Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:53

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Diet Mudah Sebelum Tidur

Oleh: Zulfah Robiana - Kamis 31 Maret 2016 | 17:07 WIB

Diet Mudah Sebelum Tidur

net/ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Kamu dapat mengilangkan berat badan sebelum tidur. Ya, kamu tidak salah baca. Ini adalah sebuah temuan yang keren di dunia kesehatan.

 

Ketimbang harus bersusah payah diet dengan mengonsumsi suplemen macam-macam, kamu bisa menerapkan cara ini. Studi anyar ini terungkap dari buku terlaris di New York Times berjudul Zero Belly Diet. Seperti apa? Berikut ulasannya.

 

1.     Tidur di ruang gelap

Agar tidur bisa nyenyak, sangat dianjurkan dalam kondisi ruangan yang gelap. Jika kamu tidur di dalam ruangan yang memiliki lampu terang maka kualitas tidur kamu akan berkurang. Pasalnya mata tidak akan sepenuhnya beristirahat.

Matikan semua hal yang dapat mengeluarkan cahaya. Tidur saat gelap, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon tidak hanya membuat kamu mengantuk, namun dapat membantu membakar lemak.

 

2. Jangan bermain gadget sebelum tidur

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Menchester, cahaya yang muncul dari gadget dapat menggangu produksi melatonin pada tubuh. Sehingga jelas akan mengganggu juga metabolismu tubuh. So, simpan semua gadget sebelum tidur!

 

3. Jadwalkan untuk minum teh

Teh dengan jenis tertentu dapat membantu kamu membakar lemak dengan ajaib. Selain itu, teh juga memiliki kandungan yang bagus agar kualitas tidur terjaga.

 

Teh ampuh untuk menunda rasa lapar di malam hari, sehingga tak akan khawatir lapar di tengah malam. Beberapa teh yang baik diminum sebelum tidur adalah chamomole, lavender, dan valerian. Teh jenis ini benar-benar memiliki sejumlah kandungan mirip obat penenang.

 

4. Mint

Coba mengonsumsi makanan yang memiliki rasa mint. Karena mint memiliki kemampuan untuk menekan kelenjar ludah dan rasa lapar kamu. Jika tidak ada, coba untuk menyalakan lilin dengan aroma mint segar di kamar tidur. Hal ini juga bakal membantu kamu untuk tidak lapar.

 

5. Jauhi dapur

Nah, ini juga penting. jauhi dapur. Jangan sekali-kali masuk ke dapur jika ingin tidur. Mengapa? Karena godaan untuk makan akan besar jika sudah masuk ke area dapur. Belum lagi aroma-aroma bumbu masakan atau sisa makanan yang masih ada saat dinner. Itu akan kembali menggugah rasa ingin makan kamu.

 

Sebaiknya kunci dapur kamu jam 8 malam dan habiskan waktu sebelum tidur dengan ngobrol santai bersama keluarga.

 

6. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga terbukti menghilangkan stress, mengendurkan otot-otot yang kaku, sehingga tidur kamu bisa nyenyak. Terlebih lagi kalau kamu baru pulang dari kerja yang melelahkan. Namun pastikan untuk makan malam lebih awal agar pembakaran di dalam tubuh masih bekerja saat kamu terjaga.

 

7. Jangan olahraga di malam hari

Ini jelas akan mengacaukan tubuh kamu. Biasanya para cowok cenderung berolahraga di malam hari, baik itu futsal, badminton, atau sekadar pegi ke tempat gym. Padahal, kegiatan itu akan memicu tubuh untuk bekerja lebih keras di jam yang sebenarnya dapat digunakan untuk beristirahat setelah bekerja. (net/zlf)

Komentar