Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Awas, Anjing Rabies Mengancam Kita

Misbah Hidayat

Sabtu, 19 Desember 2015 - 07:56 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Dalam beberapa tahun terakhir, populasi anjing di Cianjur disinyalir meningkat cukup signifikan. Repotnya, sebagian besar jenis hewan pemakan daging ini dipelihara pemiliknya tanpa mengikuti standar kesehatan hewan peliharaan yang baku.

Termasuk standar minimal berupa vaksinasi anjing, banyak tidak dilakukan para pemiliknya. Sebagian besar pemilik beranggapan, dengan memberikan makan anjing peliharaannya saja, itu sudah lebih dari cukup. Sementara bahaya ancaman penyakit rabies yang dapat ditularkan anjing miliknya terhadap warga lain tidak pernah mereka pikirkan.

Akibatnya, hampir setiap saat ancaman tertular penyakit rabies membayangi hidup keseharian sebagian warga Cianjur. Ancaman terbesar dialami warga yang tinggal di kawasan dengan tingkat populasi anjing cukup tinggi. Apalagi di musim kemarau panjang seperti sekarang, ancaman tertular penyakit rabies semakin tambah besar, karena tak sedikit anjing yang ketersediaan makannya mengalami gangguan cukup serius.

Tingginya ancaman penularan penyakit rabies di Cianjur ini dibenarkan Kepala Seksi  Kesehatan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (DPPK) Kabupaten Cianjur, Agung Rianto.  Di Kabupaten Cianjur, lanjutnya, wilayah yang paling berpotensi terjangkit penyakit rabies adalah Kecamatan Ciranjang. Ini terjadi karena di wilayah tersebut populasi anjing jauh lebih banyak dibandingkan dengan di daerah-daerah lainnya.

Tingginya populasi anjing diwilayah tersebut, diyakini bisa memicu munculnya penyakit rabies akibat gigitan anjing. Untuk mengantisipasinya, dinas terkait terus proaktif melakukan kegiatan vaksin anjing peliharaan warga.

“Kalau menurut aturan animal welfare, kami tidak diperbolehkan melakukan pembiusan. Sedangkan untuk anjing yang liar, kami melakukan penangkapan dengan cara memberinya racun,” paparnya.

Terkait penyebaran penyakit rabies itu sendiri,  katanya ssangat tergantung kepada  tingkat kepadatan penduduk di suatu wilayah. Dengan semakin banyak penduduk, besar kemungkinan penyakit rabies akan lebih  mudah ditularkan.

Untuk itu, lanjut Agung, pihaknya berharap warga sadar betul akan bahaya penyebaran penyakit rabies yang acap kali ditularkan melalui gigitan anjing. “Untuk itu, kami harap wargapemilik anjing bisa memberikan vaksin secara rutin,” harapnya. (gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 43 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 48 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…