Rabu, 23 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Awas, Potensi Konflik Muncul Saat Penetapan Calon

Fl/bc.com/net.

Senin, 24 Agustus 2015 - 01:52 WIB

Awas potensi konflik saat penetapan calon
Awas potensi konflik saat penetapan calon
A A A

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA. --Jelang penetapan pasangan calon kepala daerah yang bakal diputuskan Senin esok (24/8), Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menilai konflik berpotensi muncul di sejumlah daerah. Tudingan yang mungkin dilayangkan kepada KPU baik di daerah atau pusat adalah soal independensi. 

"Pada tanggal 24 Agustus, akan muncul konflik aktual yang menimbulkan efek lebih besar. KPU berpesan, untuk bertindak independen dan tidak berpihak," ujar Arief dalam diskusi bertajuk 'Memetakan Potensi Konflik Pilkada' di  Jakarta, Minggu (23/8). 

Menurutnya, publik bisa saja menuding KPU sebagai lembaga penyelenggara yang tidak adil apabila tak meloloskan calon tertentu sebagai pasangan calon yang maju dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 mendatang. 

Padahal, pihaknya mengklaim KPU memiliki aturan dan prosedur sendiri untuk menetapkan apakah pasangan calon dapat disebut layak untuk dipilih dalam pemilu. "Tidak akan menguntungkan kalau KPU membela salah satu pihak," ujarnya. 

Pasangan calon bisa jadi gagal apabila tak memenuhi syarat di antaranya syarat kesehatan, ijazah, dan dukungan partai politik. "Setiap syarat mungkin bisa jadi menyebabkan pasangan calon tak lolos penetapan," katanya. (fl/net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Kapolres Minta Personel Jalankan Buddy System

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH mengimbau personelnya agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas dilapangan sebagai upaya antisipasi aksi teror.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Karyawan Perumdam Tirta Mukti Tingkatkan Ibadah

BULAN Ramadan menjadi momentum setiap orang untuk berlomba mendapatkan pahala di bulan suci itu. Tak terkecuali para karyawan di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Cianjur.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Disdukcapil Minta Perbaikan Jaringan Dipercepat

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait adanya gangguan server dalam pembuatan KTP elektronik dalam tiga hari terakhir.

Si Maung 9 jam yang lalu

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung…

Bisnis Line 10 jam yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Cianjur Euy 22/05/2018 06:05 WIB

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 22/05/2018 06:03 WIB

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.