Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:33

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Tips Solo Traveling dengan Aman

Oleh: Zulfah Robiana - Sabtu 12 Maret 2016 | 12:00 WIB

Tips Solo Traveling dengan Aman

net/illlustrasi

BERITACIANJUR.COM - Setiap orang membutuhkan traveling untuk menyegarkan jiwa dan pikiran, tak terkecuali wanita. Traveling memang paling enak dilakukan beramai-ramai dengan orang terdekat, tapi kadang ada saatnya kita ingin melakukan solo traveling untuk menikmati waktu bersama diri sendiri. Hal tersebut tentu tidak salah asal kamu cukup menguasai lokasi travelingmu. Selain itu, penting pula untuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri.

 

Nah, agar bisa menjelajah dengan lebih aman, nyaman, serta tanpa rasa khawatir berlebihan, simak 5 tips aman berikut, jika kamu ingin traveling sendirian.

 

  • Traveling di Siang Hari.

Peristiwa kurang menyenangkan memang bisa terjadi kapan saja. Meski begitu, agar lebih aman saat traveling sendirian adalah pergi di siang hari. Selain meminimalisir tindakan kejahatan, langkah ini juga akan mencegahmu semakin kebingungan atau tersesat di lingkungan yang tidak familiar ketika hari sudah gelap.

 

  • Jangan Terlihat Selalu Kebingungan.

Meski kamu merasa asing dengan tempat traveling yang kamu kunjungi, usahakan untuk tidak terlihat seperti seorang turis yang kebingungan. Jika kamu tersesat tentu tidak ada salahnya untuk bertanya namun hindari tampak kebingungan setiap saat. Selain itu, ketika ingin membuka peta, ada baiknya untuk tidak dilakukan di tengah jalan. Carilah tempat tertutup seperti kamar mandi restoran untuk mencari jalan.

 

  • Ketahui Batasan Dirimu.

Selain takut dijadikan target kejahatan, orang terdekat pasti akan mengkhawatirkan kesehatanmu yang pergi liburan sendiri. Untuk itu, ketahuilah batasan diri. Jika kamu biasanya tidak kuat bepergian terlalu lama, hindari mengunjungi tempat terlalu banyak dalam satu hari.

 

  • Manfaatkan Teknologi.

Saat ini banyak teknologi yang memudahkan kita untuk traveling sendiri. Misalnya dengan menjelajah internet demi mengetahui kota-kota yang aman untuk dijelajahi. Kamu pun dapat memanfaatkan aplikasi kamus untuk berinteraksi dengan warga lokal. Begitu juga ketika berbelanja. Untuk memastikan jika kamu tidak dibohongi, coba cari referensi atau cek harga dengan melakukan konversi. Sediakan aplikasi-aplikasi tersebut di handphone sebelum Anda pergi.

 

  • Simpan Kontak Bantuan.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengetahui nomor telepon penting di tempat yang kamu kunjungi tersebut. Siapkan pula kontak atau alamat teman serta keluarga yang tinggal di sana. Jika Anda mengganti nomor ponsel selama liburan, kabarkan nomor tersebut pada keluarga melalui email.

 

Nah, itulah beberapa tips aman melakukan solo traveling. Semoga bermanfaat ya! (net/zlf)

Komentar