Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kapolres Cianjur: 'Gedung Baru' Mapolsek Tingkatkan Pelayanan

Rikki Yusup

Kamis, 27 Agustus 2015 - 13:30 WIB

rikki yusup/'BC'
rikki yusup/'BC'
A A A

CianjurBERITACIANJUR.COM - Setelah lama tak diperbaiki, gedung Mapolsek Ciranjang dilakukan renovasi untuk meningkatkan kinerja. Kini layaknya bangunan baru, Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahaya secara simbolis meresmikannya disaksikan unsur Muspida, 8 Kepala Desa di Ciranjang, tokoh masyarakat dan masyarakat umum.

Acara tersebut diawali dengan pementasan kesenian tradisional untuk menyambut tamu undangan mantan Kapolda Jabar Irjen (Purn.) Edi Garnadi. Kendati dikemas dengan sederhana namun kegiatan tersebut cukup menarik perhatian pengunjung. Tak ubah seperti gedung baru, kedepan Mapolsek Ciranjang bakal dijadikan proyek percontohan untuk yang lain.

Menurut Kapolsek Ciranjang, Kompol Nelson Siregar, menyatakan jika niatnya untuk merenovasi bangunan itu karena terinspisasi oleh cerita yang berkembang. Sebelumnya, jika memasuki musim hujan kerapkali bangunan bocor sehingga mengganggu kenyamanan bertugas. Tak ingin itu membuatkan kinerja menurun kemudian termotivasi untuk merenovasi beberapa ruangan.

“Kalau dengan ceritanya itukan disini itu kalau musim hujan, kondisinya banjir karena bocor gentengnya. Saya tersentuh untuk memberikan sesuatu yang bisa menigkatkan ketenangan dalam bekerja melayani masyarakat,” katanya.

Nelson menyebutkan hingga saat ini dana sebesar Rp. 40 juta sudah dihabiskan untuk renovasi pembangunan gedung ini. Bahkan, untuk seluruh personelnya turut membantu dalam proses pengerjaan bangunan. Sehingga tumbuh semangat kebersamaan dan rasa memiliki dalam sikap dan tindakan.

“Kalau untuk dana itu dari bantuan uang negara sebesar Rp. 25 juta sisanya kita bahu-membahu mengatasinya. Prinsipnya kita tidak menerima sepeserpun dari yang lain, inginnya untuk kemandirian hingga selesai bangunan ini. Selagi ada niat baik, kita percaya itu pasti ada jalan keluarnya,” ucap mantan Kapolsek Cibinong ini.

Sementara itu Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu membenarkan jika renovasi mapolsek dibiayai sebagian dari dana pemeliharaan dan perawatan. Pasalnya, beberapa bagian bangunan harus disentuh perbaikan agar bisa dipergunakan secara nyaman.

“Sebentar lagi itukan musim hujan jadi perlu bangunan yang nyaman agar lebih maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tidak semuanya diperbaiki namun ada beberapa bagian yang direnovasi,” bebernya.

Pihaknya mengapresiasi renovasi Mapolsek Ciranjang ini karena bisa dijadikan proyek percontohan untyuk yang lain. Apalagi keberadaanya berada di jalur urban memiliki titik strategis dari arah Sukabumi maupun Bandung.

“Tentu saja ini bisa dijadikan pilot project karena inikan polsek urban yang  menghubungkan wilayah Bandung maupun Sukabumi. Khususnya untuk pelayanan lalu-lintas bisa terlayani lebih baik lagi kedepan. Begitupun untuk polsek lainnya direncanakan untuk melakukan renovasi,” pungkasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 53 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 58 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…