Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Heboh Batu Arca Cihea Yang Bisa 'Tumbuh' Membesar

Apip Samlawi

Kamis, 27 Agustus 2015 - 14:00 WIB

apip samlawi/'BC'
apip samlawi/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIHEA, – Batu mirip arca milik keluarga Sopian, warga  Kampung Cikananga RT. 03/04, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi. Awal ditemukan hanya sebesar betis orang dewasa dengan (berat 2 Kg). Setelah 25 tahun berada dirumahnya batu arca tersebut membesar --diperkirakan memiliki bobot 200 Kg. Karuan saja kejadian tersebut membuat heboh warga setempat.

Pemilik Batu mirip arca, Sopian (58), saat ditanya mengatakan, terjadinya fenomena batu yang terlihat tumbuh ini, ia beserta keluarga merasa aneh dan kaget, karena kejadian ini benar-benar langka.

Batu bisa membesar yang tadinya ditemukan pada tahun 1990 batu mirip arca itu kecil hanya sebesar betis orang dewasa, --yang bobotnya hanya sekitar 2 kg.

Namun setelah hampir menginjak usia 25 tahun, batu tersebut ditemukan sudah membesar dan tidak bisa diangkat orang dewasa, yang kini beratnya diperkirakan 2 kuintal.

"Batu mirip arca yang terlihat 5 susun ini awalnya ditemukan dipinggir jalan Kampung Bantar Honje, dibawa kerumah karena unik mirip arca hingga menjadi mainan anak-anak di rumah, karena bosan akhirnya disimpan dikamar tempat menyimpan beras. Namun saya merasa terkejut karena batu ini seperti tumbuh dan membesar, baik ukuran maupun beratnya," ucapnya. 

Sopian juga menambahkan, tumbuhnya batu arca ini tidak ia duga sebelumnya, karena ia sudah dua kali berpindah tempat tinggal. Namun setelah sopian kembali ke rumah asalnya, ia melihat batu mirip arca yang sejak dulu sering dijadikan main anak-anaknya menjadi membesar dan tidak bisa diangkat.

Anehnya lagi, dia merasakan sakit pinggang yang luar biasa, setelah ia memukul batu tersebut dengan gagang cangkul, dan tak kunjung sembuh. "Saat saya memukul kan gagang cangkul pada batu mirip arca ini, langsung pinggang saya mendadak sakit pinggang, dan saya merasa panik, karena skit pinggang ini tidak kunjung sembuh," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cihea, Supriatna, didampingi tokoh masyarakat lainnya, menjelaskan, memang benar adanya bahwa di Kampung Cikanangga ada batu mirip arca yang dihebohkan bisa tumbuh dan membesar dan memiliki kekuatan astral.

"Kejadian hal itu bisa saja terjadi. Karena Allah SWT maha kuasa, dengan adanya batu yang dianggap hidup dan memiliki kekuatan. Namun kami mohon jangan terlalu dibesar-besarkan, karena takut terjadi pada penyimpangan aqidah yang mengakibatkan syirik dan musrik," pungkasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 56 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 1 jam yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:05 WIB

‘Maling’ Kembalikan Barang Curiannya, Tetap Dihukum?

DUGAAN tindak pidana kegiatan pengadaan barang dan jasa fiktif di RSUD Sayang Cianjur, masih terus diselidiki Sat Reskrim Polres Cianjur.

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.