Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Tawuran Pelajar Dipicu Kebiasaan 'Bergerombol'

Asri Fatimah

Kamis, 27 Agustus 2015 - 12:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Kenakalan pelajar dipicu oleh kebiasan bergerombol (geng) sehingga memantik amarah kolektif. Hal tersebut mudah dilihat dari maraknya aksi tawuran dengan melibatkan pelajar dalam jumlah yang banyak.

Sinyalemen itu disampaikan oleh Aat Atika yang aktif sebagai Tenaga Kesejahteraan  Sosial Kecamatan (TKSK) Cipanas, ia menyebutkan tawuran pelajar dilakukan antar sekolah. Tradisi berkelompok itu menyulut aksi brutal meskipun berawal dari hal sepele.

Sifat baik menjadi berubah seketika, tambah Aat, soalnya ajakan temannya mendorong untuk bertindak diluar nalar. Disaat bersamaan karena dilakukan banyak orang kemudian menumbuhkan semangat peperangan dalam bentuknya yang paling sederhana yaitu tawuran tadi.

Aat menyarankan agar disekolah itu siswa memperoleh pelajaran mengenai bimbingan sosial guna meminimalisir kenakalan dikalangan mereka. Selain itupun baik guru di sekolah maupun orangtua di rumah harus mampu memberikan teladan yang baik.

"Semau pihak juga harusnya terlibat dalam memerangi kenakalan remaja, terlebih saat ini terus meningkat di Cipanas ini, Hal itu terjadi seiring dengan semakin maraknya pergaulan bebas," ungkapnya kemarin (25/8).

Tika, demikian akrab disapa, mengingatkan agar pihak sekolah tidak dengan mudah menerapkan sanksi  drop out (DO) terhadap siswa yang diketahui melakukan tindakan tidak terpuji. Pasalnya, setelah siswa tadi diberhentikan dari sekolahnya akan mengakibatkan anak tersebut merasa dibuang dan melakukan aksi jalanan.

“Mending jika kenakalannya tidak mengjak orang lain, karena budaya geng ini biasanya meskipun dirinya sudah dikeluarkan, dirinya tetap mengajak teman satu gengnya sekalipun temannya masih diperbolehkan sekolah,” tukasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 11 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Aktualita 14 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.

Cianjur Euy 21/05/2018 21:09 WIB

Rahasia & Hikmah Puasa Rhamadhon

PUASA Rhamadan merupakan salah satu rukun Islam yang ke 4, hingga wajib dilaksanakannya seluruh orang yang beriman dan bertaqwa. Dalam ibadah puasa rhamadan banyak hikmah yang perlu diketahui seluruh…

Aktualita 21/05/2018 08:00 WIB

Bupati dan Wabup Diduga Terima Jatah

TERUNGKAP, Bupati dan Wakil Bupati Cianjur diduga kuat ikut mencicipi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) senilai Rp1,5 miliar. Benarkah?

Aktualita 21/05/2018 07:55 WIB

Bupati Berhentikan Aban sebagai Plt Sekda

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar kembali mengeluarkan sebuah kebijakan yang membuat terkesima Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 21/05/2018 06:03 WIB

Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!

PEMBANGUNAN Tugu Mangkok Bubur Ayam di persimpangan Kantor Kecamatan Pacet disoal, masyarakat menilai pembangunan tugu itu asal-asalan dan tidak melihat unsur filosofi suatu daerah.

Cianjur Euy 20/05/2018 21:06 WIB

Disdukcapil Maksimalkan Perekaman e-KTP bagi Kaum Disabilitas

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)Kabupaten Cianjur terus berupaya melengkapi data administrasi kependudukan para penyandang disabilitas itu agar mereka bisa menyalurkan hak suara pada…