Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Tips Solo Traveling dengan Aman

Zulfah Robiana

Sabtu, 12 Maret 2016 - 12:00 WIB

net/illlustrasi
net/illlustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Setiap orang membutuhkan traveling untuk menyegarkan jiwa dan pikiran, tak terkecuali wanita. Traveling memang paling enak dilakukan beramai-ramai dengan orang terdekat, tapi kadang ada saatnya kita ingin melakukan solo traveling untuk menikmati waktu bersama diri sendiri. Hal tersebut tentu tidak salah asal kamu cukup menguasai lokasi travelingmu. Selain itu, penting pula untuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri.

Nah, agar bisa menjelajah dengan lebih aman, nyaman, serta tanpa rasa khawatir berlebihan, simak 5 tips aman berikut, jika kamu ingin traveling sendirian.

  • Traveling di Siang Hari.

Peristiwa kurang menyenangkan memang bisa terjadi kapan saja. Meski begitu, agar lebih aman saat traveling sendirian adalah pergi di siang hari. Selain meminimalisir tindakan kejahatan, langkah ini juga akan mencegahmu semakin kebingungan atau tersesat di lingkungan yang tidak familiar ketika hari sudah gelap.

 

  • Jangan Terlihat Selalu Kebingungan.

Meski kamu merasa asing dengan tempat traveling yang kamu kunjungi, usahakan untuk tidak terlihat seperti seorang turis yang kebingungan. Jika kamu tersesat tentu tidak ada salahnya untuk bertanya namun hindari tampak kebingungan setiap saat. Selain itu, ketika ingin membuka peta, ada baiknya untuk tidak dilakukan di tengah jalan. Carilah tempat tertutup seperti kamar mandi restoran untuk mencari jalan.

 

  • Ketahui Batasan Dirimu.

Selain takut dijadikan target kejahatan, orang terdekat pasti akan mengkhawatirkan kesehatanmu yang pergi liburan sendiri. Untuk itu, ketahuilah batasan diri. Jika kamu biasanya tidak kuat bepergian terlalu lama, hindari mengunjungi tempat terlalu banyak dalam satu hari.

 

  • Manfaatkan Teknologi.

Saat ini banyak teknologi yang memudahkan kita untuk traveling sendiri. Misalnya dengan menjelajah internet demi mengetahui kota-kota yang aman untuk dijelajahi. Kamu pun dapat memanfaatkan aplikasi kamus untuk berinteraksi dengan warga lokal. Begitu juga ketika berbelanja. Untuk memastikan jika kamu tidak dibohongi, coba cari referensi atau cek harga dengan melakukan konversi. Sediakan aplikasi-aplikasi tersebut di handphone sebelum Anda pergi.

 

  • Simpan Kontak Bantuan.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengetahui nomor telepon penting di tempat yang kamu kunjungi tersebut. Siapkan pula kontak atau alamat teman serta keluarga yang tinggal di sana. Jika Anda mengganti nomor ponsel selama liburan, kabarkan nomor tersebut pada keluarga melalui email.

Nah, itulah beberapa tips aman melakukan solo traveling. Semoga bermanfaat ya! (net/zlf)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.