Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Tawuran Pelajar Dipicu Kebiasaan 'Bergerombol'

Asri Fatimah

Kamis, 27 Agustus 2015 - 12:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Kenakalan pelajar dipicu oleh kebiasan bergerombol (geng) sehingga memantik amarah kolektif. Hal tersebut mudah dilihat dari maraknya aksi tawuran dengan melibatkan pelajar dalam jumlah yang banyak.

Sinyalemen itu disampaikan oleh Aat Atika yang aktif sebagai Tenaga Kesejahteraan  Sosial Kecamatan (TKSK) Cipanas, ia menyebutkan tawuran pelajar dilakukan antar sekolah. Tradisi berkelompok itu menyulut aksi brutal meskipun berawal dari hal sepele.

Sifat baik menjadi berubah seketika, tambah Aat, soalnya ajakan temannya mendorong untuk bertindak diluar nalar. Disaat bersamaan karena dilakukan banyak orang kemudian menumbuhkan semangat peperangan dalam bentuknya yang paling sederhana yaitu tawuran tadi.

Aat menyarankan agar disekolah itu siswa memperoleh pelajaran mengenai bimbingan sosial guna meminimalisir kenakalan dikalangan mereka. Selain itupun baik guru di sekolah maupun orangtua di rumah harus mampu memberikan teladan yang baik.

"Semau pihak juga harusnya terlibat dalam memerangi kenakalan remaja, terlebih saat ini terus meningkat di Cipanas ini, Hal itu terjadi seiring dengan semakin maraknya pergaulan bebas," ungkapnya kemarin (25/8).

Tika, demikian akrab disapa, mengingatkan agar pihak sekolah tidak dengan mudah menerapkan sanksi  drop out (DO) terhadap siswa yang diketahui melakukan tindakan tidak terpuji. Pasalnya, setelah siswa tadi diberhentikan dari sekolahnya akan mengakibatkan anak tersebut merasa dibuang dan melakukan aksi jalanan.

“Mending jika kenakalannya tidak mengjak orang lain, karena budaya geng ini biasanya meskipun dirinya sudah dikeluarkan, dirinya tetap mengajak teman satu gengnya sekalipun temannya masih diperbolehkan sekolah,” tukasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 10 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Peringati HJK 2017 Kodim 0608 Cianjur Gelar Kegiatan Sosial

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur melaksanakan berbagai kegaiatan sosial untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Aktualita 13/12/2017 07:23 WIB

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.