Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Beriman Tinggalkan Demokrat! Bawa Bendera Golkar-PKB-PBB

Putra Lugina Sukma

Rabu, 29 Juli 2015 - 00:13 WIB

foto: beritacianjur.com/angga purwanda
foto: beritacianjur.com/angga purwanda
A A A

Hubungan mesra pasangan Calob Bupati/Wakil Bupati (Cabup/Cawabup), Irvan Rifano Muchtar (IRM)-Herman Suherman (HS) dengan pengurus Partai Demokrat sebagai pengusungnya, berakhir tragis.

Menyusul sikap ngotot pengurus DPP Partai Demokrat yang enggan merestui pencalonan dirinya dan menghendaki komposisi pasangan berbeda, pasangan yang dikenal dengan tagline Bersama Irvan Rifano Muchtar-Herman Suherman (Beriman) ini akhirnya memutuskan meninggalkan Partai Demokrat. Untuk dapat mengikuti Pilkada Cianjur 2015 nanti, keduanya memilih menggunakan koalisi Golkar, PKB , dan PBB sebagai perahu pengusungnya.

Puncak konflik kepentingan politik kedua pihak itu terjadi saat masa pendaftaran cabup/cawabup dari unsur partai politik (parpol) memasuki hari terakhir, Selasa kemarin (28/7). Paslon Beriman mendaftarkan diri ke KPU Cianjur dengan menggunakan perahu koalisi Golkar, PKB, dan PBB.

Untuk memberikan kesan berbeda di mata masyarakat Cianjur, sebelum resmi mendaftarkan pencalonan dirinya ke KPU Cianjur, kubu Paslon Beriman sengaja menyiapkan sejumlah acara penting yang dikemas apik hingga mampu mencerminkan visi dan misi pencalonan.

Setelah selesai acara deklarasi dukungan parpol yang dipusatkan di kantor DPD Partai Golkar di bilangan Jalan Siliwangi, sekitar pukul 11.04 WIB Paslon Beriman melakukan longmarch menuju Masjid Agung Cianjur untuk melakukan sholat dzuhur berjamaah bersama ribuan masa pendukungnya.

Di bagian depan arak-arakan ribuan masa tampak  hadir para petinggi pendukung, seperti Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur Ade Barkah Surachman, Ketua DPC PKB Kabupaten Cianjur Levi a Frimansyah, Ketua Majlis Pertimbangan DPC PBB Kabupaten Cianjur Muhamad Toha, dan Ketua PlT DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh.

Persis saat memasuki waktu sholat dzuhur, Paslon Beriman bersama ribuan pendukungnya mengikuti sholat berjamaah yang pimpin langsung Tjetjep Muchtar Soleh sebagai imam. Sementara Irvan Rifano Muchtar dan Herman Suherman berada shafpertama. Usai sholat dzuhur berjamaah, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin imam Masjid Agung Cianjur, RD Muhdiyin

Sekitar pukul 13.00 WIB, Paslon Beriman dan ribuan masa pendukungnya siap-siap berangkat menuju kantor KPU Cianjur. Ribuan masa ini berkumpul di areal parkir masjid. Menariknya, seluruh tim pasangan ini terlihat kompak mengenakan baju putih dilengkapi pin merah berlambang padi yang selama ini dikenal sebagai ciri khas Ade Barkah sebagai bakal calon bupati dari Partai Golkar.

Pendaftaran Paslon Beriman terasa lebih lengkap dengan tampilnya rombongan drumband, kasidah, club motor, dan atraksi tukang becakdi tengah kerumunan ribuan masa yang jalan perlahan menuju ke kantor KPU. Karuan saja, arak-arakan ini mengundang perhatian warga di sepanjang jalan yang dilalui rombongan, hingga lalu lintas sempat mengalami macet total selama hampir satu jam.

Paslon Berimab dan rombongan tiba  di kantor KPU pukul 12.43 WIB. Disini, rombongan kembali disambut simpatisan yang sudah menunggu sambil menyuguhkan musik dangdut sebagai hiburan.

Selanjutnya, Irvan Rifano Muchtar dan Herman Suherman masuk ruangan pendaftaran yanf telah disipakan KPU didampingi Ade Barkah Surachman, Lepi A Firmansyah, dan Tjetjtep Muchtar Sholeh.

Setelah dilakukan verifikasi atas persyaratan pencalonan, Komisioner KPU  tidak menemukan satupun kekurrangan yang harus diperbaiki atau dilengkapi. Sehingga demikian, pasangan ini dinyatakan lolos sebagai paslon Pilkada 2015 yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Usai daftar, pasangan bersama rombongan kembali pulang menuju Pendopo Pemkab Cianjur sekitar pukul 13.45 WIB.

Menurut Irvan, selama masa pencalonan ini, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada para simpatisan para partai pendukung. Sebab, hal itu merupakan bagian penting pencalonan dirinya.

“Ya, alhamdulilah sekarang sudah selesai tahapannya. Kami tinggal menunggu waktu kampanye saja dan sangat optimis bisa memenangkan pilbup apabila melihat dukungan lapisan masyarakat yang luar biasa besar,” ujarnya.

Dikatakan, meski hanya didukung koalisi parpol yang ramping, itu tidak membuat optimisme dirinya menurun. Sebab, kemenanggan bukan ditentukan oleh gemuknya dukungan parpol, melainkan kekompakan tim yang bekerja di lapangan.

“Kita masih optimis sekalipun didukung dengan parpol yang tidak banyak. Hanya tinggal mengaktifkan saja para tim di bawah,” ujarnya. (Putra Lugina Sukma/"BC")

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 8 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.