Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pemerintah Dinilai Terlalu 'Pede' dan Remehkan Krisis

Disma M. Taryum

Kamis, 27 Agustus 2015 - 07:43 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Berbagai kritik dan cacian mengalir ke pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla seiring memburuknya perekonomian nasional dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Pemerintah dianggap bukan hanya terlalu percaya diri, tapi justru kurang antisipasi dan seolah meremehkan kondisi perekonomian nasional terkini.

Namun, Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah justru meminta masyarakat tak usah panik dengan kondisi perekonomian saat ini. Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, Indonesia jmodal penting untuk menghadapi krisis yang sebenarnya dipicu persoalan global itu.

“Potensi ekonomi bangsa Indonsia sangat besar. Kekayaan ini menjadi modal untuk bersaing di kancah global. Kita harus optimistis kondisi ekonomi Indonesia akan membaik ke depan,” katanya di gedung DR RI, Rabu (25/8).

Said menegaskan, pemerintah sebenarnya sudah berupaya merespon memburuknya perekonomian global agar tak berimbas ke dalam negeri. Misalnya, dengan paket kebijakan yang prorakyat dengan menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Untuk pemangkasan kredit UMKM dari 21 persen menjadi 12 persen, katanya, jelas merupakan bentuk keberpihakan ke rakyat. Sebab, para pengusaha kecil akan sangat tertolong karena usahanya tak terbebani oleh bunga kredit yang tinggi.

"Itu positif dan sangat menolong usaha-usaha kecil. Kita apresiasi," kata anak buah Megawati Soekarnoputri di PDIP itu. Selain itu penurunan bunga KUR juga bakal mendorong ekonomi sektor usaha kecil bergeliat kembali. Terlebih sektor UMKM dikenal kebal terhadap krisis. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 21/01/2018 21:48 WIB

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.