Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Heboh Batu Arca Cihea Yang Bisa 'Tumbuh' Membesar

Apip Samlawi

Kamis, 27 Agustus 2015 - 14:00 WIB

apip samlawi/'BC'
apip samlawi/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIHEA, – Batu mirip arca milik keluarga Sopian, warga  Kampung Cikananga RT. 03/04, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi. Awal ditemukan hanya sebesar betis orang dewasa dengan (berat 2 Kg). Setelah 25 tahun berada dirumahnya batu arca tersebut membesar --diperkirakan memiliki bobot 200 Kg. Karuan saja kejadian tersebut membuat heboh warga setempat.

Pemilik Batu mirip arca, Sopian (58), saat ditanya mengatakan, terjadinya fenomena batu yang terlihat tumbuh ini, ia beserta keluarga merasa aneh dan kaget, karena kejadian ini benar-benar langka.

Batu bisa membesar yang tadinya ditemukan pada tahun 1990 batu mirip arca itu kecil hanya sebesar betis orang dewasa, --yang bobotnya hanya sekitar 2 kg.

Namun setelah hampir menginjak usia 25 tahun, batu tersebut ditemukan sudah membesar dan tidak bisa diangkat orang dewasa, yang kini beratnya diperkirakan 2 kuintal.

"Batu mirip arca yang terlihat 5 susun ini awalnya ditemukan dipinggir jalan Kampung Bantar Honje, dibawa kerumah karena unik mirip arca hingga menjadi mainan anak-anak di rumah, karena bosan akhirnya disimpan dikamar tempat menyimpan beras. Namun saya merasa terkejut karena batu ini seperti tumbuh dan membesar, baik ukuran maupun beratnya," ucapnya. 

Sopian juga menambahkan, tumbuhnya batu arca ini tidak ia duga sebelumnya, karena ia sudah dua kali berpindah tempat tinggal. Namun setelah sopian kembali ke rumah asalnya, ia melihat batu mirip arca yang sejak dulu sering dijadikan main anak-anaknya menjadi membesar dan tidak bisa diangkat.

Anehnya lagi, dia merasakan sakit pinggang yang luar biasa, setelah ia memukul batu tersebut dengan gagang cangkul, dan tak kunjung sembuh. "Saat saya memukul kan gagang cangkul pada batu mirip arca ini, langsung pinggang saya mendadak sakit pinggang, dan saya merasa panik, karena skit pinggang ini tidak kunjung sembuh," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cihea, Supriatna, didampingi tokoh masyarakat lainnya, menjelaskan, memang benar adanya bahwa di Kampung Cikanangga ada batu mirip arca yang dihebohkan bisa tumbuh dan membesar dan memiliki kekuatan astral.

"Kejadian hal itu bisa saja terjadi. Karena Allah SWT maha kuasa, dengan adanya batu yang dianggap hidup dan memiliki kekuatan. Namun kami mohon jangan terlalu dibesar-besarkan, karena takut terjadi pada penyimpangan aqidah yang mengakibatkan syirik dan musrik," pungkasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 13 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tanki Senggol Sepeda Motor

RANI Nuraeni (28), warga Kampung Raksabala RT 002/009, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi harus mendapatkan perawatan dari tim medis, setelah motor yang dikendarainya tersempet sebuah truk pengangkut…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Wana Wisata Pokland Terus Berbenah

Meski Wana Wisata Pokland terbilang anyar, belum genap satu tahun, namun keberadaan wisata di Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur itu sudah bisa mencuri perhatian para wisatawan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Penyempitan Jalan dan Buruknya Drainase Disoal

PEMBANGUNAN ruas trotoar di Kabupaten Cianjur dikeluhkan pengendara dan pengguna jalan. Karena, pembangunan itu menyebabkan menyempitnya ruas jalan dan menimbulkan kemacetan.

Si Maung 08/12/2017 19:10 WIB

Segera Tiba di Bandung, Ini Gomez di Mata Essien

KEHADIRAN pelatih anyar Roberto Carlos Mario Gomez disambut baik para bobotoh dan jajaran pelatih, termasuk bintang Maung Bandung, Michael Essien.

Aktualita 08/12/2017 19:04 WIB

Sejarah Baru Dua Srikandi

SEJARAH baru di Kepolisian Resor Cianjur, seorang kapolres dipimpin oleh pejabat perempuan. Dia adalah AKBP Soliyah SIk MH yang menjadi Kapolres Cianjur menggantikan pejabat lama AKBP Arif Budiman SIk…