Sabtu, 21 Oktober 2017 - Pukul 07:59

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

104 Siswa Perebutkan Piala Mendikbud

Oleh: Zulfah Robbania - Kamis 27 Agustus 2015 | 13:00 WIB

104 Siswa Perebutkan Piala Mendikbud

net

BERITACIANJUR.COM – Sebanyak 104 pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dari 27 provinsi di Tanah Air bersaing memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dalam lomba cerdas cermat yang digelar di Museum Nasional Jakarta, 25-26 Agustus 2015.

 

"Di Indonesia ada sekitar 39.000 SMP dan anda merupakan pelajar yang terpilih dari tujuh juta pelajar SMP," ujar Mendikbud Anies Baswedan, saat memberi sambutan pembukaan Cerdas Cermat Kebudayaan Tingkat Nasional untuk SMP/MTs di Jakarta, Rabu.

 

Mendikbud mengatakan para pelajar yang ikut dalam kompetisi tingkat nasional tersebut perlu berbangga karena terpilih dari sekian banyak pelajar di Tanah Air. Dalam perlombaan tersebut, lanjut Anies, sekaligus pelajar dapat merayakan dan merasakan kebhinekaan budaya yang beraneka ragam.

 

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi lokomotif kebhinekaan Indonesia," harap dia.

 

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud, Kacung Marijan, mengatakan kegiatan tersebut merupakan pertama kalinya diadakan. "Kompetisi ini memperebutkan piala bergilir Mendikbud.Piala tersebut baru akan diberikan kepada pemenang yang mendapat juara tiga kali berturut-turut," kata Kacung.

 

Kepala Museum Nasional, Intan Mardiana, mengatakan lomba tersebut membantu siswa mengingat sekaligus memahami mengenai museum termasuk sejarah dan perjuangan bangsa, dibanding sering berkunjung biasa.

 

"Sehingga diharapkan akan membentuk generasi kreatif dan inovatif," kata Intan.

 

Materi lomba cerdas cermat tersebut meliputi pengetahuan kebudayaan, perjuangan bangsa dan permuseuman. (net)

Komentar