Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Ubah Hobi Membaca Jadi Peluang Usaha

Rifqi Dahwan Aziz

Jumat, 22 Juli 2016 - 16:00 WIB

Pemilik Taman Bacaan Blues, Henry. (Foto : BC/Rifqi Dahwan)
Pemilik Taman Bacaan Blues, Henry. (Foto : BC/Rifqi Dahwan)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Setiap orang pasti mempunyai kegemaran atau hobi masing-masing. Jika kesukaan itu bisa menjadi pekerjaan sehari-hari, tentunya akan menjadi lebih menyenangkan lagi untuk dijalani.

Begitu pula dengan Henry, pria asal Cianjur ini punya hobi yang tak kalah menariknya, yakni membaca dan mengoleksi banyak buku merupakan kegemarannya terutama buku komik.

Semakin banyak buku yang ia punya, membuatnya berpikir untuk menjadikan hobinya tersebut dijadikan peluang bisnis.

"Awalnya sih dimulai dari hobi membaca dan mengumpulkan komik saja. Sebab, saat itu taman bacaan di Cianjur belum cukup banyak dan pasarnya juga masih bagus, kalau hobi ini bisa dijadikan ladang penghasilan, kenapa tidak?" Kenangnya saat ditemui "BC", Kamis lalu (21/7/2016).

Dari situlah lahir taman baca Blues yang dirintisnya sejak 2005, di bilangan Jalan Siliwangi, Cianjur. Di taman baca inipun selain tersedia komik juga novel dan majalah yang disewakan dengan harga relatif terjangkau dibandingkan dengan membeli sendiri.

Malahan, taman baca Blues pun menjual mainan action figure dari karakter anime Jepang beserta aksesoris bertajuk anime Jepang lainnya.

Demi memanjakan para pengunjung, di taman baca ini juga menyajikan beragam menu makanan dan minuman sekaligus tempat yang cukup nyaman untuk membaca.

Hampir setiap harinya, tempat yang memiliki ribuan buku inipun selalu ramai dikunjungi dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

"Kalau anggota yang terdaftar (member, red) sudah lumayan banyak. Tapi dari dulu sampai sekarang, untuk anggota yang aktif kurang lebih sebanyak seratur orang per hari," ungkapnya.

Namun, seiring pesatnya kemajuan teknologi, manusia pun semakin dimanjakan dan dibuat malas bila digunakan dengan tidak bijak terutama teknologi jaringan internet yang memberikan kemudahan mengakses informasi secara luas dan cepat.

Seperti dengan kian banyaknya ditemui buku digital (e-book) terutama bacaan komik di dunia maya contohnya. Meskipun bagi sebagian orang masih lebih menggemari dengan membaca buku pada umumnya.

"Kalau dilihat, minat baca di Cianjur sendiri sih tinggi. Tapi bacanya bukan buku fisik melainkan secara online di internet . Tapi tetap tidak terlalu mempengaruhi hasil keuntungan yang saya peroleh selama ini," terangnya.

Pria yang akrab disapa Hao ini menambahkan, adanya penerbit yang masih mencetak ulang secara terus-menerus buku-buku lama membuat nilai dari buku lama tersebut turun.

"Yang saya maksud, turunnya nilai buku di sini, bukan dari harganya. Melainkan nilai kelangkaan dari buku itu sendiri," tukasnya. (rus)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…