Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat 20 Menit Berhenti Merokok

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 10 Agustus 2016 - 13:07 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”. Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Sepertinya tidak mengherankan jika mengingat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh Anda.

Salah satu konsekuensi utama yang bisa Anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Semua orang tahu, merokok sama sekali tak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun hanya sebagian yang mengetahui hal baik secara spesifik saat berhenti merokok.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah berhasil memaparkan sebuah data yang menunjukkan, perubahan positif pada tubuh saat berhenti merokok. Sebatang rokok yang biasanya habis dalam waktu 15-20 menit ini akan mempengaruhi organ dalam tubuh Anda.

Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Liputan6, Rabu (10/8/2016).

1. Berhenti 20 menit

Berhenti merokok selama 20 menit akan memperbaiki fungsi jantung kembali normal. Kapiler dan jaringan pembuluh darah akan kembali sehat, terlebih aliran darah akan semakin lancar hingga ke jemari tangan dan kaki.

2. Berhenti 12 jam

Berhenti merokok dalam waktu 12 jam, tingkat karbon monoksida yang bersifat jahat dalam darah akan menurun. Sementara tingkat oksigen akan meningkat sehingga komposisi darah kembali normal.

3. Berhenti 2 minggu sampai tiga bulan

Waktu yang tergolong panjang ini akan menurunkan risiko serangan jantung. Bahkan, rasa kecanduan tembakau perlahan akan menghilang.

Saat berhenti merokok sepanjang waktu ini, sirkulasi darah di pembuluh perifer akan membaik. Bahkan, jaringan paru-paru akan pulih dan secara signifikan, fungsi paru-paru akan lebih sehat.

4. Berhenti 1 sampai 9 bulan

Batuk dan mengi yang disebabkan oleh merokok akan perlahan mereda. Sebab butuh waktu panjang dalam menyingkirkan zat-zat berbahaya yang terkumpul dalam tubuh.

5. Berhenti 1 tahun

Jika Anda sudah berhasil berhenti selama satu tahun lamanya, dapat dipastikan kebutuhan tembakau akan menghilang. Hal ini juga mempengaruhi kondisi warna kulit yang lebih sehat dan lebih kenyal. Bahkan, Anda dapat meninggalkan risiko penyakit jantung iskemik sebesar 50 persen.

6. Berhenti 5 tahun

Sirkulasi darah akan pulih dengan normal dan Anda risiko serangan stroke akan berkurang, sebanding dengan orang yang bukan perokok. Sebab, saraf dan sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi lebih baik.

7. Berhenti 10 tahun

Saat berhasil berhenti merokok 10 tahun lamanya, risiko kanker paru-paru dua kali lebih kecil dari perokok, termasuk pada kanker intraoral, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, ginjal, dan kanker pankreas.

8. 15 tahun berhenti merokok

Kemungkinan risiko penyakit jantung iskemik dan kanker sekarang setara dengan orang yang bukan perokok. Berhenti merokok lebih menyenangkan bukan?

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Bisnis Line 19/07/2018 21:31 WIB

Sentral Motor Gelar Program Kemerdekaan DP 1 Juta.

DALAM rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang, Sentral Motor mulai Kamis (19/7/2018) menggelar Program Kemerdekaan dengan DP satu juta rupiah hingga akhir Agustus 2018.…

Bisnis Line 19/07/2018 21:30 WIB

Bank Bjb Dirikan Bjb University Demi Terciptanya SDM Berkualitas

UNTUK menciptakan sumber daya manusia yang andal dan berkualitas, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk meresmikan bjb University, Rabu (18/7/2018) di Jalan Cikapundung, Kota Bandung.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.