Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Banyak Hajatan, Sanggar Seni Cianjur Banjir Pesanan

M. Arlan Akbar

Kamis, 27 Agustus 2015 - 15:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Bisnis dibidang industri kesenian ternyata cukup menjanjikan, selepas lebaran Idul Fitri hingga lebaran haji bahkan cendrung merupakan puncak ramainya undangan permintaan untuk manggung bagi para pelaku seni.

Diperkirakan pada bulan September hingga Oktober hajatan warga akan bertambah. Karenanya menjelang akhir tahun mereka bisanya disibukkan mempersiapkan penampilan dengan giat berlatih di sanggar kesenian.

Maya Anggraeni, Ketua Sanggar Seni Mekar Arum yang berlokasi di Desa maleber Kecamatan Karangtengah mengungkapkan, pada dasarnnya undangan gelaran kesenian untuk hajatan warga tidak terlepas dari kebutuhan pesanan, umumnya warga yang memesan berada di wilayah pingiran perkotaan Cianjur.

Maya menyebutkan, sejumlah tradisi masyarkat Cianjur yang digelar pada saat hajatan keluarga seperti kenduri, khitanan, walimatusaffar ataupun pinangan. Biasanya gelaran itu marak dilaksanakan sebulan setelah berlebaran.

“Biasanya pesiapan untuk pentas seni, penyelenggara melakukan konfirmasi dulu kepada sanggar, gelar tradisi apa saja  yang akan ditampilakan sebagai hiburan.

Kalau lagi ramai, dalam sehari minimal bisa mencapai dua kali pentas di acara hajatan. Malah kaalu di bulan September-Oktober dalam seminggu taksiran bisa sampai empat atau enam kali pentas mangung kesenian. Soal pemasukan ya lumayan juga, kotornya bisa mencapai Rp5-10 juta,” paparnya.

Terpisah, Yudi Efendi (48), Kelompok Sanggar Kesenian Sunda Rancingeus yang berlokasi di Kampung Mekarmulya, Desa Kertajaya, Kecamatan Tanggeung menjelaskan, pada pertengahan tahun antara bulan Agustus-Oktober boleh dikatakan order undangan pada umumnya ada dan sudah terjadwal. Untuk kesenian yang biasa ditampilkan, tidak hanya kreasi kesenian saja, tapi acara musik kolaborasi elektone dengan seni Sunda pun ada.

“Biasanya karena tradisi di bulan Syawal hingga Safar pihak keluarga banyak yang menggelar pernikahan jadi ramai yang mengundang untuk tampil. Begitu juga untuk acara Agustusan saat show ke kampung-kampung menyambut penutupan lomba,” ujarnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.

Cianjur Euy 24/04/2018 20:53 WIB

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.