Kamis, 19 Oktober 2017 - Pukul 17:44

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Jiajia, Robot Cantik dan Interaktif dari Tiongkok

Oleh: Agustinus Mario Damar - Rabu 20 April 2016 | 15:00 WIB

Jiajia, Robot Cantik dan Interaktif dari Tiongkok

Jiajia, robot cantik asal Tiongkok (foto: cctv-america.com)

BERITACIANJUR.COM - Sebuah robot cantik kembali diperkenalkan pada publik luas. Kali ini giliran kelompok peneliti dari University of Scienceand Technology of China (UTSC) yang mengembangkan sebuah robot bernama Jiajia.

 

Jiajia dikembangkan sebagai robot yang didesain secara khusus menyerupai manusia dan dapat berinteraksi secara langsung dengan manusia. Bahkan, Jiajia juga diprogram untuk dapat berbicara dengan nada dan bahasa yang disesuaikan.

 

Namun, dari sisi teknologi Jiajia sebenarnya tidak memperkenalkan hal baru pada bidang robotik. Para pengembang Jiajia hanya fokus pada usaha membuat robot yang patuh pada pemiliknya.

 

Chen Xiaoping, direktur di USTC yang juga mengembangkan Jiajia menuturkan, butuh waktu sekitar tiga tahun untuk penelitian dan pengembangan agar membuat tingkah lakunya begitu nyata. Mulai dari gerakan bibir dan tubuh, sampai ekspresi wajahnya.

 

Chen mengatakan, salah satu pembeda Jiajia dengan robot lain adalah ia mampu memutar matanya secara alami dan menggerakan bibirnya sesuai kata-kata yang diucapkan. Selain itu, Jiajia juga didesain dengan tubuh yang sangat menyerupai manusia.

 

Sayangnya, sampai saat ini Jiajia belum mampu menunjukkan bentuk emosi, seperti tertawa atau pun menangis. Oleh sebab itu, Chen menuturkan pihaknya masih terus bekerja untuk memberikan kemampuan itu pada Jiajia.

 

"Kami berharap dapat mengembangkan robot yang memiliki kemampuan belajar," ujar Chen, seperti dikutip dari laman Tech Times, Senin (18/4/2016). 

 

Salah satunya yang akan dilakukan adalah kemampuan mengenali ekspresi wajah dan membuat interaksi yang lebih baik dengan orang lain.

 

Jiajia sendiri bukanlah robot wanita pertama yang diperkenalkan pada publik. Sebelumnya, publik Hong Kong telah diperkenalkan robot wanita yang juga memiliki tampilan layaknya manusia.

 

Adalah Ricky Ma yang berhasil membuat robot dengan wajah mirip Scarlett Johansson dan memperkenalkannya pada publik beberapa waktu lalu. Ada pula robot mirip Kelly Chen yang dibuat Ma pada 2010. (tekno.liputan.com)

Komentar