Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Awas, Potensi Konflik Muncul Saat Penetapan Calon

Fl/bc.com/net.

Senin, 24 Agustus 2015 - 01:52 WIB

Awas potensi konflik saat penetapan calon
Awas potensi konflik saat penetapan calon
A A A

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA. --Jelang penetapan pasangan calon kepala daerah yang bakal diputuskan Senin esok (24/8), Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menilai konflik berpotensi muncul di sejumlah daerah. Tudingan yang mungkin dilayangkan kepada KPU baik di daerah atau pusat adalah soal independensi. 

"Pada tanggal 24 Agustus, akan muncul konflik aktual yang menimbulkan efek lebih besar. KPU berpesan, untuk bertindak independen dan tidak berpihak," ujar Arief dalam diskusi bertajuk 'Memetakan Potensi Konflik Pilkada' di  Jakarta, Minggu (23/8). 

Menurutnya, publik bisa saja menuding KPU sebagai lembaga penyelenggara yang tidak adil apabila tak meloloskan calon tertentu sebagai pasangan calon yang maju dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 mendatang. 

Padahal, pihaknya mengklaim KPU memiliki aturan dan prosedur sendiri untuk menetapkan apakah pasangan calon dapat disebut layak untuk dipilih dalam pemilu. "Tidak akan menguntungkan kalau KPU membela salah satu pihak," ujarnya. 

Pasangan calon bisa jadi gagal apabila tak memenuhi syarat di antaranya syarat kesehatan, ijazah, dan dukungan partai politik. "Setiap syarat mungkin bisa jadi menyebabkan pasangan calon tak lolos penetapan," katanya. (fl/net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…