Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Lebaran, Objek Wisata Jangari Tak Luput dari Buruan

Apip Samlawi

Minggu, 10 Juli 2016 - 08:59 WIB

Pengunjung antre menaiki perahu tempel untuk berkeliling ke tengah danau, Sabtu (09/07/2016). (Foto:Apip Samlawi)
Pengunjung antre menaiki perahu tempel untuk berkeliling ke tengah danau, Sabtu (09/07/2016). (Foto:Apip Samlawi)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Objek wisata Jangari di Kecamatan Mande, Cianjur, sejak hari-H hingga H+4 Lebaran 1437 Hijriah, dipadati pengunjung baik domestik maupun luar negeri, khususnya wisatawan dari Timur Tengah. Para wisatawan pun tak hanya menghabiskan waktu dengan melihat-lihat pemandangan saja, namun antre naik perahu tempel buat menikmati pemandangan dari tengah Waduk Cirata.

Tentu saja, kondisi seperti ini membuat para pemilik perahu tempel di Objek wisata Jangari, Waduk Cirata meraup untung berlipat-lipat dari hari biasanya. Karena membludaknya para penumpang yang ingin berkeliling danau dengan menaiki perahu mereka.

Menurut Mamay (44), salah seorang pemilik perahu tempel asal Jangari, sebetulnya tak hanya di saat seperti sekarang (Lebaran) saja, ramainya pengunjung yang datang ke objek wisata Jangari. Namun pada momen lainnya pun seperti menjelang bulan puasa (Papajar, red) dan pergantian tahun baru serta perayaan hari besar nasional (17 Agustus) juga ramai.

"Sedangkan, setelah Lebaran bisa dikatakan paling banyak pengunjung ke tempat wisata Jangari. Dibanding hari-hari lainnya, karena setelah Lebaran mungkin banyak masyarakat yang mudik dan membawa keluarganya rekreasi. Ditambah lagi adanya orang asing (Arab) yang sengaja liburan ke Indonesia, hingga banyak beberapa rombongan orang Arab yang naik perahu tempel memutar ke tengah danau," bebernya, Sabtu (09/07/2016).

Dia pun mengaku, hanya memiliki satu unit perahu tempel saja. Tetapi disaat pengunjung ramai seperti ini, terkadang ingin memiliki lebih dari satu.

”Saya hanya memiliki satu perahu tempel, tapi kalau melihat suasana seperti sekarang, kadang ingin punya perahu tempel dua atau tiga,” aku Mamay.

Disaat musim liburan seperti Lebaran sekarang, ungkap Mamay, dirinya bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan ribu dengan jasanya menarik penumpang (wisatawan, red) dengan perahu tempelnya berkeliling memutari Waduk Cirata sampai ke tengah danau.

"Mampu meraup keuntungan antara Rp 500 ribu sampai Rp 750 ribu per harinya, karena setiap penyewa dikenakan tarif Rp 10 ribu per orangnya," ungkapnya.

Dengan begitu, dirinya pun bersyukur karena adanya objek wisata tersebut sehingga masyarakat setempat pun bisa mendapatkan pekerjaan.

Sementara itu, Ujang Syarif Hidayat (53), salah seorang wisatawan asal Kampung Nyomplong, Desa/Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, mengaku, dirinya bersama rombongannya sengaja datang berkunjung ke objek wisata Jangari. Karena objek wisata Jangari merupakan tempat wisata yang cukup menarik dan murah meriah, terjangkau oleh semua orang.

"Saya datang bersama rombongan keluarga hanya ingin makan bareng di pinggir danau sambil melihat suasana alam, fanorama genangan air Waduk Cirata di daerah Jangari ini,” aku Ujang.

Kalau takut naik perahu atau sekalipun tidak punya ongkos untuk naiknya, lanjutnya, maka cukup makan bareng saja di pinggir danau sambil melihat lalu lalang perahu tempel mengapung di tengah air danau dan bila wisatawan yang koceknya agak tebal, selain bisa naik perahu juga bisa makan di warung lesehan yang berjejer di pinggir danau. (rus)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…