Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Bangun SMA/SMK di Kecamatan, Harus Uji Kelayakan!

Susi Susilawati

Selasa, 25 Agustus 2015 - 09:01 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Menanggapi  wacana yang akan digulirkan pemerintahan pusat mengenai pembangunan SMA/SMK di setiap kecamatan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur meminta pemerintah pusat untuk melakukan uji kelayakan terlebih dahulu.

“Tujuannya, tak lain agar program pembangunan SMA/SMK di setiap kecamatan tak hanya menghambur-hamburkan anggaran saja,” ucap Sekdis Disdik Cianjur Jum’ati, Senin (24/8).

Dirinya mengatakan, pihaknya menyepakati jika program tersebut dapat berdampak pada peningkatan APK/APM di setiap daerah. Namun, uji kelayakan tetap diperlukan.

“Memang program tersebut bagus, tapi jangan sampai banyak lembaga SMA/SMK di setiap kecamatan tapi ternyata malah kekurangan peserta didiknya. Dengan adanya pengkajian melalui uji kelayakan daerah akan terlihat mana saja yang membutuhkannya,” ungkapnya.

Lanjut dia, jumlah lembaga SMA/SMK di setiap daerah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di setiap daerahnya melalui keberadaan jumlah penduduk. Pemerintah pusat dan daerah harus bisa berkoordinasi mengkaji program tersebut. Ia menerangkan, kebutuhan dari sekolah yang ada baik swasta dan negeri belum terpenuhi dengan baik jika dilihat dari segi sarana dan prasarananya.

“Iya daripada untuk membangun sekolah baru, lebih baik pendanaanya untuk sekolah yang ada saja, agar fasilitas yang dibutuhkan peserta didik bisa merata,” terangnya.

Juma’ati menambahkan, untuk Kabupaten Cianjur sendiri dari setiap kecamatan sudah mempunyai SMA/SMK yang dekat sehingga mudah diakses oleh masyarakat. “Seperti di Kecamatan Kadupandak, Kecamatan Naringgul sudah mempunyai enam lembaga yang terdiri dari SMA dan SMK kiranya itu sudah cukup,” pungkasnya.

Hal senada pun diungkapkan Wakil Bupati Kabupaten Cianjur Suranto. Dirinya mengatakan, program tersebut sangat baik, namun ia berharap sebelum dilakukan proses pembangunan pemerintah harus bisa terjun langsung melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan.

“Kalau kecamatan tersebut tidak membutuhkan buat apa dibangun. Jadi perlu dilihat dulu,” tandasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.