Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pantai

Astri D. Andriani

Senin, 24 Agustus 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pantai nampaknya sudah menjadi salah satu destinasi wajib saat traveling. Indonesia sendiri memiliki garis pantai yang terbentang jauh dan sangat indah. Ternyata bukan hanya keindahan pemandangan pantai saja yang bisa kita dapatkan saat berjalan-jalan di pasir pantai, namun juga ada manfaat untuk kesehatan.

J. Aaron Hipp, Ph.D dalam Journal of Environmental Psychology mengungkapkan, “Studi telah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang gym, atau pusat-pusat hiburan urban.”

Nah, berikut ini beberapa fakta mengenai kesehatan dan mungkin bisa menjadi alas an tambahan untuk mengunjungi pantai sebagai destinasi wisata.

Berjalan di Pasir Kuatkan Otot Kaki

Taukah kamu jika berjalan di pasir pantai bisa menguatkan otot kaki. Saat berjalan atau berlari di pasir tubuh membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan yang solid. Jadi secara tidak sadar dengan berjalan dipasir pantai, otot kakimu bisa lebih kuat.

Fakta lain menurut Martin Zuncker, penulis buku “Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?”, jika berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

Sinar Matahari Bantu Produksi Vitamin D

Sinar matahari bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin ini lah yang mempunyai peran penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat. Menurut Mayo Clinic, 10 menit terekspos sinar matahari menyediakan dosis vitamin D cukup untuk sehari. Sementara itu tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat berjemur hingga warna kulit sedikit kemerahmudaan.

Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune. Namun sebagian orang pasti khawatir dengan kulit ketika matahari sedang terik-teriknya. Supaya kulit tetap terlindungi, jangan lupa memakai sunscreen ber SPF (sun protection factor) 15 atau lebih.

Air Laut untuk Penyembuhan dan Terapi

Air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi. Selain itu dengan berenang di air laut bisa sekaligus detoks dan menyehatkan Jantung.

Menurunkan Stres, Depresi dan Kecemasan

Ternyata berenang juga berkhasiat dalam pembentukan otot-otot tubuh karena air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Kamu juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung, dengan berenang sedikitnya dua setengah jam per minggu.

Bukankah kombinasi yang pas jika khasiat air laut digabung khasiat berenang? Siapa sih yang bakal rugi kalau main ke Pantai, ya nggak? Selain bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa menawan, ternyata ke pantai juga banyak manfaatnya dari segi kesehatan. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?