Selasa, 22 Agustus 2017 - Pukul 04:42

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

ragam

WISATA : Gunung Pancar, Tren Wisata Ala Anak Muda Bogor

Oleh: Astri D. Andriani - Selasa 25 Agustus 2015 | 16:00 WIB

WISATA : Gunung Pancar, Tren Wisata Ala Anak Muda Bogor

net

BERITACIANJUR.COM – Anak muda jaman sekarang banyak sekali yang menggemari foto-foto. Ada beberapa obyek wisata di Bogor ini membuat anak-anak muda ini sering berwisata. Tidak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor ini karena daya tarik wisatanya.

 

Obyek wisata yang tengah menjadi tren atau “kekinian di Kota Bogor sangat banyak, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, sampai wisata sejarah. Kali ini, kami akan membahas mengenai obyek wisata kekinian yang sering sekali dikunjungi oleh anak-anak muda Bogor akhir-akhir ini; Gunung Pancar!

 

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Apabila ingin mengunjungi tempat ini, dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah.

 

Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13 km dan waktu tempuh ± 20 menit. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga. Saya pertama kali berwisata ke tempat ini sekitar tahun 2006 dengan mengendarai sepeda. Track-nya cukup asik untuk gowes karena beraspal, namun perlu diingat bahwa tempat ini adalah sebuah gunung, jadi ya cukup ngos-ngosan karena terdapat banyak tanjakan.

 

Gunung Pancar termasuk ke dalam Taman Wisata Alam (TWA) dibawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Tetapi sejak 1994, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT. Wana Wisata Indah di beri Hak Pengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini. Jadi, tempat ini memang boleh digunakan sebagai obyek wisata, berbeda ya dengan Cagar Alam yang membutuhkan Simaksi untuk masuk ke dalam tempatnya.

 

Di tempat ini, tersedia pemandian air panas, makam keramat, dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) dan wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi) juga bisa dilakukan disini.

 

Nah, untuk yang berencana melakukan pre-wedding, tempat ini juga bisa dijadikan tempat pre-wed. Suasana yang teduh, nyaman, dan romantis ala Bella dan Edward di film Twilight. Jadi jika ingin merasakan memasuki hutan dengan pepohonan yang tinggi-tinggi seperti yang ada di film Twilight, tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri hihi…

 

Nah, jika sudah cukup puas untuk foto-foto di hutan pinus, pengunjung bisa meneruskan untuk mandi di pemandian air panas. Pemandian ini buka selama 24 jam. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk, hanya terus mengikuti jalan dan nanti bertemu dengan pintu masuk pemandian air panas.  Harga tiket masuk air panas Gunung Pancar adalah sebesar Rp 25.000 per orang. Juga tersedia kolam pemandian terbukaf untuk umum dan di kamar mandi khusus, bebas memilih. Nah kata ayah saya, air panas di Gunung Pancar memiliki khasiat yang sangat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena air panas ini alami. Cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ataupun sekedar relaksasi. (net)

Komentar