Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Tak Ada Pilihan, Warga Terus Manfaatkan Sungai Untuk MCK

Apip Samlawi

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 19:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Mengeringnya air sumur warga didua desa, di Kecamatan Haurwangi, mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Saat ini ratusan warga terpaksa memanfaatkan air sungai yang ada untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga terutama untuk MCK.

Saat memasuki musim kemarau yang berakibat mengeringnya air sumur warga, hampir disetiap tahun sejumlah warga di Desa Sukatani dan Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, selalu memanfaatkan air sungai untuk melakukan Mandi Cuci Kakus (MCK) demi memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.  

Meski kondisi air sungai kurang terlihat bersih, namun warga dua desa ini terpaksa menggunakan air Sungai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. Setiap hari, mulai dari mandi, mencuci pakaian, serta membuang kotoran, dilakukan ratusan warga setelah desa mereka mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang.

Bahkan untuk kebutuhan memasak maupun minum, warga juga tak segan-segan menggunakan air sungai meski sebelumnya dilakukan beberapa kali penyaringan. Warga pun mengaku air Sungai Cihea ini masih layak untuk dikonsumsi, karena airnya masih jernih dan bebas sampah.

Kondisi ini sudah terjadi selama hampir tiga bulan, dimana warga mulai menghindari cara hidup sehat dengan menggunakan air Sungai Cihea meski dianggap warga cukup bersih dan masih layak untuk dipergunakan.

Ali (47), warga setempat mengatakan, ketiadaan air sumur miliknya membuat ia beserta warga lainnya terpaksa menggunakan air sungai yang ada dikampungnya, karena mata air sumur milik saya dan warga lainnya sudah mengering.

"Saya terpaksa menggunakan air sungai ini, namun saya melihat air sungai ini masih terlihat bersih dan masih pantas untuk dipakai kebutuhan sehari hari, seperti mandi, cuci dan kakus. Kondisi ini terpaksa dilakukan warga karena air sumur milik saya sudah benar-benar kering akibat kemarau," ucap Ali.

Sementara Kepala Desa Sukatani, Mamat Suganda, mengatakan, seluruh warga Kampung Cipetir, Kampung Bantar Honje, Kampung Sampay, Kampung Pangkalan dan Kampung Selakopi, tiap hari antri memanfaatkan air Sungai Cihea untuk keperluan rumah tangga, karena air Cihea tergolong masih terlihat layak untuk digunakan karena terbebas dari sampah serta limbah lainnya.

"Air Sungai Cihea benar-benar bermanfaat dan mampu menolong bagi seluruh warga yang dekat dengan bantaran sungai dan tidak hanya itu saja warga luar Desa Sukatani juga banyak yang mengangkut air dari sungai Cihea ini dengan mengunakan sepeda motor dan mobil bak terbuka," ungkapnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 11 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Peringati HJK 2017 Kodim 0608 Cianjur Gelar Kegiatan Sosial

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur melaksanakan berbagai kegaiatan sosial untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Aktualita 13/12/2017 07:23 WIB

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.