Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pantai

Astri D. Andriani

Senin, 24 Agustus 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pantai nampaknya sudah menjadi salah satu destinasi wajib saat traveling. Indonesia sendiri memiliki garis pantai yang terbentang jauh dan sangat indah. Ternyata bukan hanya keindahan pemandangan pantai saja yang bisa kita dapatkan saat berjalan-jalan di pasir pantai, namun juga ada manfaat untuk kesehatan.

J. Aaron Hipp, Ph.D dalam Journal of Environmental Psychology mengungkapkan, “Studi telah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang gym, atau pusat-pusat hiburan urban.”

Nah, berikut ini beberapa fakta mengenai kesehatan dan mungkin bisa menjadi alas an tambahan untuk mengunjungi pantai sebagai destinasi wisata.

Berjalan di Pasir Kuatkan Otot Kaki

Taukah kamu jika berjalan di pasir pantai bisa menguatkan otot kaki. Saat berjalan atau berlari di pasir tubuh membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan yang solid. Jadi secara tidak sadar dengan berjalan dipasir pantai, otot kakimu bisa lebih kuat.

Fakta lain menurut Martin Zuncker, penulis buku “Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?”, jika berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

Sinar Matahari Bantu Produksi Vitamin D

Sinar matahari bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin ini lah yang mempunyai peran penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat. Menurut Mayo Clinic, 10 menit terekspos sinar matahari menyediakan dosis vitamin D cukup untuk sehari. Sementara itu tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat berjemur hingga warna kulit sedikit kemerahmudaan.

Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune. Namun sebagian orang pasti khawatir dengan kulit ketika matahari sedang terik-teriknya. Supaya kulit tetap terlindungi, jangan lupa memakai sunscreen ber SPF (sun protection factor) 15 atau lebih.

Air Laut untuk Penyembuhan dan Terapi

Air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi. Selain itu dengan berenang di air laut bisa sekaligus detoks dan menyehatkan Jantung.

Menurunkan Stres, Depresi dan Kecemasan

Ternyata berenang juga berkhasiat dalam pembentukan otot-otot tubuh karena air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Kamu juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung, dengan berenang sedikitnya dua setengah jam per minggu.

Bukankah kombinasi yang pas jika khasiat air laut digabung khasiat berenang? Siapa sih yang bakal rugi kalau main ke Pantai, ya nggak? Selain bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa menawan, ternyata ke pantai juga banyak manfaatnya dari segi kesehatan. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 43 menit yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 1 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?