Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Tantangan Wajar 12 Tahun di Daerah Terpencil

Zulfah Robbania

Kamis, 27 Agustus 2015 - 13:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Tahun ini Indonesia pemerintah Indonesia telah meluncurkan Program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun.Program ini diperuntukkan bagi seluruh generasi anak bangsa di seluruh Indonesia tanpa terkecuali.

Lead Advisor on Regional Programs and Basic Education, Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) Indonesia, Basilius Bengoteku mengatakan, untuk menerapkan Wajar 12 Tahun itu ternyata masih banyak tantangannya.

"Terutama di tingkatan sekolah dasar daerah pedesaan dan daerah terpencil," ujar pria yang biasa disapa Bas ini saat Diskusi Ahli dan Tukar Pendapat tentang Wajar 12 Tahun bertema 'Strategi Percepatan Pendidikan Dasar di Pedesaan dan Daerah Terpencil: Penggunaan Bahasa Ibu sebagai Bahasa Pengantar di Kelas-kelas Awal," di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (26/8).

Menurut Bas, putus sekolah dan tidak mendaftar sekolah merupakan kendala utama untuk mencapai program itu. Karena itu, jutaan anak usia sekolah pun terpaksa tidak bersekolah. Ia mengungkapkan, terdapat banyak faktor yang mengakibatkan kondisi tersebut.

“Faktor terjadinya kondisi demikian karena banyak anak yang berada dalam lingkungan kemiskinan.Jauhnya jarak sekolah dengan tempat tinggal juga menyebabkan situasi itu terjadi,” paparnya.

Selain itu, rendahnya kualitas pendidikan anak juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.Oleh sebab itu, pihak manapun seringkali menemukan anak-anak di daerah tersebut yang tidak bersekolah.

“Kondisi guru juga menjadi salah satu penyebabnya.Karena, guru-guru di daerah cenderung lebih kurang pendidikan.Misal, mereka hanya berpendidikan SMA,” ungkapnya.

Kemudian, Bas juga menerangkan, banyak sekolah di daerah yang mengalami kekurangan sumber daya.Ia menegaskan, kekurangannya lebih parah dibandingkan di perkotaan. Menurutnya, hal ini terungkap pada penilaian pembelajarannya yang relatif buruk.Misal, lanjut dia, penilaian membaca di kelas-kelas awal. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 13 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 14 menit yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 15 menit yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 17 menit yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 14 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.