Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Nih, Tips Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes

Dr. Erchamzah (dr RSDH Cianjur)

Minggu, 05 Juni 2016 - 17:16 WIB

foto : dr. Erchamzah
foto : dr. Erchamzah
A A A

BERITACIANJUR.COM Puasa pada dasarnya adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim terutama bagi mereka orang dewasa yang sehat. Puasa juga memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk kesehatan tubuh.

Namun untuk beberapa orang bisa muncul masalah apabila tidak dilakukan dengan cara yang benar salah satunya bagi penderita diabetes (kencing manis).

Permasalahan yang timbul pada penderita diabetes karena dengan puasa resiko meningkatnya gula darah (glukosa) bisa saja terjadi akibat tidak terkontrolnya makanan yang masuk pada saat makan sahur dan berbuka.

Selain itu faktor lain yang berpengaruh adalah panjangnya periode waktu berpuasa berkisar 12 jam dalam sehari dapat meningkatkan resiko hiperglikemia (kadar gual darah tinggi) dan dehidrasi (kekurangan air). 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes apabila ingin tetap melaksanakan ibadah puasa yaitu :

1.    Harus diperhatikan bahwa penderita diabetes tipe 1 memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2. Sehingga sebelum menjalankan  puasa harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda.

2.    Untuk penderita diabetes tipe 1 harus diawasi dengan ketat selama menjalankan puasa, dengan cara tetap melakukan pemantauan gula darah secara rutin untuk mengurangi resiko kesehatan. 

3.    Pada saat berbuka puasa tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang berat contoh : nasi yang berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara mendadak (hiperglikemia).  Awali dengan makanan yang ringan sebanyak dua hingga tiga kali untuk menghindari lonjakan gula darah.

4.    Beberapa makanan yang disarankan untuk penderita diabetes seperti daging, ayam, ikan sereal atau nasi, buah-buahan dan sayuran. 

5.    Tetap harus makan sahur untuk menghindari hipoglikemia, makan sahur yang baik dianjurkan mendekati waktu imsak sehingga kadar gula darah tetap terjaga selama berpuasa.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.