Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Kualitas Wasit Sepak Bola di Cianjur Butut!

Angga Purwanda

Rabu, 27 April 2016 - 09:00 WIB

BC/Dok
BC/Dok
A A A

BERITACIANJUR.COM - Masyarakat pencinta sepak bola di Kabupaten Cianjur mengaku kecewa dengan kualitas wasit di Kabupaten Cianjur dan mendesak pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Cianjur agar melakukan evaluasi terhadap para pengadil lapangan hijau itu. 

Pasalnya, kinerja para perangkat lapangan, khususnya wasit kerap menimbulkan kontroversi. Satu diantara keputusan wasit yang dinilai menuai kontroversi itu saat pertandingan lanjutan Turnamen Bhayangkara Cup Polres Cianjur 2016 yang mempertemukan Bina Kresna kontra Penaci FC Ciranjang di Stadion Badak Putih, Cianjur, kemarin (26/4).

Dimana wasit yang memimpin pertandingan tersebut memberikan hukuman tendangan penalti kepada Penaci FC Ciranjang yang dipicu pelanggaran handsball oleh pemain belakang Penaci FC. Padahal, yang melakukan pelanggaran handsball tersebut dilakukan oleh pemain Bina Kresna.

Akibatnya, keputusan wasit tersebut menyulut aksi protes dari official dan pemain Penaci FC yang merupakan binaan Polsek Ciranjang itu. Bahkan, para pemain asal tim Ciranjang itu sempat meninggalkan lapangan sebab kecewa dengan keputusan yang diambil wasit.

Manager tim Penaci FC, Heri menuturkan, kualitas perangkat pertandingan, terutama wasit harus lebih ditingkatkan. Pasalnya, jelas Heri, buruknya kepemimpinan wasit di lapangan akan berdampak pada kualitas pemain dalam setiap pertandingan.

"Jika wasitnya seperti ini (buruk, red) tentunya akan berdampak pada kualitas permainan. Selain itu, kepeutusan-keputusan wasit yang dinilai merugikan tentunya dapat menjadi pemicu kericuhan dari para pendukung tim," tutur Heri, saat ditemui "BC" usai pertandingan, kemarin.

Diungkapkan Heri, seharusnya pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Cianjur dapat lebih selektif dalam menurunkan perangkat pertandingan (wasit). Sebab, ucap dia, kualitas wasit berdampak pada perkembangan sepak bola di Cianjur.

"Bila dilihat tadi (kemarin, red) keputusan wasit jelas salah, yang melakukan pelanggaran kan pemain Bina Kresna. Kenapa jadi kami (Penaci FC) yang diberikan hukuman penalti," ucapnya.

Sementara itu, Agus (40) seorang pencinta sepak bola Cianjur menyebutkan, seharusnya PSSI Kabupaten Cianjur dapat melakukan evaluasi terhadap kualitas wasit dalam setiap memimpin suatu pertandingan.

"Ini merupakan satu upaya pembinaan dan pengembangan kualitas sepak bola di Cianjur, jika kualitas wasitnya saja buruk bagaimana para pemain dapat berkembang. Padahal, sebagian wasit di Cianjur telah mengantongi lisensi tingkat nasional," ujar Agus.(gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.