Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

KULINER : Lembutnya dan Gurihnya 'PSK' Puncak

Astri D. Andriani

Selasa, 25 Agustus 2015 - 16:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Puncak, menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang banyak dikunjungi khususnya di akhir pekan. Udara yang sejuk dan banyaknya tempat wisata membuat kawasan Puncak, sudah biasa dijadikan sebagai tempat “pelarian” bagi para warga ibu kota. Bahkan pelancong dari seluruh Nusantara yang datang ke Jakarta, terasa tak sempurna kalau belum datang ke Wilayah Puncak.

Di sini kita bisa menemukan beragam tempat wisata favorit keluarga, sebut saja Taman Safari Cisarua, Taman Wisata Matahari, Kampung Maen, Kawasan Agrowisata Gunung Mas, Telaga Warna dan sebagainya.

Wisata kuliner juga menjamur di kawasan Puncak, beragam tempat makan hadir baik yang sekelas resto ataupun kaki lima. Salah satu tempat makan yang buka 24 jam dan selalu ramai dikunjungi pelanggannya adalah PSK yang berlokasi sebelum Resto Rindu Alam jika berangkat dari Bogor.

Mendengar kata "PSK" Puncak tentunya banyak yang mengasosiasikan dengan hal negatif,  tapi jangan salah, singkatan PSK yang satu ini yakni: “Pedagang Sate Kiloan“, sebuah kedai yang menyajikan sate kambing sebagai menu utamanya.

Kenapa disebut Pedagang Sate Kiloan? Berbeda dengan pedagang sate lainnya yang menggunakan jumlah tusukan sate sebagai acuan porsinya, di PSK setiap porsinya dihitung dengan acuan berat alias kilogram.

Satuan porsi terkecil dari sate di PSK ini adalah 1/4 kg yang bisa menghasilkan sekitar 12 tusuk sate dengan potongan yang cukup besar. Yang perlu diancungi jempol dari sajian di PSK ini adalah lembutnya daging sate yang dihidangkan, tidak perlu perjuangan untuk melepaskannya dari tusukan, serta bumbunya yang diasap.

Tidak terciumnya bau prengus khas kambing dari sate PSK,  membuktikan bahwa proses pengolahan bahan dasar kambing di tempat ini sangat baik, sejak dari pemotongan sampai pada proses membakarnya.  Agar lebih mengundang selera, sajian sate sate diberi potongan tomat, cabe rawit dan bawang merah segar. Tinggal bubuhi kecap untuk menjadikan hidangan ini tampak lebih sempurna.

Tak hanya sate daging kambing, sajian favorit di PSK lainnya adalah sate ati kambingnya. Tekstur bagian ati yang khas memang memberikan sensasi tersendiri bagi penggemarnya. Sop serta tongseng kambingnya juga layak untuk dicoba, kuah hangatnya mampu melawan dinginnya udara di kawasan puncak ini, khususnya di malam hari.

Buat anda yang tidak suka daging kambing, jangan khawatir, PSK juga menyediakan beragam olahan daging ayam yang dapat anda nikmati seperti sate ayam, tongseng ayam, nasi goreng ayam, ayam goreng dan ayam bakar.

Pedagang Sate Kiloan (PSK) Puncak ini merupakan cabang dari Sate Kiloan PSK yang berlokasi di Jl Raya Babakan Mandang, Sentul-Bogor. Namanya yang sudah kesohor, menjadikan brand “PSK” banyak ditiru oleh penjaja sate kambing di beberapa tempat.

Akan tetapi lidah memang sulit untuk berpaling, di PSK yang asli lah cita rasa sate kambing yang disajikan berani diadu.  Jadi, bagi yang tengah berwisata di Puncak dan ingin mencicipi hangatnya PSK di tengah dinginnya udara di kawasan ini, tanpa perlu berbuat dosa, silakan menikmati aneka olahan daging kambing di Pedagang Sate Kiloan (PSK) ini. Dijamin Halal! (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?