Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 03:02

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

10 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan

Oleh: Zulfah Robiana - Selasa 22 Maret 2016 | 23:00 WIB

10 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan

net

BERITACIANJUR.COM - Tersenyum sebenarnya merupakan aksi yang paling mudah dilakukan oleh wajah. Namun karena stres serta aktivitas padat yang harus kamu lakukan setiap hari, senyum menjadi sebuah hal yang jarang menghiasi wajahmu. Belum lagi jika kamu galau, maka untuk tersenyum pun akan terasa berat bagimu. Betul atau tidak?

 

Padahal, ada banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari tersenyum lho. Tak percaya? Berikut adalah buktinya.

 

Kamu merupakan penderita penyakit tekanan darah tinggi? Perbanyaklah tersenyum dalam hidupmu. Sebab senyum akan menenangkan tubuhmu serta menurunkan detak jantung sehingga tekanan darah yang naik akan turun.

 

Selain itu, senyum membantu melepaskan endorfin dalam tubuh. Penelitian menunjukkan ketika tubuh kamu mengeluarkan hormon ini, maka tingkat stres dan kecemasan dalam tubuh juga akan menurun.

 

Ketiga, kamu sedang galau? Senyumlah. Sebab saat kamu tersenyum, mood atau suasana hati kamu akan meningkat. Bahkan bila senyum yang kamu keluarkan sebenarnya adalah senyum palsu, kamu akan tetap merasa senang sebab tubuhmu mengeluarkan hormon endorfin.

 

Keempat, tersenyum telah terbukti meningkatkan produktivitas tubuh. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa orang yang sering tersenyum dan bahagia akan cenderung lebih sukses dan produktif.

 

Kelima, baik senyum maupun tertawa ternyata bisa mengurangi rasa sakit. Lagi-lagi hal ini terjadi karena pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh yang bisa membuat tubuh menghilangkan rasa sakit dari dalam.

 

Keenam, senyum merupakan hal yang menular. Sehingga jika kamu tersenyum, maka kamu akan menularkan kebahagiaan dan meningkatkan suasana hati mereka yang ada di sampingmu.

 

Ketujuh, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering tersenyum nampak 3 tahun lebih muda daripada usia yang sebenarnya. Sementara bagi mereka yang jarang berekspresi, raut muka mereka akan terlihat lebih tua.

 

Kedelapan, stres bisa membuat saraf reseptor dalam tubuhmu jadi tumpul. Sementara jika kamu sering tersenyum, maka seluruh saraf tubuhmu jadi lebih aktif.

 

Kesembilan, ingin usia kamu lebih panjang? Cobalah untuk terus tersenyum. Sebab senyum bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan sederetan manfaat sehat lainnya yang bisa membuat usiamu jadi lebih panjang.

 

Kesepuluh, stres akan menurunkan sistem kekebalan tubuhmu. Sebaliknya, tidak demikian dengan senyum. Oleh karena itu perbanyaklah tersenyum yang akan membuat sistem kekebalan tubuhmu meningkat dan kamu terhindar dari beberapa penyakit berbahaya perusak kesehatan. Jadi, sudahkah kamu tersenyum hari ini? (net/zlf)

Komentar