Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

IRDA: Gunakan Fasilitas Negara Untuk Paslon Ada Sanksi

Misbah Hidayat

Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:48 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur menegaskan, penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pasangan calon peserta Pilkada 2015, akan menuai sanksi. Diingatkan lagi untuk para Pegawai Negei Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Cianjur untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur, yang akan digelar pada 9 Desember mendatang.

Pasalnya, Irda khawatir dengan jumlah PNS yang ada di seluruh wilayah Kab. Cianjur sekitar 16 ribu orang ini, peluang adanya tindak pelanggaran ketika penyelenggaraan Pilkada sangat besar terjadi.

Inspektur Irda Kabupaten Cianjur Agus Indra mengatakan, aturan tersebut terdapat di pasal 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai. Untuk itu, diharapkan PNS tidak ikut mendukung salah satu calon.

“Terlebih, kalau mereka menggunakan pasilitas Negara dalam mendukung salah satu calon mereka akan mendapatkan sanksi,” ucap Agus kepada “BC” Selasa (25/8).

Dikatakannya, sanksi yang nantinya akan dikenakan kepada PNS yang melanggar ada dua jenis sanksi yakni sanksi sedang dan sanksi berat, sesuai dengan ketentuan yang ada dalam aturan yang dibuat oleh pemerintah.

“Kalau sedang dia tidak menggunakan pasilitas Negara untuk mendukung. Kalau menggunakan pasilitas Negara baru itu sanksinya berat bisa saja mereka yang mendukung di pecat,” ujarnya.

Dalam menggunakan fasilitas negara, kata Agus, banyak jenisnya seperti halnya menggunakan kendaraan milik negara dalam memberikan dukungan kepada salah satu calon. 

“Terlebih sudah ada surat edaran dari menpan bahwa PNS itu tidak diperbolehkan mendukung salah satu calon,” paparnya 

Bentuk dukungannya sendiri kata dia, bisa bermacam-macam seperti halnya ikut berkumpul dalam acara kampanye salah satu calon. Namun hal tersebut belum bisa dikatakan mereka mendukung harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu.

“Sekarang calon kan pada pintar, mereka biasanya datang ke tempat pengajian jadi siapa tahu saja, di sana terdapat PNS yang ikut mengaji,” ujarnya.

Sebagai salah satu dukungan terhadap pemerintah, pihaknya tidak melarang kalau PNS terlibat dalam menyelengarakan pilkada, sebab kata dia, fungsi dari PNS sendiri merupakan perekat bangsa.

“Ya kalau hanya sebatas jadi petugas KPPS itu kan bukan berarti melanggar, malah itu bagus, karena PNS bisa terlibat dalam menyukseskan pilkada,” imbuhnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.