Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 03:03

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Lelah Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

Oleh: Zulfah Robiana - Selasa 29 Maret 2016 | 15:06 WIB

Lelah Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

net/illlustrasi

BERITACIANJUR.COM - Agar tubuh merasa lebih rileks dan sehat selalu, satu hal yang sangat perlu untuk dilakukan adalah istirahat atau tidur cukup. Tapi nih ya, meski sudah tidur dan istirahat cukup, tidak jarang kita masih sering merasa lelah dan badan pegal-pegal.

 

Saat bangun tidur, tubuh bahkan merasa sangat lelah dan malas buat bangun ataupun melakukan aktivitas. Kira-kira, apa sih penyebab tubuh tetap lelah meski telah tidur cukup atau bahkan tidur lebih saat malam?

 

Dikutip dari laman huffingtonpost.com, tubuh sering merasa lelah selepas tidur bisa jadi disebabkan oleh berbagai hal. Dr Michael Decker, Ph.D, spesialis tidur dan profesor di Case Western School of Nursing mengatakan bahwa rasa lelah selepas tidur bisa disebabkan oleh berbagai hal khususnya pikiran yang kurang nyaman. Meski raga seseorang tertidur dan istirahat sementara otak terus berpikir, inilah yang memicu rasa lelah. Tak hanya itu saja, Dr Michael juga menyebutkan beberapa hal lain yang menyebabkan tubuh merasa lelah meski telah istirahat atau tidur cukup. Beberapa penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

 

  • Stres

Saat pikiran stres, depresi atau bahkan berpikir sangat keras, hal ini akan memicu tubuh merasa sangat kelelahan saat bangun tidur. Seperti yang dijelaskan di atas, meski tubuh (raga) istirahat sementara otak terus berpikir, hal ini akan memicu tubuh merasa lelah secara tidak langsung. Dr Naiman, seorang ahli kesehatan mengatakan jika stres akan mengganggu kualitas tidur seseorang. Secara kasat mata, seseorang bisa saja terlihat sangat pulas dan nyaman saat tidur. Tapi yang sebenarnya, bisa saja seseorang ini tidak nyaman dan mengalami mimpi buruk selama tidur yang membuatnya merasa lelah saat bangun.

 

  • Nutrisi Tidak Terpenuhi dengan Baik

Inilah penyebab paling sering kenapa seseorang sering kali merasa lelah selepas bangun tidur. Nutrisi untuk tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik. Saat nutrisi tubuh tidak bisa terpenuhi dengan baik, hal ini akan mengakibatkan organ tubuh tidak bekerja dengan baik dan membuat tubuh mudah merasa lelah, lesu serta lemah. Tak hanya lelah selepas bangun tidur, rasa lelah itu bisa datang kapan saja dan dalam kondisi apapun.

 

  • Konsumsi Obat Tertentu

Penyebab selanjutnya yang sering kali membuat tubuh merasa lelah selepas bangun tidur adalah konsumsi obat tertentu. Dr Breus, seorang spesialis tidur mengungkapkan bahwa obat yang sering kali membuat tubuh merasa lelah selepas bangun tidur adalah obat nyeri dan anti depresan seperti halnya Excerdrin, Benadryl, NyQuil atau Zyrtec. Obat lain yang juga sering menyebabkan tubuh lelah selepas tidur adalah obat sakit jantung, tekanan darah tinggi juga diabetes. Dr Hrayr Attarian, M.D seorang ahli saraf di Rumah Sakit Northwestern Memorial of Chicago, Illonis mengatakan jika obat ini tak hanya membuat badan lelah selepas tidur saja. Lebih jauh, obat ini juga akan membuat pikiran menjadi kurang nyaman serta kesulitan tidur.

 

Itulah beberapa hal yang menyebabkan tubuh terasa lelah selepas bangun tidur. Selain hal di atas, sebenarnya masih ada hal lain yang juga menyebabkan badan lelah selepas tidur. Misalnya saja gangguan kesehatan tulang ekor dan leher serta posisi tidur yang tidak tepat. Kebiasaan tidur terlalu malam juga dikatakan mampu memburuk kualitas tidur dan kondisi kesehatan tubuh. Kalau kamu mengalami hal ini, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, olahraga, minum air putih cukup, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta miliki istirahat atau tidur yang cukup dan di waktu yang tepat. (net/zlf)

Komentar