Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:40

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Potensi Wisata di Cianjur Selatan Belum Banyak Dilirik

Oleh: Susi Susilawati - Selasa 28 Juni 2016 | 19:00 WIB

Potensi Wisata di Cianjur Selatan Belum Banyak Dilirik

net/ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Masyarakat Peduli Cianjur Selatan (Cisel), terus menyuarakan keanekaragaman potensi wisata. Harapannya agar bisa berkembang pesat dan menjadi destinasi wisata baru.

 

 

 

Lukman N.H (20) Warga Kecamatan Pagelaran menjelaskan, mengembangkan daerah asalnya dengan visi menjadikan Cisel lebih terkenal dengan cagar alam didalamnya salah satunya denga ditemukan objek-objek potensi alam yang bisa dijadikan destinasi  wisata.
 

“Berawal dari hobi menjelajah beberapa daerah di Cisel yang kemudian jadi agenda yang perlu untuk dilakukan dengan mengajak sejumlah teman yang memiliki tujuan yang sama,” ujarnya kepada “BC”.

 

Dia menambahkan, sudah lebih dari 10 lokasi yang dikunjunginya bisa berpotensi sebagai wisata di Cisel mulai dari perbukitan, laut, hingga air terjun. Namun, dari penjelajahanya semua lokasi belum tersentuh oleh pihak pemerintahan hanya dikelola oleh masyarakat sekitar.

 

“Cara kami untuk mempromosikannya sendiri melalu media sosial responnya sendiri cukup tinggi banyak masyarakat yang melihat dan ingin berkunjung ke lokasi yang kita kunjungi,” terangnya.

 

Ia mengakui beberapa lokasi yang ada di Cisel yaitu Curug Sawer berada di Kampung Ciakar Desa Girimukti Kecamatan Sindang Barang,  Curug Cikananga, Curug yang masih alami itu terdapat kura-kura sungai lokasinya di Kampung Cikananga Desa Girimukti Sindang Barang. Pantai Lugina yang ada di Agrabinta, Tanggeung, Rawa Galuga di Bunijaya Pagelaran, Rawa Beber di Situhiyang Pagelaran, Curug Ngebul di Bunijaya Pagelaran, Apra Sindangbarang, Sereg Sindangbarang, Pantai Jayanti Kecamatan Cidaun, Curug Citambur Kecamatan Pasirkuda, Gunung Karang Kecamatan Sukanagara.

 

“Dari sejumlah lokasi tersebut untuk objek wisatannya ada yang sudah sering dikunjungi ada juga yang tidak diketahui. Dari lokasi-lokasi tersebut menyimpan keindahan masing-maing yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Kepariwisataan, Disbudpar Cianjur, Adang Sumaryadi mengatakan akan berupaya untuk memaksimalkan potensi di wilayah Selatan.

 

“Potensi wisatanya belum bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengakibatkan pengelolaannya sendiri di lakukan oleh masyarakat setempat. Tapi kita apresiasi masyarakat yang mau membantu mengexsplor potensi Cisel keluar,” terangnya.

 

Sebab belum maksimalnya pengembangan, diakuinya minimnya anggaran dan SDM, membuat peranan masyarakat pun dibutuhkan untuk membantu pemerintah. Apa yang dilakukan masyarakat yang tergabung dalam masyarakat peduli Cisel sangatlah bagus untuk memberitahukan potensi apa yang ada di Cisel.

 

“Dengan cara mengeksplorasi kemudian membagikan apa yang mereka miliki ke media sosial tentunya bisa mendatangkan pengunjung dari sejumlah daerah yang tertarik,” jelasnya.

Komentar