Selasa, 26 September 2017 - Pukul 01:52

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

RSUD Cianjur Layani Akupunktur Medik

Oleh: Angga Purwanda - Senin 16 Mei 2016 | 09:00 WIB

RSUD Cianjur Layani Akupunktur Medik

Ilustrasi Akupunktur (Foto : Fox News)

BERITACIANJUR.COM - Sejarah Akupunktur di Indonesia dimulai sejak didirikannya pendidikan dan pelayanan dibidang akupunktur medik yang pada saat itu berada di dalam sub bagian akupunktur bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM pada tahun 1963 yang dikepalai oleh Prof dr Oei Eng Tie. Hal ini merupakan instruksi dari Presiden RI Ir Soekarno pada saat itu kepada Menteri Kesehatan Prof dr Satrio.

 

Dalam rangka pengembangan penelitian akupunktur dan pelayanannya maka beberapa staf pengajar dari beberapa bidang ilmu kedokteran yang ada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM seperti Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Penyakit Dalam, THT dan Neurologi di didik dalam ilmu akupunktur dibagian Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM.

 

Bersamaan dengan terbentuknya sub bagian akupunktur, dimulailah dilakukan Pendidikan Dokter Spesialis Akupunktur di RSCM yang peserta didiknya adalah dokter umum yang dikirim oleh Depkes, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Kepolisian, dan AIP Pertamina.

 

Pendidikan Dokter Spesialis Akupunktur itu dilakukan selama 3-4 tahun dimana lulusannya ditempatkan pada banyak rumah sakit di Indonesia. Termasuk di RSUD Kelas IIB Cianjur yang membuka pelayanan setiap hari Senin hingga Jumat.

 

"Kini untuk layanan akupunktur medik bisa didapatkan di RSUD Cianjur. Ini merupakan satu diantara layanan kesehatan yangb diberikan RSUD untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," ujar Dokter spesialis akunpunktur RSUD Cianjur, dr Ferry Aditya Phan SpAK.

 

dr Ferry menyebutkan, Akupunktur Medik atau Kedokteran Akupunktur adalah cabang ilmu kedokteran, yang memanfaatkan pengetahuan dan teknik rangsang akupunktur, yang sudah teruji secara ilmiah sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku, dan pada penerapan klinisnya dalam upaya kuratif-rehabilitatif preventif-promotif menggunakan dasar pembuktian ilmiah (evidence bases medicine).

 

"Manfaat akupunktur dalam berbagai situasi klinis, seperti nyeri gigi pasca operasi sampai mengatasi mual akibat kemoterapi. WHO telah menerima akupunktur medik sebagai suatu cara pengobatan dan merekomendasikan akupunktur untuk diintegrasikan dalam Sistem Kesehatan Nasional," ucapnya. 

 

Ditambahkan dr Ferry, Akupunktur relatif tidak mempunyai efek samping yang pada umumnya tidak berbahaya seperti perdarahan pada tempat penusukan.

Komentar