Minggu, 27 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Kualitas Wasit Sepak Bola di Cianjur Butut!

Angga Purwanda

Rabu, 27 April 2016 - 09:00 WIB

BC/Dok
BC/Dok
A A A

BERITACIANJUR.COM - Masyarakat pencinta sepak bola di Kabupaten Cianjur mengaku kecewa dengan kualitas wasit di Kabupaten Cianjur dan mendesak pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Cianjur agar melakukan evaluasi terhadap para pengadil lapangan hijau itu. 

Pasalnya, kinerja para perangkat lapangan, khususnya wasit kerap menimbulkan kontroversi. Satu diantara keputusan wasit yang dinilai menuai kontroversi itu saat pertandingan lanjutan Turnamen Bhayangkara Cup Polres Cianjur 2016 yang mempertemukan Bina Kresna kontra Penaci FC Ciranjang di Stadion Badak Putih, Cianjur, kemarin (26/4).

Dimana wasit yang memimpin pertandingan tersebut memberikan hukuman tendangan penalti kepada Penaci FC Ciranjang yang dipicu pelanggaran handsball oleh pemain belakang Penaci FC. Padahal, yang melakukan pelanggaran handsball tersebut dilakukan oleh pemain Bina Kresna.

Akibatnya, keputusan wasit tersebut menyulut aksi protes dari official dan pemain Penaci FC yang merupakan binaan Polsek Ciranjang itu. Bahkan, para pemain asal tim Ciranjang itu sempat meninggalkan lapangan sebab kecewa dengan keputusan yang diambil wasit.

Manager tim Penaci FC, Heri menuturkan, kualitas perangkat pertandingan, terutama wasit harus lebih ditingkatkan. Pasalnya, jelas Heri, buruknya kepemimpinan wasit di lapangan akan berdampak pada kualitas pemain dalam setiap pertandingan.

"Jika wasitnya seperti ini (buruk, red) tentunya akan berdampak pada kualitas permainan. Selain itu, kepeutusan-keputusan wasit yang dinilai merugikan tentunya dapat menjadi pemicu kericuhan dari para pendukung tim," tutur Heri, saat ditemui "BC" usai pertandingan, kemarin.

Diungkapkan Heri, seharusnya pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Cianjur dapat lebih selektif dalam menurunkan perangkat pertandingan (wasit). Sebab, ucap dia, kualitas wasit berdampak pada perkembangan sepak bola di Cianjur.

"Bila dilihat tadi (kemarin, red) keputusan wasit jelas salah, yang melakukan pelanggaran kan pemain Bina Kresna. Kenapa jadi kami (Penaci FC) yang diberikan hukuman penalti," ucapnya.

Sementara itu, Agus (40) seorang pencinta sepak bola Cianjur menyebutkan, seharusnya PSSI Kabupaten Cianjur dapat melakukan evaluasi terhadap kualitas wasit dalam setiap memimpin suatu pertandingan.

"Ini merupakan satu upaya pembinaan dan pengembangan kualitas sepak bola di Cianjur, jika kualitas wasitnya saja buruk bagaimana para pemain dapat berkembang. Padahal, sebagian wasit di Cianjur telah mengantongi lisensi tingkat nasional," ujar Agus.(gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 25/05/2018 09:42 WIB

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 25/05/2018 00:23 WIB

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:22 WIB

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:21 WIB

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 25/05/2018 00:13 WIB

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:09 WIB

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:08 WIB

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:07 WIB

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 24/05/2018 22:35 WIB

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.