Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Biaya Kampanye Paslon Dibatasi Maksimal Rp 15,2 Miliar

Putra Lugina Sukma

Kamis, 27 Agustus 2015 - 08:31 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Ini dia batas maksimal jumlah biaya kampanye yang bisa digunakan pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati peserta Pilkada Serentak 2015. Sesuai ketentuan yang berlaku, selama masa kampanye berlangsung, setiap paslon hanya boleh menggunakan biaya kampanye paling besar Rp 15, 2 miliar.

Jika ada paslon yang terbukti menggunakan anggaran kampanye melewati batas maksimal yang telah ditetapkan KPU, itu berarti telah menyalahi aturan. Konsekuensinya, sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelanggaran yang telah dilakukannya, pasangan bersangkutan bisa diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Terkait adanya pembatasan penggunaan biaya kampanye ini dibenarkan Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Cianjur, Hilman Wahyudin. Menurutnya, batas maksimal biaya kampanye pasangan sebesar Rp 15, 2 miliar.

Sumber biaya kampanye tersebut bisa bersumber dari dana pribadi calon, hibah perseorangan, dan hibah dari perusahaan swasta. Khusus untuk hibah perseorangan, sesuai ketentuan tidak boleh melebihi Rp 50 juta, sedangkan hibah dari perusahaan swasta maksimal sebesar  Rp 500 juta.

Semua hasil sumbangan biaya kampanye yang diperoleh masing-masing pasangan calon, wajib dimasukan ke dalam rekening dana kampanye yang sebelumnya telah diserahkan ke KPU bebarengan dengan berkas persyaratan lainnya.

Selain itu, kata dia, setiap paslon juga harus melampirkan laporan-laporan terkait sumber dana yang masuk setiap rupiahnya. “Kan seluruh dana kampanye itu sudah ditanggung sepenuhnya oleh KPU, jadi sebetulnya mereka (paslon, red) tidak perlu banyak mengeluarkan dana lagi,” ujarnya saat ditemui “BC” di kantornya, kemarin (26/8).

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait pembatasan dana kampanye, Cabup pasangan Beriman, Irvan Rivano Muchtar mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan hal itu. Bahkan, ia mengaku senang dengan adanya aturan sepeti itu, sehinggajalannya kampanye bisa berlangsung merata.

“Baguslah dengan aturan begitu, jadi semua pasangan calon bisa melakukan kampanye yang sama dan merata,” ungkapnya.

Dilain pihak, Suranto juga mengaku sangat mengapresiasi adanya batasan kampanye yang di atur oleh KPU. Sebab, yang terpenting untuknya bukan calon yang bisa membagikan uang banyak kepada masyarakat, melainkan calon yang bisa mengamalkan janjinya dan dipercaya masyarakat.

“Orang sekarang sudah pada pintar ya, jadi sekalipun uang dibagi-bagikan kemasyarakat, tapi kan pas milih belum tentu, karena mereka milihnya di balik bilik suara,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Calon Bupati Perseorangan, Deni Sunarya alias Gawel. Ia mengatakan, saat ini pembatasan yang dilakukak KPU tentu akan berdampak baik terhadap pemerataan kesempatan kampanye paslon. Sehingga, tak ada calon yang mengklaim dirinya menang karena besar modal.

“Bagus kalau gitu, saya dukung biar nanti pas kampanye itu yang ada adu program saja, bukan adu modal,” tandasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…