Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pencetakan KTP Berbasis Kecamatan Terkendala Sinyal

Misbah Hidayat

Rabu, 26 Agustus 2015 - 07:52 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Sesuai ketentuan, pencetakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) memang seharusnya dilakukan di setiap kecamatan. Hanya saja, hingga sekarang program desentralisasi pencetakan KTP berbasis kecamatan itu belum bisa direalisasi lantaran terkendala sinyal jaringan internet.

Jalan keluarnya, untuk sementara waktu seluruh aktivitas pencetakan KTP terpaksa dipusatkan di lingkungan kantor Dians Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginajar menyikapi banyaknya keluhan warga terkait lama dan mahalnya ongkos pembuatan KTP pasca dipusatkan di kantor Disdukcapil.

“Karena sekarang ini proses pencetakan KTP  di kecamatan masih terkendala sinyal, diharapkan warga yang mau membuat KTP harus melakukannya jauh-jauh hari,” ucap Ginanjar kepada “BC” saat ditemui dikantornya, Selasa (25/8).

Diakui Ginanjar, untuk proses pencetakan KTP memang sudah diatur dalam UU 24 Tahun 2014. Di dalamnya antara lain diatur tentang keharusan pemerintah daerah membentuk unit pelayan teknis  di setiap kecamatan. Namun, upaya merealisasi unit pelayanan teknis ini hingga sekarang masih terkendala sinyal jaringan internet, hingga pencetakan terpaksa masih dilakukan di kantor Disdukcapil.

“Kepada warga yang belum melengkapi data identitasnya mari dari mulai sekarang agar segera melengkapinya di awal waktu agar ketika butuh sudah ada jangan sampai mendadak,” harapnya.

Sejauh ini, lanjut Ginanjar, pihaknya sudah menugaskan pegawaidi setiap kantor kecamatan untuk melakukan perekaman data calon pembuat KTP. Selanjutnya, mereka membawa resi ke kantornya.

“Nantinya resinya dibawa kesini (kantor Disdukcapil) oleh petugas kita, lalu dilakukan pencetakan, untuk kemudian dibawa kembali ke kecamatan masing-masing. Jadi warga tinggal menunggu saja tanpa harus mengeluarkan biaya,” ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Desa (Kades) Cibokor, Kecamatan Cibeber, Mamun Munjali mengeluhkan lama dan mahalnya biaya yang harus dikeluarkam wargasaat membuat KTP yang dilaksanakan di kantor Disdukcapil.

“Dalam hal ini, kami sebagai penyelenggara pemerintahan desa cukup dilematis. Karena, jujur saja kami tidak bisa berbuat apa-apa selama ini, mengingat kami tidak mempunyai kewenangan dalam pencetakan KTP,” tuturnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…