Senin, 29 Mei 2017 - Pukul 14:42

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Gubernur Terkesan Alat Inovasi Posyantek Cianjur

Oleh: cr1 - Rabu 01 Juni 2016 | 15:17 WIB

Gubernur Terkesan Alat Inovasi Posyantek Cianjur

istimewa

BERITACIANJUR.COM - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengaku sangat antusias dan tertarik dengan berbagai alat hasil karya Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang ditampilkan dalam Gelar Pameran Teknologi Tepat Guna, di Halaman Belakang Gedung Sate, Jumat (27/5) lalu.

 

Sebanyak 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat, mengikuti gelar pameran teknologi tepat guna yang dilaksanakan BPMPD Propinsi Jawa Barat dari 27-28 Mei 2016 tersebut. Berbagai hasil inovasi Posyantek di bidang pertanian hingga pengolahan sampah, ditampilkan dalam pameran tersebut.

 

Dari sekian kota dan kabupaten yang menampilkan berbagai hasil inovasi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terlihat tertarik dengan hasil inovasi yang di ciptakan Posyantek dari Kabupaten Cianjur.

 

"Gubernur banyak bertanya tentang alat yang kita tampilkan, dari mulai fungsi, manfaat hingga harganya," ujar Kabid Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna BPMPD Kabupaten Cianjur, Henny Iriani Winata kepada "BC", Selasa (31/5).

 

Begitu tertariknya, bahkan Gubernur sempat mencoba sendiri mesin serbaguna untuk mengiris bawang, termasuk menguji alat perontok serbaguna (Power Thresser) dan mesin penggiling padi (Rice Mill) mini yang menjadi unggulan posyantek Kabupaten Cianjur.

 

"Alhamdulillah Pak Gubernur sangat antusias, beliau meminta agar alat yang diciptakan bisa ditindaklanjuti dan di pasarkan ke para petani dengan harga yang terjangkau," tandas Henny.

 

Selain mencoba alat yang ditampilkan, sambung Henny, Gubernur juga sempat melihat produk beras pandan wangi yang dihasilkan petani Cianjur. Karena saat ini, beras pandan wangi menjadi komoditi yang terus dipromosikan oleh Pemprov Jawa Barat.

 

"Beliau memang sejak dulu sangat memperhatikan beras lokal Cianjur, khususnya jenis Pandan Wangi. Bahkan, bersama dengan Dinas Pertanian memiliki program yang dipusatkan di Kecamatan Warung Kondang," katanya.

 

Lebih lanjut Henny mengungkapkan, selama mengikuti pameran teknologi tepat guna banyak pengalaman berkesan yang didapat. Karena masing-masing kota dan kabupaten menampilkan alat inovasi yang diciptakan posyanteknya.

 

"Intinya, pengurus Posyantek yang kita bawa bisa mempelajari alat inovasi yang ditampilkan daerah lain," ungkapnya. 

Komentar