Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Sepak Bola Cianjur Targetkan Ikuti ISL

K-1

Rabu, 10 Agustus 2016 - 11:06 WIB

BC/Angga Purwanda
BC/Angga Purwanda
A A A

BERITACIANJUR.COM - Tahun 2016 menjadi awal kebangkitan persepakbolaan di Kabupaten Cianjur, hal itu terbukti dengan kembali hidupnya industri sepak bola di wilayah itu. Diantaranya, dengan sukses digelarnya Bhayangkara Cup Polres Cianjur 2016 dan yang saat ini tengah bergulir yaitu Cianjur League U-19.

Cianjur League U-19 merupakan satu-satunya turnamen yang ada di Indonesia dan hanya ada di Cianjur saja yang mempunyai liga tingkat kabupaten. Tentunya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Cianjur harus kerja bareng dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dan seluruh komponen masyarakat untuk nasib perkembangan persepak bolaan Cianjur.

Namun Ketua Panitia Cianjur League U-19, Beni Sumarna, dengan adanya turnamen itu, mempunyai targetan tersendiri untuk memajukan eksistensi sepak bola yang ada di Cianjur, yang dimana pada tahun 2018 mendatang akan ada Pekan Olah Raga Daerah (Porda) yang digelar di Bogor, Beni mengakui, pemain-pemain yang sekarang mengikuti Cianjur League U-19 ketika dua tahun mendatang pas pada usia 21, maka dari itu akan ditargetkan anak-anak tersebut untuk ikut serta dalam event Porda tersebut dengan terlebih dahulu dikarantina.

"Jadi kita itu punya jenjang, yang dimana jenjang tersebut sesuai dengan kebutuhan di usia 19, dan diperuntungkan untuk kesiapan Porda 2018, dan event tersebut pas sekali dengan usia 19, yang nanti kebutuhan usia 21 itu adalah pas bagi peserta yang sekarang mengikuti Liga Cianjur, dan ini menjadi PR bagi PSSI dan para pecinta bola dimana sekarang ada telescuting, para pemain yang terbaik di Liga Cianjur akan diambil, dikarantina dan digodog selama kurang lebih dua tahun lebih dipersiapkan untuk Porda 2018 yang diadakan di Bogor," ujar Beni saat menyambangi Redaksi Berita Cianjur.

Mimpi Beni tidak hanya disitu, bahkan dirinya, mengungkapkan untuk turnamen bebas usia, Cianjur akan terlebih dahulu mengikuti tahapan untuk yang digelar sebelum mengikuti liga tertinggi di Indonesia yakni Liga Super Indodnesia (LSI).

"Apabila ada turnamen bebas usia itu pun kami akan mempersiapkan karena ada kelanjutan di Liga Nusantara, yang dimana liga tersebut ada level terendah untuk menuju Liga Super Indonesia, setelah Liga Nusantara ada divisi utama, dan setelah itu baru kita masuk ke Liga Super Indonesia," ungkapnya.

Beni juga menambahkan, akan menjadikan sepak bola Cianjur sebagai industri, yang selama ini terkesan paradigma dari masyarakat bahwa sepak bola itu tidak ada jenjang karir yang cerah, untuk menghilangkan tersebut, maka dari itu pihaknya akan memanage dengan baik dan profesional untuk menjadikan bahwa sepak bola di Cianjur bisa diakui sebagai profesi.

"Harapan kami ingin dimana sepak bola adalah industri, dimana selalu masyarkat atau orang-orang bahwa sepak bola hanya sekedar membuang uang, kalau orang gila bola mengeluarkan uang no limited, nah itu selalu terobsesi bagi kami merubah paradigma mereka bahwa sepak bola adalah sebagai industri, dengan kita memanage dengan rapih dan profesional dengan seperti itu akan menerima pundi-pundi keuntungan bagi pemain, club, dan pelaku sepak bola tersebut," tuturnya.

Dengan adanya gebrakan dan kepimipinan yang baru, digelarnya Cianjur League U-19 ini bisa menjadi langkah awal dari kebangkitan persepak bolaan Cianjur, peran serta dukungan dari Pemkab dan seluruh masyarkat Cianjur juga sangat diperlukan.

"Alhamdulillah dengan adanya gebrakan kemarin, dengan adanya Cianjur League, dimana Ketua DPRD Kabupaten Cianjur ikut hadir, Yadi Mulyadi, Bapak Bupati, kang Irfan, Ketua PSSI juga sangat suport, mudah-mudahan ini menjadi obsesi bagi semua pihak yang hobi dan yang ingin menjadikan sepak bola adalah profesi ini sebuah gebrakan yang baru dimana kebangkitan sepak bola bearawal dari sekarang," jelasnya.

Meskipun demikian, jika harus berbicara sepak bola itu adalah sebagian dari hiburan masyarakat tapi tidak menutup kemunkinan dengan langkah awal ini ada dunia sepak bola Cianjur yang berbeda, karena dari segi turnamen yang ada di Kabupaten Cianjur sendiri tidak pernah padam bahkan, terbukti di pelosok sana masih ada turnamen-turnamen sepak bola yang selalu rutin digelar.

"Kalo berbicara sepak bola itu adalah hiburan masyarakat dan obsesi seseorang untuk hobi, dengan adanya liga Cianjur, ada juga di Cikadu ada open turnamen, begitupun di Cibinong Cianjur Selatan ada turnamen yang sering diadakan apalagi sekarang menjelang Agustusan saya yakin akan lebih banyak yang diadakan masyarakat," imbuhnya. (pur)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.