Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

WISATA : Gunung Pancar, Tren Wisata Ala Anak Muda Bogor

Astri D. Andriani

Selasa, 25 Agustus 2015 - 16:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Anak muda jaman sekarang banyak sekali yang menggemari foto-foto. Ada beberapa obyek wisata di Bogor ini membuat anak-anak muda ini sering berwisata. Tidak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor ini karena daya tarik wisatanya.

Obyek wisata yang tengah menjadi tren atau “kekinian di Kota Bogor sangat banyak, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, sampai wisata sejarah. Kali ini, kami akan membahas mengenai obyek wisata kekinian yang sering sekali dikunjungi oleh anak-anak muda Bogor akhir-akhir ini; Gunung Pancar!

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Apabila ingin mengunjungi tempat ini, dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah.

Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13 km dan waktu tempuh ± 20 menit. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga. Saya pertama kali berwisata ke tempat ini sekitar tahun 2006 dengan mengendarai sepeda. Track-nya cukup asik untuk gowes karena beraspal, namun perlu diingat bahwa tempat ini adalah sebuah gunung, jadi ya cukup ngos-ngosan karena terdapat banyak tanjakan.

Gunung Pancar termasuk ke dalam Taman Wisata Alam (TWA) dibawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Tetapi sejak 1994, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT. Wana Wisata Indah di beri Hak Pengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini. Jadi, tempat ini memang boleh digunakan sebagai obyek wisata, berbeda ya dengan Cagar Alam yang membutuhkan Simaksi untuk masuk ke dalam tempatnya.

Di tempat ini, tersedia pemandian air panas, makam keramat, dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) dan wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi) juga bisa dilakukan disini.

Nah, untuk yang berencana melakukan pre-wedding, tempat ini juga bisa dijadikan tempat pre-wed. Suasana yang teduh, nyaman, dan romantis ala Bella dan Edward di film Twilight. Jadi jika ingin merasakan memasuki hutan dengan pepohonan yang tinggi-tinggi seperti yang ada di film Twilight, tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri hihi…

Nah, jika sudah cukup puas untuk foto-foto di hutan pinus, pengunjung bisa meneruskan untuk mandi di pemandian air panas. Pemandian ini buka selama 24 jam. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk, hanya terus mengikuti jalan dan nanti bertemu dengan pintu masuk pemandian air panas.  Harga tiket masuk air panas Gunung Pancar adalah sebesar Rp 25.000 per orang. Juga tersedia kolam pemandian terbukaf untuk umum dan di kamar mandi khusus, bebas memilih. Nah kata ayah saya, air panas di Gunung Pancar memiliki khasiat yang sangat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena air panas ini alami. Cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ataupun sekedar relaksasi. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 41 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 46 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…