Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:48

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Gunung Bromo Berniat Mencontoh Wisata Gunung Padang

Oleh: M.Arlan Akbar - Minggu 07 Agustus 2016 | 12:29 WIB

Gunung Bromo Berniat Mencontoh Wisata Gunung Padang

Wisata Gunung Padang Cianjur (Foto : su.wikipedia.org)

BERITACIANJUR.COM – Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengadakan studi ke DPRD Cianjur. Tujuannya untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pengelolaan pariwisata yang paling banyak diminati.

 

Hal yang paling banyak dibahas berkaitan dengan pengelolaan wisata Gunung Padang yang disandingkan dengan wisata Gunung Bromo Jawa Timur. Baik berkenaan dengan anggaran wisata maupun produk yang menunjang iklim pariwisata.

 

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD  Pasuruan, Ikhwan mengungkapkan, pihaknya akan menyarankan kepada kepada Pemkab Pasuruan untuk mencontoh upaya yang dilakukan Pemkab Cianjur mengelola bidang pariwisata lokal.

 

"Temu sehari ini diarahkan demi meningkatkan investasi pariwisata Kabupaten Pasuruan yang didorong dinas terkait. Bagaimana masalah penganggaran wisata dilakukan Pemkab Cianjur, pengakumulasian hasil produk swasta dalam mendorong promosi dan lainnya sehingga lebih unggul," katanya kepada "BC", Jumat (05/08/2016).

 

Selain itu, pihaknya juga ingin membangun investasi bidang pariwisata ini supaya menjadi perhatian dengan kementerian pusat. Sama halnya yang dilaksanakan Pemkab Cianjur.

 

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, Dheni Lutfi Rahman menyatakan, ikhwal kunjungan kerja tim rombongan Komisi III Pasuruan menyangkut studi banding pengelolaan wisata Gunung Padang jika diterapkan disana. Kendala yang dihadapi Pemkab Pasuruan mengenai pengelolaan wisata Gunung Bromo yang belum optimal digarap. 

 

"Seperti apa Pemkab Cianjur sebagai pemilik wilayah berhasil memajukan promosi Gunung Padang hingga diketahui dunia dan masuk pada salah satu warisan budaya milik Unesco. Hal ini ingin diwujudkan Pemkab Pasuruan pada Gunung Bromo," katanya.

 

Sambung Dheni, karena Gunung Bromo merupakan destinasi tujuan wisata Indonesia yang berada pada empat kabupaten. Kami menyarankan agar Pemkab lebih berani dan gencar berpromosi melibatkan media massa dan sosial agar Gunung Bromo identik dengan Kabupaten Pasuruan.

 

"Apa yang dilakukan Pemkab Cianjur adalah aktif melaksanakan promosi lewat media. Tentunya bisa juga dijalankan pemerintah daerah atas pengelola Gunung Bromo. Sikap kita menggandeng peran kementerian tidak lepas dari upaya promosi," ujarnya.

 

Ditambahkannya, termasuk dalam pertemuan tersebut, yaitu bagaimana menggandeng peran pelaku seni budaya menggelar jadwal sebagai bagian promosi terhadap lokasi wisata.

 

"Kita juga sama dalam meningkatkan promosi akan menggelar jadwal kegiatan berupa helaran budaya di Gunung Padang dijadwalkan tahun 2017," ucapnya. (ree)

 

Komentar