Selasa, 26 September 2017 - Pukul 01:55

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Wudhu dapat mencegah dan menghilangkan berbagai penyakit

Oleh: Desi Aditia Ningrum - Senin 13 Juni 2016 | 15:00 WIB

Wudhu dapat mencegah dan menghilangkan berbagai penyakit

ilustrasi berwudhu. (Foto : islamic-literatures.com)

BERITACIANJUR.COM - Wudhu merupakan kegiatan bersuci sebelum salat atau ibadah lainnya. Tapi sebagian orang belum mengetahui terdapat banyak manfaat dari berwudhu. Seperti halnya untuk kesehatan. 

 

Dikutip dari buku Rahasia Butiran Air Wudhu: Menurut Al Quran dan As Sunnah, karya Mukhsin Matheer menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit.

 

Namun, ketika dibersihkan dengan air (terutama air wudhu), bahan kimia itu akan larut. Tak hanya itu, wudhu juga membuat seseorang terlihat tampak muda.

 

Berbagai penelitan ilmiah telah membuktikan bahwa munculnya penyakit kulit disebabkan oleh rendahnya kebersihan kulit. Pada umumnya, penyakit kulit sering menyerang permukaan kulit yang terbuka dan jarang dibersihkan. Misalnya saja, sela-sela jari tangan, kaki, leher, belakang telinga dan lainnya.

 

Rasulullah SAW mengatakan, wajah orang yang berwudhu itu akan senantiasa bercahaya. Rasulullah akan mengenalinya pada hari kiamat karena bekas wudhu.

 

"Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu,".

 

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebut wudhu bisa menghilangkan penyakit flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi.

 

Berdasarkan analisis dari kesehatan hidung yaitu, lubang hidung yang tidak berwudhu memudar dan berminyak terdapat kotoran dan debu pada bagian dalam hidung. Serta permukaannya tampak lengket dan berwarna gelap.

 

Namun ketika orang yang kerap berwudhu rongga hidungnya tampal cemerlang, bersih dan tidak berdebu. Rasulullah bersabda, "Sempurnakan wudhu, lakukan istinsyaq (memasukkan air ke hidung) kecuali jika kamu berpuasa,".

Komentar