Minggu, 17 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Tingginya Pekerja Perempuan, Berdampak Pada Kehidupan Sosial

Putra Lugina Sukma

Rabu, 10 Agustus 2016 - 10:00 WIB

Ketua Komnas Perlindungan Anak (KPA), Seto Mulyadi
Ketua Komnas Perlindungan Anak (KPA), Seto Mulyadi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Tingginya angka pekerja wanita di Indonesia justru membuat Komisi Perlindungan Anak (KPA) merasa khawatir. Pasalnya, hal itu bisa berdampak langsung terhadap tumbuh kembang anak dan kebiasaan barunya.

Ketua KPA Seto Mulyadi mengatakan, saat ini jumlah pekerja wanita meningkat hingga 65 persen dalam kurun waktu tiga tahun terakhir setelah berkembangnya perindustrian di semua daerah. Hal tersebut tentu berdampak jelas bagi kehidupan sosial termasuk terhadap wanita yang sudah memiliki anak.

"Dengan meningkatnya jumlah pekerja wanita, itu justru menimbulkan perubahan sosial. Coba bayangkan, di setiap satu perusahaan itu ada banyak kebiasaan yang di bawa dari tempat mereka masing-masing orang. Biasanya, setelah berkumpul, lebih terbawa kebiasaan orang yang kuat apalagi ke hal negatif," papar pria yang akrab disapa Kak Seto saat ditemui disela kegiatan di Cianjur, Selasa (9/8/2016).

Menurut Kak Seto, seiring dengan kebiasaan berprilaku setiap hari dalam menjalani rutinitas pekerjaan, ditambah jam kerja lebih banyak ketimbang jam keluarga, tentu akan berdampak negatif terhadap sosialisasi lingkungan rumah. Bahkan, tak sedikit yang membuat pasangan istri akhirnya nakal (selingkuh) dengan sesama pekerja dilingkungan perusahaan.

"Begini, kan kita itu banyak berinteraksi di siang hari. Sedangkan, siang hari kita dihabiskan dengan pekerjaan. Nah, di jam-jam ini kita rawan sekali adanya pemicu sosial khususnya bagi pasangan yang sudah menikah dan punya anak," ungkapnya.

Dengan adanya disfungsi sosial yang dibawa dari tempat kerja ke dalam rumah, kata Seto Mulyadi, hal itu akan mengubah suasana rumah terlihat hambar dengan mood pekerjaan yang di bawa kerumah. Dampaknya, anak menjadi tidak ter-urus dan sering gampang marah kepada anak bila membuat sedikit kesal.
 

"Tidak semua orang tua bisa mengatasi ini, mood negatif yang dibawa dari kantor ke rumah justru akan membuat suasan rumah tidak nyaman. Anak bikin kesal saja sedikit, dia akan dimarah-marahi. Padahal, tak banyak waktu untuk kita mengasuh anak. Dampaknya, anak akan menjadi pemarah dan pendendam ketika beranjak dewasa," ungkapnya.
 

Untuk mengatasi hal ini, sambung dia, wanita yang ingin bekerja, lebih baik agar membuka usaha sendiri di dalam rumah atau pekerjaan yang rutinitas mengurus keluarganya lebih besar ketimbang rutinitas bekerja. Sehingga, kehidupan keluarga pun lebih sehat dan ter-urus.
 

"Wanita sebaiknya mencari kegiatan usaha yang tidak menyita waktu, yang tetap menjalani kodratnya sebagai ibu atau istri di dalam rumah. Dengan begitu, keluarga pun akan lebih sehat, dan psikologis bagi anak pun jadi lebih baik," tandasnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 4 jam yang lalu

Ratusan Preman dan Brandal Motor Terjaring Razia Cipta Kondisi

RATUSAN preman dan berandalan bermotor berhasil diamankan dalam Cipta Kondisi (Cipkon) yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, Sabtu (16/12/2017) hingga Minggu (17/12/2017) dini…

Cianjur Euy 16/12/2017 19:15 WIB

Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Selokan

SESOSOK mayat bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan disebuah selokan di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 05.30 WIB.`

Cianjur Euy 16/12/2017 19:11 WIB

Polsek Cikalongkulon Amankan Puluhan Liter Bahan Baku dan Miras Oplosan

KEPOLISIAN Sektor (Polsek) Cikalongkulon menggelar razia ke sejumlah warung atau depot jamu yang diduga menjual minuman keras (miras) di wilayah itu, Jumat (15/12/2017).

Cianjur Euy 16/12/2017 19:09 WIB

BPBD Cianjur Pastikan Aman Pasca Terjadinya Gempa

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak gempa dalam kondisi aman.

Aktualita 16/12/2017 01:23 WIB

Gempa Kedua Berpotensi Tsunami, Ini Daerah-daerah yang Diguncang Gempa

TAK hanya di Cianjur dan daerah lainnya di Jawa Barat, namun guncangan gempa pun dirasakan warga di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Aceh, Jumat (15/12/2017) malam.

Aktualita 16/12/2017 00:21 WIB

Gempa Guncang Cianjur dan Sekitarnya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

WARGA Cianjur dikagetkan dengan gempa pada malam ini sekitar pukul 23.50 Wib. Getaran yang cukup kencang dirasakan warga sekitar 1 sampai 2 menit.

Cianjur Euy 15/12/2017 19:57 WIB

Polres Cianjur Amankan Puluhan Preman dan Anak Jalanan

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur menggelar razia preman di sejumlah titik keramaian di wilayah hukum Polres Cianjur, Jumat (15/12/2017) sore.

Aktualita 15/12/2017 16:28 WIB

Pohon Tumbang, Akibatkan Arus Kendaraan Tersendat

Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:26 WIB

Umat Islam Cianjur Gelar Istighosah Untuk Kemerdekaan Palestina

RIBUAN umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017).

Aktualita 15/12/2017 16:22 WIB

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.