Jumat, 18 Agustus 2017 - Pukul 04:18

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Nih, Tips Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes

Oleh: dr. Erchamzah (dr RSDH Cianjur) - Minggu 05 Juni 2016 | 17:16 WIB

Nih, Tips Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes

foto : dr. Erchamzah

BERITACIANJUR.COM Puasa pada dasarnya adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim terutama bagi mereka orang dewasa yang sehat. Puasa juga memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk kesehatan tubuh.

 

Namun untuk beberapa orang bisa muncul masalah apabila tidak dilakukan dengan cara yang benar salah satunya bagi penderita diabetes (kencing manis).

 

Permasalahan yang timbul pada penderita diabetes karena dengan puasa resiko meningkatnya gula darah (glukosa) bisa saja terjadi akibat tidak terkontrolnya makanan yang masuk pada saat makan sahur dan berbuka.

 

Selain itu faktor lain yang berpengaruh adalah panjangnya periode waktu berpuasa berkisar 12 jam dalam sehari dapat meningkatkan resiko hiperglikemia (kadar gual darah tinggi) dan dehidrasi (kekurangan air). 

 


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes apabila ingin tetap melaksanakan ibadah puasa yaitu :

1.    Harus diperhatikan bahwa penderita diabetes tipe 1 memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2. Sehingga sebelum menjalankan  puasa harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda.

 

2.    Untuk penderita diabetes tipe 1 harus diawasi dengan ketat selama menjalankan puasa, dengan cara tetap melakukan pemantauan gula darah secara rutin untuk mengurangi resiko kesehatan. 

 

3.    Pada saat berbuka puasa tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang berat contoh : nasi yang berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara mendadak (hiperglikemia).  Awali dengan makanan yang ringan sebanyak dua hingga tiga kali untuk menghindari lonjakan gula darah.

 

4.    Beberapa makanan yang disarankan untuk penderita diabetes seperti daging, ayam, ikan sereal atau nasi, buah-buahan dan sayuran. 

 

5.    Tetap harus makan sahur untuk menghindari hipoglikemia, makan sahur yang baik dianjurkan mendekati waktu imsak sehingga kadar gula darah tetap terjaga selama berpuasa.

 

Komentar