Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:55

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Cara Efektif Redakan Sakit Kepala tanpa Obat

Oleh: Zulfah Robiana - Jumat 04 Maret 2016 | 18:00 WIB

Cara Efektif Redakan Sakit Kepala tanpa Obat

net/illlustrasi

BERITACIANJUR.COM - Sakit kepala adalah gangguan kesehatan ringan yang banyak terjadi. Mulai dari pusing sebentar hingga migrain yang sangat menyakitkan. Apapun bentuknya, jangan pernah anggap remeh sakit kepala yang hinggap di tubuh Anda. Sebab sakit kepala bisa membahayakan kesehatan saraf otak Anda.

 

Seperti dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah cara alami untuk meredakan sakit kepala yang bisa Anda tiru.

 

Minum banyak air

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab utama sakit kepala. Sehingga ketika sakit kepala menyerang, segera ambil segelas air putih. Namun jangan mengonsumsi minuman berkafein terlebih dahulu seperti teh atau kopi, sebab dapat merampas cairan tubuh Anda.

 

Pijat kepala

Terapkan pijatan lembut di kepala ketika sakit kepala menyerang. Pijat selama 7-15 detik, kemudian lepaskan. Ulangi hingga sakit kepala mereda. Memijat membantu mengurangi ketegangan otot kepala dan meningkatkan sirkulasi darah.

 

Terapkan pola makan sehat seimbang

Jam makan yang sembarangan dengan pola yang tidak seimbang mampu membuat Anda sakit kepala. Sebab otak membutuhkan glukosa dan kekurangan glukosa dari makanan dapat menyebabkan hipoglikemia yang membuat sakit kepala. Jadi pola makan Anda harus dikonsumsi dengan interval yang tepat untuk berfungsinya metabolisme tubuh.

 

Tidur cukup

Tidur cukup dengan postur tidur yang tepat sangat diperlukan untuk menghindarkan Anda dari sakit kepala. Kurang tidur mampu mengganggu siklus tidur Anda yang dapat menyebabkan sakit kepala.

 

Istirahat sebentar

Jika sedang lelah, tidak ada salahnya apabila Anda beristirahat sebentar. Tutup mata Anda dan cobalah untuk melepaskan ketegangan dan tekanan pada punggung, leher, dan bahu yang dapat membuat sakit kepala.

 

Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat mampu mengendurkan otot-otot di kepala dan leher, sehingga aliran darah menjadi lebih baik. Hasilnya, sakit kepala pun akan hilang.

 

Hirup udara segar

Bernapas secara mendalam dengan menghirup udara segar juga membantu mengurangi sakit kepala. Bahkan bisa menjadi obat yang efektif untuk sakit kepala. Oleh karena itu ketika serangan sakit kepala datang, segera tenangkan diri dan hirup udara segar.

 

Daripada mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan sakit kepala, cobalah cara alami di atas. Sebab Anda dapat meminimalisir asupan bahan kimia yang juga dapat membahayakan kesehatan Anda. (net/zlf)

Komentar