Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Tekuk Bali United 1-0, Persib Tunggu Lawan di Final!

Gia Gusniar

Kamis, 31 Maret 2016 - 20:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Akhirnya, ambisi Persib Bandung untuk mengangkat trofi Piala Bhayangkara 2016 semakin dekat. Tiket menuju final diraih Atep saparakanca usai melibas Bali United dengan skor tipis 1-0, pada babak semifinal di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin (30/3) malam.

Sriwijaya FC atau Arema Cronus. Kedua tim tersebut menjadi calon lawan Maung Bandung pada partai puncak yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (3/4) mendatang.

Pada laga kemarin, kemenangan Persib atas tim asuhan Indra Sjafri diraih dengan susah payah. Gol yang ditunggu-tunggu para bobotoh sejak babak pertama, akhirnya baru tercipta ketika babak kedua menyisakan waktu tinggal 12 menit lagi.

Tepatnya pada menit 78, berawal dari umpan silang kiriman David Laly yang masuk menggantikan Atep, Juan Belencoso mengirimkan bola kepada Tantan dengan sundulan. Umpan matang tersebut diteruskan Tantan ke gawang yang tak terjaga dan mengubah papan skor menjadi 1-0.

Kemenangan skuad Pengeran Biru tersebut tak terlepas dari kecerdikan sang pelatih, Dejan Antonic. Ketika timnya mengalami kebuntuan, Dejan langsung memasukkan David Laly dan Gian Zola untuk menggantikan Atep dan Febri pada menit 74. David hanya butuh empat menit untuk memberikan umpan matang dari sisi kanan pertahanan Bali United.

Menang memang menang. Namun sebenarnya Persib mendapatkan perlawan sengit dari lawan. Terbukti, babak pertama hanya menghasilkan skor kaca mata 0-0. Setelah babak pertama berjalan monoton dan penuh kehati-hatian, pertandingan baru terlihat sengit saat babak kedua. Tepatnya setelah kedua pelatih melakukan pergantian pemain.

Indra Sjafri lebih dulu melakukan rotasi dengan memasukkan Martinus Novianto dan I Nyoman Adi Parwa pada awal babak kedua guna menggantikan Yabes Roni dan Bobby Satria. Sementara pelatih Dejan Antonic baru memasukkan Tantan guna menggantikan Samsul Arif sepuluh menit berselang. Jual beli serangan pun tercipta.
 

Bali United sempat menebar ancaman pada menit ke-69 melalui tendangan bebas Lucas Patinho yang masih tipis di atas gawang. Sedangkan Persib sempat mencoba membalas melalui crossing Febri Haryadi yang gagal disambut diving header Juan Belencoso.
 

Kedua tim yang terus melakukan pergantian pemain belum bisa mencetak gol hingga waterbreak di babak kedua. Namun, setelah istirahat di menit ke-75 itu lah, Maung Bandung mendapatkan golnya.
 

Setelah unggul satu gol, Persib tak cepat puas. Gempuran ke pertahanan Bali terus dilancarkan dan hasilnya David Laly mampu menggedor jala gawang lawan. Sayang gol yang tercipta semenit sebelum akhir waktu normal ini dianulir oleh wasit Nusur Fadillah, karena dinilai terlebih dahulu terjadi offside.
 

Skor 1-0 menjadi akhir laga ini, dan Persib pun kini tinggal menanti pemenang antara Arema Cronus dan Sriwijaya FC, yang baru akan bertarung memerebutkan tiket ke final pada hari ini (31/3).

Menanggapi keberhasilan timnya, pelatih Persib, Dejan Antonic mengaku bersyukur karena timnya dapat meraih kemenangan atas Bali United pada pertandingan yang menurutnya terberat.

Ia menilai, kemenangan tipis itu didapat dengan susah payah oleh anak asuhnya. Menghadapi Bali United pun bahkan dianggapnya menjadi pertandingan terberat dibanding laga-laga pada fase grup lalu.
 

"Satu pertandingan paling berat. Jujur, ini seperti tekanan besar karena semua menilai kita lebih bagus. Berat sekali, tapi kita bersyukur dapat menang," kata Dejan dalam konferensi pers usai pertandingan.

Pelatih asal Serbia ini menilai anak asuhnya sempat grogi karena beratnya tekanan pertandingan. Kondisi itu juga membuat pemainnya kesulitan dalam mengalirkan bola. Terutama saat membangun serangan dari belakang yang terlihat seperti masih kebingungan.

"Harga untuk ke final itu mahal. Perlu perjuangan keras, bola dari belakang sulit ke depan dan kita bingung. Tapi, selamat kepada pemain, mereka tetap berjuang meskipun berat, berapa pemain cedera, sakit, seperti Belencoso, Kim, Samsul dan pemain lainnya. Tapi mereka sudah kerja keras dan tidak merasakan rasa sakit itu," pungkasnya. (gg/bbs)

Susunan Pemain:
Persib: I Made Wirawan (gk); M Agung P, Vladimir Vujovic, Purwaka Yudi, Tony Sucipto; Taufiq, Kim Jeffrey; Febri Haryadi (Gian Zola '75), Atep (c) (David Laly '73), Samsul Arif (Tantan 55'); Juan Belencoso.
Bali United: Rully Desrian(gk); Agus Nova, Ricky Fajrin, Bobby Satria (I.N Adi Parwa 46'), Ganjar Mukti; Fadil Sausu (c) (Laudry '72), I Gede Sukadana, Lucas Garcia; Nyoman Sukarja, Yabes Roni (Martinus N '46), Silvio Escobar (Hendra Sandi 75).

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…