Sabtu, 24 Juni 2017 - Pukul 17:18

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Ini Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pantai

Oleh: Astri D. Andriani - Senin 24 Agustus 2015 | 17:30 WIB

Ini Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pantai

net

BERITACIANJUR.COM – Pantai nampaknya sudah menjadi salah satu destinasi wajib saat traveling. Indonesia sendiri memiliki garis pantai yang terbentang jauh dan sangat indah. Ternyata bukan hanya keindahan pemandangan pantai saja yang bisa kita dapatkan saat berjalan-jalan di pasir pantai, namun juga ada manfaat untuk kesehatan.

 

J. Aaron Hipp, Ph.D dalam Journal of Environmental Psychology mengungkapkan, “Studi telah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang gym, atau pusat-pusat hiburan urban.”

 

Nah, berikut ini beberapa fakta mengenai kesehatan dan mungkin bisa menjadi alas an tambahan untuk mengunjungi pantai sebagai destinasi wisata.

 

Berjalan di Pasir Kuatkan Otot Kaki

Taukah kamu jika berjalan di pasir pantai bisa menguatkan otot kaki. Saat berjalan atau berlari di pasir tubuh membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan yang solid. Jadi secara tidak sadar dengan berjalan dipasir pantai, otot kakimu bisa lebih kuat.

 

Fakta lain menurut Martin Zuncker, penulis buku “Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?”, jika berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

 

Sinar Matahari Bantu Produksi Vitamin D

Sinar matahari bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin ini lah yang mempunyai peran penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat. Menurut Mayo Clinic, 10 menit terekspos sinar matahari menyediakan dosis vitamin D cukup untuk sehari. Sementara itu tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat berjemur hingga warna kulit sedikit kemerahmudaan.

 

Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune. Namun sebagian orang pasti khawatir dengan kulit ketika matahari sedang terik-teriknya. Supaya kulit tetap terlindungi, jangan lupa memakai sunscreen ber SPF (sun protection factor) 15 atau lebih.

 

Air Laut untuk Penyembuhan dan Terapi

Air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi. Selain itu dengan berenang di air laut bisa sekaligus detoks dan menyehatkan Jantung.

 

Menurunkan Stres, Depresi dan Kecemasan

Ternyata berenang juga berkhasiat dalam pembentukan otot-otot tubuh karena air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Kamu juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung, dengan berenang sedikitnya dua setengah jam per minggu.

 

Bukankah kombinasi yang pas jika khasiat air laut digabung khasiat berenang? Siapa sih yang bakal rugi kalau main ke Pantai, ya nggak? Selain bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa menawan, ternyata ke pantai juga banyak manfaatnya dari segi kesehatan. (net)

Komentar