Selasa, 26 September 2017 - Pukul 01:49

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Oleh: dr Yusuf Firmansyah - Rabu 01 Juni 2016 | 16:54 WIB

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

net/ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim. Selain mendatangkan pahala bagi orang yang berpuasa, puasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Puasa dapat mencegah dan membantu menyembuhkan beberapa penyakit. 
    

Berdasarkan sejumlah penelitian, puasa bermanfaat untuk mencegah dan membantu mengobati penyakit diabetes mellitus (DM) tipe 2 atau biasa disebut dengan kencing manis. Pada penyakit ini, sel-sel tubuh telah terbiasa dalam kondisi glukosa darah tinggi, sehingga reseptor glukosa darah kurang sensitif terhadap glukosa. Kondisi demikian menyebabkan gula di dalam darah tidak dapat masuk ke dalam sel dan dimanfaatkan oleh sel. 

 

Dengan puasa, tubuh dikondisikan dalam menerima sedikit makanan sehingga karbohidrat yang merupakan sumber dari glukosa darah akan menurun. Dengan demikian tubuh dibiasakan dalam kondisi glukosa darah yang lebih rendah daripada biasanya. Hal tersebut menyebabkan sel-sel tubuh lebih sensitif terhadap gula sehingga lebih mampu mengambil glukosa dan memanfaatkannya untuk kebutuhan sel. Kondisi ini menyebabkan glukosa darah tubuh menurun ke tingkat normal.
    

Selain bermanfaat untuk mencegah dan membantu mengobati penyakit kencing manis, puasa juga mampu mencegah dan membantu mengobati beberapa jenis kanker. Sel kanker merupakan pertumbuhan sel tidak normal pada suatu jaringan atau organ yang menyebabkan gangguan fungsi tubuh. 

 

Sel kanker memiliki sifat cepat tumbuh dibandingkan sel normal tubuh. Kondisi ini menyebabkan sel kanker sangat banyak membutuhkan nutrisi makanan terutama glukosa. Dengan berpuasa, glukosa tubuh relatif lebih rendah daripada biasanya. Hal ini tidak berdampak buruk bagi sel tubuh normal, namun sangat berdampak dan merusak bagi sel kanker. Sel kanker yang “kelaparan” menjadi kekurangan glukosa dan berdampak pada kematian sel kanker.

 

Meski puasa sangat bermanfaat pada kesehatan, tidak semua pasien yang memiliki penyakit kencing manis dan kanker dapat berpuasa. Karena penyakit diabetes mellitus dengan komplikasi kadar gula yang sangat tinggi memerlukan kebutuhan cairan yang lebih banyak daripada orang normal. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa puasa bukan merupakan terapi untuk kedua penyakit ini dan tidak dapat menggantikan fungsi obat. Pasien tersebut tetap perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kedua jenis penyakit ini agar puasa berdampak positif bagi tubuh, bukan sebaliknya.

Komentar