Jumat, 26 Mei 2017 - Pukul 03:01

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Kesenian Lokal Harus Dilestarikan

Oleh: Misbah Hidayat - Minggu 07 Agustus 2016 | 14:30 WIB

Kesenian Lokal Harus Dilestarikan

BC/cr5

BERITACIANJUR.COM - Kepedulian masyarakat saat ini terhadap kebduayaanya sendiri mulai terkikis. Mereka lebih memilih mempelajari kesenian (Modern), bahkan bergaya hidup ke barat-baratan. Padahal, dengan minimnya kepedulian terhadap kesenian, lambat laun kesenian itu akan hilang.

 

Sekretaris Desa Batu Lawang, Kecamatan Cipanas, Cevi Zakaraia mengatakan, dalam upaya melestarikan kesenian lokal yang terdapat di wilayahnya, saat ini pemerintah desa (pemdes) terus berupa mendorong masyarakatnya yang peduli terhadap kesenian/budaya lokal untuk lebih berkreasi.

 

“Salah satu dukungan yang kami berikan selama ini, yakni dengan cara ikut mendorong pengembangan dan mempromosikannya ke masyarakat luas,” ujar Cevi Zakaria.

 

Pihaknya berharap, dengan adanya dukungan yang diberikan pemerintah desa, segala jenis kesenian lokal yang ada di Kabupaten Cianjur bisa terus di lestarikan. Meskipun dengan pesatnya persaiangan akibat kemajuan zaman seperti sekarang ini.

 

“Memang tidak bisa dipungkiri, dengan adanya kemajuan zaman seperti sekarang ini, saya lihat hanya segelintir masyarakat yang peduli terhadap kesenian/budaya lokal Cianjur,” katanya.

 

Sementara itu, salah seorang Budayawan, Poroy menilai, kepedulian pemerintah terhadap kesenian lokal yang ada di Cianjur di rasa masih minim. Hal itu terlihat dari belum meratanya fasilitas penunjang bagi para pelaku kesenian yang ada di Cianjur.

 

“Saya harap kedepan, Pemerintah Cianjur bisa lebih peduli terhadap kesenian/budaya agar kesenian/budaya lokal tidak hilang ditelan oleh zaman,” tandasnya. (bis)

Komentar