Rabu, 18 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

7 Tanda Serangan Jantung Saat Usia Muda

Rifqi Dahwan Aziz

Selasa, 02 Agustus 2016 - 09:00 WIB

Ilustrasi Serangan Jantung (Foto : Merdeka.com)
Ilustrasi Serangan Jantung (Foto : Merdeka.com)
A A A

BERITACIANJUR.COM - Selain kanker, serangan jantung menjadi penyakit membahayakan yang patut untuk diwaspadai. Sebab datangnya tidak diduga dan sering kali menimbulkan bahaya fatal.

Meskipun kedatangan serangan jantung tak bisa diprediksi, namun kamu bisa melakukan tindakan preventif dengan mengenali gejalanya sejak dini seperti berikut ini seperti.

1. Sesak di dada
Kamu sering merasakan sesak di dada disertai dengan sensasi seperti terbakar? Itu adalah salah satu tanda serangan jantung yang paling umum. Dan segera periksakan ke dokter saat kamu mengalaminya.

2. Mudah lelah
Serangan jantung sering ditandai dengan mudah lelah namun tanpa alasan yang jelas. Dan biasanya tanda ini muncul sebulan sebelum serangan jantung menimpa kamu.

3.Gampang meriang
Tubuh yang meriang seringkali kamu rasakan saat kamu akan pilek atau flu. Namun saat kamu tiba-tiba gampang meriang tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu adalah tanda dari serangan jantung. Hal ini disebabkan karena jantung tidak menerima cukup oksigen yang kemudian berpengaruh ke sistem kekebalan tubuh.

4. Bengkak
Jika kamu melihat ada beberapa bagian tubuh yang membengkak seperti kaki, perut, atau tangan, mungkin itu adalah tanda dari gejala serangan jantung. Pembengkakan ini terjadi karena jantung yang tidak bisa memompa darah dengan baik.

5. Sesak napas
Ketika kinerja jantung melemah, maka suplai darah ke paru-paru tidak bisa berlangsung dengan maksimal. Hasilnya kamu akan mengalami sesak napas.

6. Mudah pusing
Kamu seringkali merasa pusing tanpa alasan yang jelas? Hal ini bisa menjadi tanda serangan jantung sebab kinerja jantung melemah yang kemudian tidak bisa memasok darah ke otak dengan baik dan membuatmu merasa pusing.

7. Mual
Terakhir, mual juga bisa menjadi tanda awal dari serangan jantung. Mual ini seringkali disertai dengan mulas dan berlangsung secara konstan.

Jadi, kamu sering mengalami tanda di atas. Berhati-hatilah, sebab bisa jadi itu adalah tanda dari serangan jantung. Sebenarnya kamu bisa mencegahnya dengan selalu menerapkan pola hidup sehat dan menjauhi gaya hidup pencetus serangan jantung. (merdeka.com)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Jawaban Eksekutif Dinilai Ngaco

SETELAH kejanggalan pada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 dibongkar, kini jawaban eksekutif dianggap makin janggal. Benarkah?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Camat : Kalau Tutup Bakal Banyak "Korban"

PEMERINTAH Kecamatan Ciranjang bersama Desa Cibiuk, Selasa (17/7) menggelar musyawarah, mengupayakan pembatalan penutupan perusahaan PT Three Six World oleh pihak pemilik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Kasus Galian C Pasir Lemu Ditangani Polres

KASUS tewasnya operator alat berat di lokasi galian C Kampung Pasir Lemu, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur ditangani aparat Polres Cianjur.

Cianjur Euy 15 jam yang lalu

Gedung PLN Cianjur di Duduki Pengunjukrasa

TIM Peduli Advokasi Kemanusiaan beserta sejumlah elemen masyarakat mendatangi Kantor PT PLN (Persero) Area Cianjur, Selasa (17/7/2017).

Aktualita 17/07/2018 07:00 WIB

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 17/07/2018 06:55 WIB

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 16/07/2018 22:10 WIB

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:09 WIB

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 16/07/2018 22:08 WIB

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.