Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

WNA Timur Tengah Serbu Kota Bunga Cipanas

Tim Redaksi

Jumat, 10 Juni 2016 - 17:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal Timur Tengah sudah mulai berdatangan diareal Kota Bunga Cipanas. Mereka menghabiskan waktu untuk berlibur. Keberadaan para WNA ini kadang mengusik keamanan yang ada di KOta Bunga.

Komandan Regu (Danru) petugas keamanan kawasan Kota Bunga, Hendra mengungkapkan, jumlah wisatawan asal Timur Tengah tersebut biasanya terus bertambah seiring dengan adanya musim libur di negaranya.

“Jumlah ini belum seberapa, biasanya nanti setelah pelaksanaan perayaan lebaran wisatawan asal Timur Tengah memadati kawasan Kota Bunga ini," kata Hendra saat ditemui “BC”, Kamis (9/6).

Menurutnya, pada bulan-bulan tersebut wisatawan Timur Tengah tidak hanya mendatangi kawasan Kota Bunga saja, mereka bahkan tersebar sampai di wilayah Warung Kaleng Kota Bogor. “Kalau dulu paling banyak jumlah wisatawan asing ini di kawasan warung kaleng, namun akibat kepadatan yang terjadi di kawasan itu mereka membidik kawasan Cipanas ini sebagai lokasi berwisata,” katanya.

Dilain pihak, salah seorang warga Desa Sukanagalih, Kecamatan Cipanas, Sofyan Hidayat (50) menilai, dengan tingginya tingkat kunjungan wisatawan asing asal Timur Tengah ke kawasan Kota Bunga harus dibarengi dengan pengawasan yang ketat. Tidak jarang keberadan WNA itu mengganggu ketertiban dan kenyaman warga.

“Apalagi dengan kabar yang berkembang di masyarakat sekarang ini, di kawasan Kota Bunga tersebut kerap dimanfaatkan oleh wisatan asing untuk berwisata seks. Ini tidak bisa didiamkan kalau benar terjadi. Pengawasan ke WNA harus diperketat," katanya.

Menurutnya, dengan lemahnya pengawasan saat ini yang dilakukan oleh pemerintah terhadap para WNA yang datang dan menetap di Kawasan Cianjur, ia merasa khawatir banyak wisatawan yang menggunakan kedok berwisata tapi melakukan tindakan yang dinilai melanggar norma agama.

"Kami berharap pengawasannya diperketat, apalagi jumlah WNA semakin banyak," katanya.

Estate Manager Kota Bunga Franky Komonong mengungkapkan, keberadaan WNA asal Timur Tengah yang berada di areal Kota Bunga tidak secara resmi menyewa vila ke Kota Bunga. Mereka memanfaatkan vila pribadi yang disewakan pemiliknya melalui jasa penghubung.

"Kami Kota Bunga tidak pernah menyewakan vila, apalagi ini untuk orang asing. Kalau ada WNA yang menghuni vila itu sewa menyewanya urusan pribadi pemilik vila, tidak ada kaitannya dengan Kota Bunga. Tapi karena keberadaanya di areal Kota Bunga seakan Kota Bunga lah yang menyewakan," tegas Franky.

Sebaliknya managemen Kota Bunga malah melarang pemilik vila untuk disewakan. Semua itu tertuang dalam perjanjian awal saat terjadi transaks jual beli. "Sebenarnya ada larangan yang harus ditaati oleh pemilik vila, semua itu tertuang dalam perjanjian awal saat transaksi jual beli. Namun faktanya mereka yang melanggar, kami sulit untuk melarangnya," katanya. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…