Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Bukan Makanan, Ternyata Ini Makna Takjil yang Sebenarnya!

Cr3

Senin, 27 Juni 2016 - 15:51 WIB

net/ilustrasi
net/ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Takjil adalah penyegeraan membatalkan puasa dengan makanan pembuka, guys. Biasanya di budaya Indonesia takjil memiliki makna yang berbeda dengan asal pengertiannya yaitu makanan atau minuman seperti, kolak, es buah dan lainnya.

Banyak diantara kita, membeli takjil untuk buka puasa sambil ngabuburit. Baik bersama teman, keluarga, gebetan atau pacar misalnya hehe. BTW, Bece Muda lebih suka beli takjil di luar atau buat sendiri di rumah? berikut tanggapannya..

Siti Nurryah Devi, siswi kelas X Farmasi A SMK Kesehatan Bhakti Medika Cianjur, mengungkapkan ia lebih sering membuat takjil sendiri di rumah. Karena menurutnya dagangan takjil di luar itu kemungkinan ada yang sehat atau tidak baik bagi kesehatan, guys.

“Pernah beli di luar kena omel sama mamah, soalnya jajanan di luar itu kebanyakan tidak higienis. Jadi aku dibiasakan buat takjil di rumah aja seperti buat sop buah,” ungkap Siti, kepada “BC”, belum lama ini.

Begitu juga dengan Nurmalia Sopandi, siswi kelas X Farmasi A SMK Kesehatan Bhakti Medika Cianjur. Ia pun mengungkapkan hal yang sama, guys. Menurutnya mending buat di rumah sendiri lebih aman.

“Manfaat takjil sendiri dapat menyehatkan tubuh. Karena dianjurkan memakan yang manis terlebih dahulu. Seperti sunnah Rasulullah. Makanan takjil yang sehat dan dianjurkan diantaranya kurma,” ujar Nurmalia. 

Jadi sekarang sudah tahu kan bahwa takjil bukanlah hidangan untuk berbuka puasa, melainkan kegiatan menyegerakan untuk menyelesaikan ibadah puasa atau membatalkan puasa dengan memakan sesuatu, yaitu ketika waktu berbuka puasa telah tiba. 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.