Minggu, 27 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Sepak Bola Cianjur Targetkan Ikuti ISL

K-1

Rabu, 10 Agustus 2016 - 11:06 WIB

BC/Angga Purwanda
BC/Angga Purwanda
A A A

BERITACIANJUR.COM - Tahun 2016 menjadi awal kebangkitan persepakbolaan di Kabupaten Cianjur, hal itu terbukti dengan kembali hidupnya industri sepak bola di wilayah itu. Diantaranya, dengan sukses digelarnya Bhayangkara Cup Polres Cianjur 2016 dan yang saat ini tengah bergulir yaitu Cianjur League U-19.

Cianjur League U-19 merupakan satu-satunya turnamen yang ada di Indonesia dan hanya ada di Cianjur saja yang mempunyai liga tingkat kabupaten. Tentunya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Cianjur harus kerja bareng dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dan seluruh komponen masyarakat untuk nasib perkembangan persepak bolaan Cianjur.

Namun Ketua Panitia Cianjur League U-19, Beni Sumarna, dengan adanya turnamen itu, mempunyai targetan tersendiri untuk memajukan eksistensi sepak bola yang ada di Cianjur, yang dimana pada tahun 2018 mendatang akan ada Pekan Olah Raga Daerah (Porda) yang digelar di Bogor, Beni mengakui, pemain-pemain yang sekarang mengikuti Cianjur League U-19 ketika dua tahun mendatang pas pada usia 21, maka dari itu akan ditargetkan anak-anak tersebut untuk ikut serta dalam event Porda tersebut dengan terlebih dahulu dikarantina.

"Jadi kita itu punya jenjang, yang dimana jenjang tersebut sesuai dengan kebutuhan di usia 19, dan diperuntungkan untuk kesiapan Porda 2018, dan event tersebut pas sekali dengan usia 19, yang nanti kebutuhan usia 21 itu adalah pas bagi peserta yang sekarang mengikuti Liga Cianjur, dan ini menjadi PR bagi PSSI dan para pecinta bola dimana sekarang ada telescuting, para pemain yang terbaik di Liga Cianjur akan diambil, dikarantina dan digodog selama kurang lebih dua tahun lebih dipersiapkan untuk Porda 2018 yang diadakan di Bogor," ujar Beni saat menyambangi Redaksi Berita Cianjur.

Mimpi Beni tidak hanya disitu, bahkan dirinya, mengungkapkan untuk turnamen bebas usia, Cianjur akan terlebih dahulu mengikuti tahapan untuk yang digelar sebelum mengikuti liga tertinggi di Indonesia yakni Liga Super Indodnesia (LSI).

"Apabila ada turnamen bebas usia itu pun kami akan mempersiapkan karena ada kelanjutan di Liga Nusantara, yang dimana liga tersebut ada level terendah untuk menuju Liga Super Indonesia, setelah Liga Nusantara ada divisi utama, dan setelah itu baru kita masuk ke Liga Super Indonesia," ungkapnya.

Beni juga menambahkan, akan menjadikan sepak bola Cianjur sebagai industri, yang selama ini terkesan paradigma dari masyarakat bahwa sepak bola itu tidak ada jenjang karir yang cerah, untuk menghilangkan tersebut, maka dari itu pihaknya akan memanage dengan baik dan profesional untuk menjadikan bahwa sepak bola di Cianjur bisa diakui sebagai profesi.

"Harapan kami ingin dimana sepak bola adalah industri, dimana selalu masyarkat atau orang-orang bahwa sepak bola hanya sekedar membuang uang, kalau orang gila bola mengeluarkan uang no limited, nah itu selalu terobsesi bagi kami merubah paradigma mereka bahwa sepak bola adalah sebagai industri, dengan kita memanage dengan rapih dan profesional dengan seperti itu akan menerima pundi-pundi keuntungan bagi pemain, club, dan pelaku sepak bola tersebut," tuturnya.

Dengan adanya gebrakan dan kepimipinan yang baru, digelarnya Cianjur League U-19 ini bisa menjadi langkah awal dari kebangkitan persepak bolaan Cianjur, peran serta dukungan dari Pemkab dan seluruh masyarkat Cianjur juga sangat diperlukan.

"Alhamdulillah dengan adanya gebrakan kemarin, dengan adanya Cianjur League, dimana Ketua DPRD Kabupaten Cianjur ikut hadir, Yadi Mulyadi, Bapak Bupati, kang Irfan, Ketua PSSI juga sangat suport, mudah-mudahan ini menjadi obsesi bagi semua pihak yang hobi dan yang ingin menjadikan sepak bola adalah profesi ini sebuah gebrakan yang baru dimana kebangkitan sepak bola bearawal dari sekarang," jelasnya.

Meskipun demikian, jika harus berbicara sepak bola itu adalah sebagian dari hiburan masyarakat tapi tidak menutup kemunkinan dengan langkah awal ini ada dunia sepak bola Cianjur yang berbeda, karena dari segi turnamen yang ada di Kabupaten Cianjur sendiri tidak pernah padam bahkan, terbukti di pelosok sana masih ada turnamen-turnamen sepak bola yang selalu rutin digelar.

"Kalo berbicara sepak bola itu adalah hiburan masyarakat dan obsesi seseorang untuk hobi, dengan adanya liga Cianjur, ada juga di Cikadu ada open turnamen, begitupun di Cibinong Cianjur Selatan ada turnamen yang sering diadakan apalagi sekarang menjelang Agustusan saya yakin akan lebih banyak yang diadakan masyarakat," imbuhnya. (pur)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 25/05/2018 09:42 WIB

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 25/05/2018 00:23 WIB

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:22 WIB

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 25/05/2018 00:21 WIB

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 25/05/2018 00:13 WIB

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:09 WIB

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:08 WIB

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 24/05/2018 23:07 WIB

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 24/05/2018 22:35 WIB

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.