Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Zidane Dibayangi Rekor Buruk Debut El Clasico Pelatih Madrid

Yadi Haryadi

Kamis, 31 Maret 2016 - 17:28 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sudah sembilan tahun lamanya pelatih-pelatih Real Madrid selalu gagal memenangi El Clasico pertama mereka. Namun rekor buruk tersebut bisa saja dipatahkan Zidane meski peluangnya cukup kecil. 

Zidane ditunjuk menggantikan Rafael Benitez pada Januari lalu. Ini artinya, pertandingan kontra Barca di Camp Nou, Minggu (3/4) dinihari WIB, akan menjadi yang perdana bagi pria Prancis itu sebagai entrenador Madrid.

Sebuah tantangan besar kini dihadapkan pada Zidane. Dikutip beberapa media setempat, sejak Bernd Schuster membawa Madrid menang di markas Barca 1-0 pada 23 Desember 2007, atau hanya enam bulan setelah diangkat sebagi pelatih, belum ada lagi suksesor-suksesornya yang mampu mengikuti jejak dia.

Meski sempat diragukan lantaran cuma punya modal pengalaman sebagai asisten Carlo Ancelotti dan menangani tim Castilla, Zizou perlahan mampu menciptakan stabilitas di ruang ganti Los Blancos - yang sebelumnya kerap panas di era Benitez. 

Laga panas bakal tersaji di Estadio Camp Nou, saat Barcelona menjamu Real Madrid, pada laga lanjutan La Liga 2015-2016. Kedua tim membutuhkan kemenangan dengan tujuan berbeda, yang membuat partai ini diprediksi lebih seru dibanding pertemuan pertama di Santiago Bernabeu.

Bagi tuan rumah tiga angka akan semakin memudahkan mereka menuju titel juara. Saat ini, El Barca unggul 10 poin dari Real Madrid. Andai menang, jarak keduanya menjadi 13 poin, dan semakin sulit untuk dikejar. Tak hanya itu, Los Azulgrana juga mengejar hasil maksimal agar semakin percaya diri tampil di arena lain, yakni Liga Champions.

Bagi Real Madrid, partai klasik kali ini memiliki banyak arti. Incaran utama adalah kemenangan, yang membuat mereka bisa memperpendek jarak dengan rival abadi dari Catalunya tersebut. Tak hanya itu, mempermalukan armada Luis Enrique Martinez di rumah mereka bisa menjadi ajang balas dendam. Pada pertemuan pertama di Bernabeu, El Real menangguk malu saat takluk dengan skor telak, 0-4.

Pertemuan kali ini memiliki banyak arti penting bagi kedua kubu. Tak hanya jargon siapa yang terbaik di Spanyol, melainkan demi prestasi mengejar gelar juara pada akhir musim 2015-2016. (net/Yadi Haryadi)

Rekor Buruk Debut El Clasico Pelatih Madrid:

1. Juande Ramos [9 Desember 2008 - 31 Mei 2009]

Ramos menggantikan Schuster menelan kekalahan di El Clasico pertamanya dengan skor 0-2, dalam laga di markas Barca pada 13 Desember 2008. Ketika itu pertandingan berjalan seimbang tanpa gol sebelum Samuel Eto'o dan Lionel Messi mencetak gol dalam selang tujuh menit di 10 menit terakhir untuk memenangkan Blaugrana.

2. Manuel Pellegrini [1 Juni 2009 - 15 Mei 2010]

Pengalaman pertama Pellegrini menjalani El Clasico berakhir dengan kekalahan Madrid 0-1 dalam El Clasico di Catalan pada 29 November 2009. Bomber Swedia, Zlatan Ibrahimovic menjadi pahlawan Barca dengan gol tunggalnya di menit ke-55.

3. Jose Mourinho [27 Mei 2010 - 3 Juni 2013]

Salah satu kekalahan paling pahit yang dialami pelatih Madrid di debut El Clasico. The Special One dibuat tidak berkutik saat El Real dipermalukan rival abadinya itu dengan skor 0-5 di Camp Nou pada 29 November 2010. Madrid semakin terluka karena mengakhiri laga dengan 10 orang, menyusul kartu merah Sergio Ramos di injury time.

4. Carlo Ancelotti [25 Juni 2013 - 1 Juni 2015]

Nama besar Ancelotti belum cukup untuk menghentikan 'kutukan' tersebut. Melakoni El Clasico pertama di Camp Nou pada 26 Oktober 2013, Cristiano Ronaldo dkk. menyerah 1-2 dari Barcelona. Neymar dan Alexis Sanchez membawa Barca unggul lebih dulu sebelum Jese Rodriguez mencetak gol hiburan bagi tim tamu di injury time.

5. Rafael Benitez [3 Juni 2015 - 4 Januari 2016]

Benitez mendapatkan nasib yang tidak jauh berbeda dengan Mourinho di laga debut El Clasico. Berlaga di depan publik sendiri di Santiago Bernabeu pada 22 November silam, Madrid digebuk Barca 0-4. Gawang Los Blancos dibobol empat kali oleh Luis Suarez [2 gol], Neymar, dan Andres Iniesta. Kurang dari dua bulan setelah kekalahan itu, Benitez kehilangan pekerjaannya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 39 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 12 jam yang lalu

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.