Selasa, 26 September 2017 - Pukul 01:46

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Ini Perubahan Tubuh Usai Berhenti Merokok dari Menit ke Tahun

Oleh: net - Kamis 07 April 2016 | 08:00 WIB

Ini Perubahan Tubuh Usai Berhenti Merokok dari Menit ke Tahun

tanyoe.com/ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Dampak merokok bagi tubuh sungguh luar biasa mengganggu kesehatan. Mulai dari merugikan pembuluh darah hingga sistem peredaran darah.

 

Bagi mereka yang sudah kecanduan nikotin, berhenti merokok hal sulit jika tidak diiringi niat kuat. Namun, Anda perlu tahu bahwa beberapa menit setelah tidak menghisap rokok, tubuh memperlihatkan perubahan.

 

"Pada saat merokok ada 5.000 bahan kimia berbahaya yang dilepaskan. Hal ini paling tidak menyebabkan 14 jenis kanker. Jika Anda merokok, baik perokok sosial atau bukan, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah berhenti," terang petugas kesehatan dari Cancer Research UK, The Cunningham.

 

Berikut perubahan yang terjadi pada tubuh usai berhenti merokok dari menit ke menit lalu ke tahun seperti dikutip laman Independent, Selasa (5/4/2016).

 

20 Menit

Saat Anda menghisap rokok, asap dan nikotin masuk ke aliran darah. Hal ini bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Setelah 20 menit Anda berhenti merokok denyut jantung dan tekanan darah kembali normal.

 

8 Jam

Saat merokok, tubuh menghisap gas beracun monoksida yang merupakan satu dari 4.000 bahan kimia lain yang masuk ke tubuh saat merokok. Di Inggris sendiri, lebih dari 40 orang meninggal karena menghisap karbon monoksida.

 

Tapi, setelah Anda tidak merokok selama delapan jam, nikotin dan karbon monoksida mulai meninggalkan tubuh. Tingkat oksigen dalam tubuh berangsur-angsur kembali normal.

 

24 Jam

Sehari setelah tak merokok, paru-paru mulai membersihkan diri dari lendir maupun partikel yang disebabkan karena merokok.

 

48 Jam

Dua hari sesudah berhenti merokok, kandungan dalam rokok yang menyebabkan kecanduan yakni nikotin, mulai hilang dari tubuh.

 

2-12 Minggu

Seperti kita tahu merokok memengaruhi sirkulasi darah sehingga aktivitas fisik perokok jadi lebih berat. Jika berhenti merokok aktivitas fisik jadi lebih mudah dan bernapas lebih baik.

 

-9 Bulan

Setelah beberapa bulan berhenti merokok, kesehatan Anda jauh lebih baik. Kerja paru-paru jadi lebih baik sehingga batuk, mengi, dan masalah pernapasan lainnya berangsur-angsur membaik.

 

1 tahun

Merokok sebabkan lapisan arteri rusak dan menyebabkan zat lemak mempersempit arteri. Sehingga memperbesar risiko terkena serangan jantung dan stroke.

 

Namun sesudah satu tahun berhenti merokok, risiko Anda terkena penyakit jantung koroner berkurang setengah dari mereka yang masih merokok.(health.liputan6.com)

Komentar