Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Beriman Tinggalkan Demokrat! Bawa Bendera Golkar-PKB-PBB

Putra Lugina Sukma

Rabu, 29 Juli 2015 - 00:13 WIB

foto: beritacianjur.com/angga purwanda
foto: beritacianjur.com/angga purwanda
A A A

Hubungan mesra pasangan Calob Bupati/Wakil Bupati (Cabup/Cawabup), Irvan Rifano Muchtar (IRM)-Herman Suherman (HS) dengan pengurus Partai Demokrat sebagai pengusungnya, berakhir tragis.

Menyusul sikap ngotot pengurus DPP Partai Demokrat yang enggan merestui pencalonan dirinya dan menghendaki komposisi pasangan berbeda, pasangan yang dikenal dengan tagline Bersama Irvan Rifano Muchtar-Herman Suherman (Beriman) ini akhirnya memutuskan meninggalkan Partai Demokrat. Untuk dapat mengikuti Pilkada Cianjur 2015 nanti, keduanya memilih menggunakan koalisi Golkar, PKB , dan PBB sebagai perahu pengusungnya.

Puncak konflik kepentingan politik kedua pihak itu terjadi saat masa pendaftaran cabup/cawabup dari unsur partai politik (parpol) memasuki hari terakhir, Selasa kemarin (28/7). Paslon Beriman mendaftarkan diri ke KPU Cianjur dengan menggunakan perahu koalisi Golkar, PKB, dan PBB.

Untuk memberikan kesan berbeda di mata masyarakat Cianjur, sebelum resmi mendaftarkan pencalonan dirinya ke KPU Cianjur, kubu Paslon Beriman sengaja menyiapkan sejumlah acara penting yang dikemas apik hingga mampu mencerminkan visi dan misi pencalonan.

Setelah selesai acara deklarasi dukungan parpol yang dipusatkan di kantor DPD Partai Golkar di bilangan Jalan Siliwangi, sekitar pukul 11.04 WIB Paslon Beriman melakukan longmarch menuju Masjid Agung Cianjur untuk melakukan sholat dzuhur berjamaah bersama ribuan masa pendukungnya.

Di bagian depan arak-arakan ribuan masa tampak  hadir para petinggi pendukung, seperti Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur Ade Barkah Surachman, Ketua DPC PKB Kabupaten Cianjur Levi a Frimansyah, Ketua Majlis Pertimbangan DPC PBB Kabupaten Cianjur Muhamad Toha, dan Ketua PlT DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh.

Persis saat memasuki waktu sholat dzuhur, Paslon Beriman bersama ribuan pendukungnya mengikuti sholat berjamaah yang pimpin langsung Tjetjep Muchtar Soleh sebagai imam. Sementara Irvan Rifano Muchtar dan Herman Suherman berada shafpertama. Usai sholat dzuhur berjamaah, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin imam Masjid Agung Cianjur, RD Muhdiyin

Sekitar pukul 13.00 WIB, Paslon Beriman dan ribuan masa pendukungnya siap-siap berangkat menuju kantor KPU Cianjur. Ribuan masa ini berkumpul di areal parkir masjid. Menariknya, seluruh tim pasangan ini terlihat kompak mengenakan baju putih dilengkapi pin merah berlambang padi yang selama ini dikenal sebagai ciri khas Ade Barkah sebagai bakal calon bupati dari Partai Golkar.

Pendaftaran Paslon Beriman terasa lebih lengkap dengan tampilnya rombongan drumband, kasidah, club motor, dan atraksi tukang becakdi tengah kerumunan ribuan masa yang jalan perlahan menuju ke kantor KPU. Karuan saja, arak-arakan ini mengundang perhatian warga di sepanjang jalan yang dilalui rombongan, hingga lalu lintas sempat mengalami macet total selama hampir satu jam.

Paslon Berimab dan rombongan tiba  di kantor KPU pukul 12.43 WIB. Disini, rombongan kembali disambut simpatisan yang sudah menunggu sambil menyuguhkan musik dangdut sebagai hiburan.

Selanjutnya, Irvan Rifano Muchtar dan Herman Suherman masuk ruangan pendaftaran yanf telah disipakan KPU didampingi Ade Barkah Surachman, Lepi A Firmansyah, dan Tjetjtep Muchtar Sholeh.

Setelah dilakukan verifikasi atas persyaratan pencalonan, Komisioner KPU  tidak menemukan satupun kekurrangan yang harus diperbaiki atau dilengkapi. Sehingga demikian, pasangan ini dinyatakan lolos sebagai paslon Pilkada 2015 yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Usai daftar, pasangan bersama rombongan kembali pulang menuju Pendopo Pemkab Cianjur sekitar pukul 13.45 WIB.

Menurut Irvan, selama masa pencalonan ini, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada para simpatisan para partai pendukung. Sebab, hal itu merupakan bagian penting pencalonan dirinya.

“Ya, alhamdulilah sekarang sudah selesai tahapannya. Kami tinggal menunggu waktu kampanye saja dan sangat optimis bisa memenangkan pilbup apabila melihat dukungan lapisan masyarakat yang luar biasa besar,” ujarnya.

Dikatakan, meski hanya didukung koalisi parpol yang ramping, itu tidak membuat optimisme dirinya menurun. Sebab, kemenanggan bukan ditentukan oleh gemuknya dukungan parpol, melainkan kekompakan tim yang bekerja di lapangan.

“Kita masih optimis sekalipun didukung dengan parpol yang tidak banyak. Hanya tinggal mengaktifkan saja para tim di bawah,” ujarnya. (Putra Lugina Sukma/"BC")

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?