Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Banyak Hajatan, Sanggar Seni Cianjur Banjir Pesanan

M. Arlan Akbar

Kamis, 27 Agustus 2015 - 15:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Bisnis dibidang industri kesenian ternyata cukup menjanjikan, selepas lebaran Idul Fitri hingga lebaran haji bahkan cendrung merupakan puncak ramainya undangan permintaan untuk manggung bagi para pelaku seni.

Diperkirakan pada bulan September hingga Oktober hajatan warga akan bertambah. Karenanya menjelang akhir tahun mereka bisanya disibukkan mempersiapkan penampilan dengan giat berlatih di sanggar kesenian.

Maya Anggraeni, Ketua Sanggar Seni Mekar Arum yang berlokasi di Desa maleber Kecamatan Karangtengah mengungkapkan, pada dasarnnya undangan gelaran kesenian untuk hajatan warga tidak terlepas dari kebutuhan pesanan, umumnya warga yang memesan berada di wilayah pingiran perkotaan Cianjur.

Maya menyebutkan, sejumlah tradisi masyarkat Cianjur yang digelar pada saat hajatan keluarga seperti kenduri, khitanan, walimatusaffar ataupun pinangan. Biasanya gelaran itu marak dilaksanakan sebulan setelah berlebaran.

“Biasanya pesiapan untuk pentas seni, penyelenggara melakukan konfirmasi dulu kepada sanggar, gelar tradisi apa saja  yang akan ditampilakan sebagai hiburan.

Kalau lagi ramai, dalam sehari minimal bisa mencapai dua kali pentas di acara hajatan. Malah kaalu di bulan September-Oktober dalam seminggu taksiran bisa sampai empat atau enam kali pentas mangung kesenian. Soal pemasukan ya lumayan juga, kotornya bisa mencapai Rp5-10 juta,” paparnya.

Terpisah, Yudi Efendi (48), Kelompok Sanggar Kesenian Sunda Rancingeus yang berlokasi di Kampung Mekarmulya, Desa Kertajaya, Kecamatan Tanggeung menjelaskan, pada pertengahan tahun antara bulan Agustus-Oktober boleh dikatakan order undangan pada umumnya ada dan sudah terjadwal. Untuk kesenian yang biasa ditampilkan, tidak hanya kreasi kesenian saja, tapi acara musik kolaborasi elektone dengan seni Sunda pun ada.

“Biasanya karena tradisi di bulan Syawal hingga Safar pihak keluarga banyak yang menggelar pernikahan jadi ramai yang mengundang untuk tampil. Begitu juga untuk acara Agustusan saat show ke kampung-kampung menyambut penutupan lomba,” ujarnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 29 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 34 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 24 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…