawatir dengan kulit ketika matahari sedang terik-teriknya. Supaya kulit tetap terlindungi, jangan lupa memakai sunscreen ber SPF (sun protection factor) 15 atau lebih.

Air Laut untuk Penyembuhan dan Terapi

Air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi. Selain itu dengan berenang di air laut bisa sekaligus detoks dan menyehatkan Jantung.

Menurunkan Stres, Depresi dan Kecemasan

Ternyata berenang juga berkhasiat dalam pembentukan otot-otot tubuh karena air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Kamu juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung, dengan berenang sedikitnya dua setengah jam per minggu.

Bukankah kombinasi yang pas jika khasiat air laut digabung khasiat berenang? Siapa sih yang bakal rugi kalau main ke Pantai, ya nggak? Selain bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa menawan, ternyata ke pantai juga banyak manfaatnya dari segi kesehatan. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 35 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 40 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…