Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

"Kutukan" Jokowi Hinggapi Persib, Maung Bandung Gagal Juara

Angga Purwanda

Senin, 04 April 2016 - 08:00 WIB

net/suporter persib
net/suporter persib
A A A

BERITACIANJUR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menghadirkan mimpi buruk bagi tim sepak bola yang menjadi tuan rumah pembukaan sebuah turnamen. Itulah mitos kutukan yang sempat beredar di kalangan pecinta bola Tanah Air.

Kemarin (3/4) malam, “kutukan” tersebut menghantui skuad Maung Bandung saat gagal meraih trofi Piala Bhayangkara 2016, usai ditundukkan Arema Cronus 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Laga puncak yang mempertemukan dua tim raksasa di Indonesia tersebut berjalan dengan tensi tinggi. Bahkan laga sempat dihentikan akibat kisruh penonoton di atas tribun.

Setelah skor 0-0 menutup babak pertama, Arema membuat gebrakan dan unggul 1-0 pada menit 59 melalui sepakan Raphael Maitimo. Unggul 1-0 membuat tim berjuluk Singo Edan terus gencar menyerang.

Sudah jatuh tertimpa tangga. Kondisi tersebut dialami Persib. Betapa tidak, saat tertinggal 0-1, bek Persib, Yanto Basna malah diusir wasit setelah mendapatkan kartu kuning keduanya. Hal itu terjadi ketika mantan pemain Mitra Mukar tersebut menendang botol minuman yang sedikit mengenai kepala pemain asing Arema Cronus, Esteban Vizcarra pada menit 71.  

Begitu Yanto dikartu merah, beberapa pemain Persib seperti Vladimir Vujovic mengerubungi sang pengadil untuk mempertanyakan keputusan tersebut. Bahkan, pelatih Persib, Dejan Antonic juga ikut masuk ke dalam lapangan untuk melakukan protes kepada Nusur Fadillah. Kubu Persib menilai Yanto melakukannya karena tidak sengaja.

Tak hanya pemain dan pelatih, bobotoh pun turut emosi dan mulai melempar botol air mineral ke tengah lapangan. Situasi sempat tak terkendali meski sudah ada ratusan polisi yang berjaga. Alhasil, pertandingan dihentikan menyusul aksi penonton semakin menjadi-jadi.

Para pemain Arema yang berada di sisi timur lapangan menyelamatkan diri ke tengah. Sementara dari sisi selatan, suporter Arema membalas aksi suporter Persib dengan nyanyian rasis. Beruntung, laga kembali bisa dilanjutkan setelah kepolisian menenangkan pendukung Persib.
 

Hingga pertengahan babak kedua, Arema masih unggul 1-0 atas Persib yang tampil dengan 10 pemain. Tantan saparakanca mencoba membalas dan menyamakan kedudukan. Sayang, tak ada satupun gol tercipta.

Suporter Arema kembali bersorak setelah Hendro Siswanto menjebol gawang I Made Wirawan, berkat umpan Cristian Gonzales pada menit 84. Merayakan gol itu, Aremania menyalakan flare dan petasan meski sudah dilarang. Skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Persib harus puas menjadi runner up.

Skuad Pangeran Biru memang gagal juara, namun bobotoh berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 100 juta, karena dinobatkan sebagai kelompok suporter terbaik. (gap/bbs)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…