Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

KULINER : Lembutnya dan Gurihnya 'PSK' Puncak

Astri D. Andriani

Selasa, 25 Agustus 2015 - 16:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Puncak, menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang banyak dikunjungi khususnya di akhir pekan. Udara yang sejuk dan banyaknya tempat wisata membuat kawasan Puncak, sudah biasa dijadikan sebagai tempat “pelarian” bagi para warga ibu kota. Bahkan pelancong dari seluruh Nusantara yang datang ke Jakarta, terasa tak sempurna kalau belum datang ke Wilayah Puncak.

Di sini kita bisa menemukan beragam tempat wisata favorit keluarga, sebut saja Taman Safari Cisarua, Taman Wisata Matahari, Kampung Maen, Kawasan Agrowisata Gunung Mas, Telaga Warna dan sebagainya.

Wisata kuliner juga menjamur di kawasan Puncak, beragam tempat makan hadir baik yang sekelas resto ataupun kaki lima. Salah satu tempat makan yang buka 24 jam dan selalu ramai dikunjungi pelanggannya adalah PSK yang berlokasi sebelum Resto Rindu Alam jika berangkat dari Bogor.

Mendengar kata "PSK" Puncak tentunya banyak yang mengasosiasikan dengan hal negatif,  tapi jangan salah, singkatan PSK yang satu ini yakni: “Pedagang Sate Kiloan“, sebuah kedai yang menyajikan sate kambing sebagai menu utamanya.

Kenapa disebut Pedagang Sate Kiloan? Berbeda dengan pedagang sate lainnya yang menggunakan jumlah tusukan sate sebagai acuan porsinya, di PSK setiap porsinya dihitung dengan acuan berat alias kilogram.

Satuan porsi terkecil dari sate di PSK ini adalah 1/4 kg yang bisa menghasilkan sekitar 12 tusuk sate dengan potongan yang cukup besar. Yang perlu diancungi jempol dari sajian di PSK ini adalah lembutnya daging sate yang dihidangkan, tidak perlu perjuangan untuk melepaskannya dari tusukan, serta bumbunya yang diasap.

Tidak terciumnya bau prengus khas kambing dari sate PSK,  membuktikan bahwa proses pengolahan bahan dasar kambing di tempat ini sangat baik, sejak dari pemotongan sampai pada proses membakarnya.  Agar lebih mengundang selera, sajian sate sate diberi potongan tomat, cabe rawit dan bawang merah segar. Tinggal bubuhi kecap untuk menjadikan hidangan ini tampak lebih sempurna.

Tak hanya sate daging kambing, sajian favorit di PSK lainnya adalah sate ati kambingnya. Tekstur bagian ati yang khas memang memberikan sensasi tersendiri bagi penggemarnya. Sop serta tongseng kambingnya juga layak untuk dicoba, kuah hangatnya mampu melawan dinginnya udara di kawasan puncak ini, khususnya di malam hari.

Buat anda yang tidak suka daging kambing, jangan khawatir, PSK juga menyediakan beragam olahan daging ayam yang dapat anda nikmati seperti sate ayam, tongseng ayam, nasi goreng ayam, ayam goreng dan ayam bakar.

Pedagang Sate Kiloan (PSK) Puncak ini merupakan cabang dari Sate Kiloan PSK yang berlokasi di Jl Raya Babakan Mandang, Sentul-Bogor. Namanya yang sudah kesohor, menjadikan brand “PSK” banyak ditiru oleh penjaja sate kambing di beberapa tempat.

Akan tetapi lidah memang sulit untuk berpaling, di PSK yang asli lah cita rasa sate kambing yang disajikan berani diadu.  Jadi, bagi yang tengah berwisata di Puncak dan ingin mencicipi hangatnya PSK di tengah dinginnya udara di kawasan ini, tanpa perlu berbuat dosa, silakan menikmati aneka olahan daging kambing di Pedagang Sate Kiloan (PSK) ini. Dijamin Halal! (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.