Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Eksotisme Curug Perawan dan Kisah Prabu Tanjung Anginan

Susi Susilawati

Sabtu, 09 April 2016 - 12:00 WIB

yukpiknik.com/Curug Citambur
yukpiknik.com/Curug Citambur
A A A

BERITACIANJUR.COM - Cianjur memiliki banyak lokasi wisata yang potensial. Namun, pengelolaan yang belum maksimal, membuat potensi wisata ini seolah tak terlihat.

Salah satunya wisata Curug Citambur, yang terletak di Kampung Citambur, Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur selatan. Padahal, jika melihat kondisi yang ada, Curug Citambur sangat berpotensi menjadi primadona tujuan wisata ke Cianjur.

Curug Citambur saat ini dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH Tirta Jaya) bersama masyarakat sekitar. Pengelolaan dilakukan untuk melestarikan dan menjaga Curug Citambur tetap asri.

Sebagaimana lokasi wisata pada umumnya, Curug Citambur memiliki cerita dibalik penamaannya. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, penamaan Curug Citambur terdapat dua versi. Pertama, karena suara yang ditimbulkan jatuhnya air terdengar seperti bunyi sebuah alat musik tambur.

Hal ini terjadi, dimungkinkan saat itu volume air terjun jauh lebih besar dari sekarang dan kolamnya cukup luas sehingga menimbulkan bunyi. Seiring menyusutnya volume air, bunyi itu pun tak terdengar lagi.

Sedangkan versi kedua, penamaan curug ini terkait dengan kisah Prabu Tanjung Anginan. Lokasi Curug Citambur, dahulu, disebutkan termasuk wilayah Kerajaan Tanjung Anginan. Pusat kerajaannya berada di Pasirkuda, yang termasuk Desa Simpang, Kalibaru, Pusakajaya dan Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Dugaan pusat kerajaan berada di sana, karena adanya batu berbentuk kursi, yang diyakini warga sebagai tempat duduk raja. Sementara nama Pasirkuda, berasal dari adanya sebuah batu bukit (pasir dalam bahasa Sunda) yang berbentuk kuda.

Pada saat kerjaaan berdiri, setiap raja yang mau mandi ke curug selalu ditandai dengan suara tambur, yang ditabuh oleh para pengawal. Suara alat musik tabuh itu terdengar cukup jauh sehingga warga menamakannya Curug Citambur.

Namun, keberadaan Kerajaan Tanjung Anginan ini tidak diketahui kapan tepatnya berdiri. Bahkan, dalam buku-buku sejarah yang ada pun, kerajaan ini tidak dikenal. Sehingga dimungkinkan, Kerajaan Tanjung Anginan hanyalah sebuah legenda. Hanya yang pasti, di Curug Citambur sering menjadi tepat untuk bertapa. Pasalnya, curug ini dianggap memiliki kekuatan supranatural.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…