Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Gagal Panen, Tak Ada Ganti Rugi Tapi Bantuan Alat Pertanian

Firman Taqur

Rabu, 26 Agustus 2015 - 08:17 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur tidak mengalokasikan penggantian bagi lahan pertanian yang gagal panen atau fuso. Pemerintah setempat melalui dinas terkait akan lebih memberdayakan petani melalui pemberian bantuan alat sistem pertanian dan pelatihan manajemen pengelolaan air.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTH) Kab. Cianjur, Hj. Rika Ida Mustikawati mengatakan, tidak adanya penggantian terhadap tanaman fuso karena kejadian tersebut (gagal panen, red) lebih bersifat force major atau karena faktor alam.

"Lagipula harus dilihat dulu fusonya itu karena faktor apa? Apa karena faktor alam atau karena pola tanam yang tidak tepat. Kita sendiri tidak merekomendasikan petani untuk menanam padi dalam kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini," tutur Rika kepada "BC", kemarin.

Dikatakan Rika, kasus gagal panen yang terjadi di wilayah Kab. Cianjur lebih didominasi akibat pola tanam yang tidak tepat, termasuk jadwal pola tanam yang tidak serentak, menurutnya, juga sangat tinggi memicu terjadinya gagal panen terutama bagi tanaman padi.

"Karenanya regulasi yang kita ambil lebih kepada pola pembinaan sebagai bagian dari langkah preventif atau pencegahan. Dengan langkah ini pun peran dari para penyuluh pertanian di lapangan lebih dioptimalkan," imbuhnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Peringati HJK 2017 Kodim 0608 Cianjur Gelar Kegiatan Sosial

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur melaksanakan berbagai kegaiatan sosial untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Aktualita 13/12/2017 07:23 WIB

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.