Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Desakan Ekonomi, Banyak Warga Desa Memilih Pindah ke Kota Besar

Asr

Sabtu, 25 Juli 2015 - 19:39 WIB

foto ilustrasi net
foto ilustrasi net
A A A

BC.COM-CIPANAS - Pasca lebaran proses urbanisasi di wilayah Kecamatan Cipanas sudah mulai terlihat dan mengalami peningkatan. Dari catatan beberapa desa yang ada di wilayah Cipanas Puluhan warga saat ini memilih pindah ke beberapa kota besar.

Saat ini, beberapa desa di wilayah Kecamatan Cipanas sudah mencatat hampir lebih dari 20 orang warga, sudah melakukan urbanisasi ke beberapa kota kota besar, seperti Jakarta dan bandung.

Proses urbanisasi ini dipicu karena berbagai hal, seperti karena kebutuhan ekonomi atau faktor keluarga yang tinggal diberbagai daerah yang akhirnya mereka memilih pindah ke daerah atau kota besar dimana keluarganya tinggal dengan mengalami peningkatan ekonomi.

Namun proses urbanisasi di wilayah Kecamatan Cipanas saat ini baru sebatas perpindahan saja, adapun untuk proses perpindahan dari daerah lain ke daerah Cipanas sampai saat ini belum ada pendataan. Misalnya didua desa yang ada di Kecamatan Cipanas, Desa Sindanglaya, dan Desa Sindangjaya, sampai saat ini selama kantor pelayan buka, sudah ada warganya yang minta surat pindah, sedangkan untuk pendataan yang datang ke desa tersebut sampai saat ini belum ada.

Dikatakan sekertaris Desa Sindanglaya, Usep Supriatna, proses penambahan penduduk di Desa Sindanglaya memang terjadi hampir disetiap tahunnya, apalagi pasca lebaran selalu ada, namun karena Cipanas bisa dibilang kota kecil sehingga tak banyak yang datang.

"Ada saja tiap tahunnya yang datang, namun tak banyak, kalaupun ada yang nambah biasanya ada yang datang ada juga yang pindah" ucapnya saat ditemui diruangannya.

Hal berbeda diungkapkan Sekertaris Desa Sindangjaya, Encep Suganda, pasalnya di desanya jarang sekali yang datang berpindah, namun untuk yang asalnya di desa tersebut banyak yang pindah ke daerah lain.

Sebelumnya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengimbau masyarakat tidak melakukan urbanisasi pasca-Lebaran 2015.

Marwan mengatakan, momentum mudik Lebaran biasanya akan diiringi dengan membludaknya arus urbanisasi. Banyak para pemudik yang membawa kerabatnya untuk mencari pekerjaan di kota.

Karena itu, guna menanggapi fenomena yang biasa terjadi setiap tahun tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat desa untuk tidak ikut berbondong-bondong ke kota.

"Dengan adanya perhatian serius yang dilakukan pemerintah terhadap desa, saya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih memaksimalkan potensi desa dan mengembangkan ekonomi perdesaan," katanya.

Menurut dia, perputaran ekonomi perdesaan tidak akan kalah dengan ekonomi perkotaan. Apalagi, desa saat ini diberi kewenangan untuk mengembangkan potensi ekonomi dan mendapatkan dana desa dari pemerintah.

"Tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan peluang yang ada di desa. Entah dengan membuat ekonomi kreatif, BUMDes, ataupun mengembangkan desa wisata," ucapnya.

Jika potensi ekonomi perdesaan sudah tertata, ia meyakini peredaran uang dan investasi tidak akan menumpuk di kota-kota besar, akan tetapi juga akan tersebar ke daerah-daerah dan desa-desa. (asr)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…