Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat 20 Menit Berhenti Merokok

Rifqi Dahwan Aziz

Rabu, 10 Agustus 2016 - 13:07 WIB

Net/Ilustrasi
Net/Ilustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”. Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Sepertinya tidak mengherankan jika mengingat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh Anda.

Salah satu konsekuensi utama yang bisa Anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Semua orang tahu, merokok sama sekali tak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun hanya sebagian yang mengetahui hal baik secara spesifik saat berhenti merokok.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah berhasil memaparkan sebuah data yang menunjukkan, perubahan positif pada tubuh saat berhenti merokok. Sebatang rokok yang biasanya habis dalam waktu 15-20 menit ini akan mempengaruhi organ dalam tubuh Anda.

Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Liputan6, Rabu (10/8/2016).

1. Berhenti 20 menit

Berhenti merokok selama 20 menit akan memperbaiki fungsi jantung kembali normal. Kapiler dan jaringan pembuluh darah akan kembali sehat, terlebih aliran darah akan semakin lancar hingga ke jemari tangan dan kaki.

2. Berhenti 12 jam

Berhenti merokok dalam waktu 12 jam, tingkat karbon monoksida yang bersifat jahat dalam darah akan menurun. Sementara tingkat oksigen akan meningkat sehingga komposisi darah kembali normal.

3. Berhenti 2 minggu sampai tiga bulan

Waktu yang tergolong panjang ini akan menurunkan risiko serangan jantung. Bahkan, rasa kecanduan tembakau perlahan akan menghilang.

Saat berhenti merokok sepanjang waktu ini, sirkulasi darah di pembuluh perifer akan membaik. Bahkan, jaringan paru-paru akan pulih dan secara signifikan, fungsi paru-paru akan lebih sehat.

4. Berhenti 1 sampai 9 bulan

Batuk dan mengi yang disebabkan oleh merokok akan perlahan mereda. Sebab butuh waktu panjang dalam menyingkirkan zat-zat berbahaya yang terkumpul dalam tubuh.

5. Berhenti 1 tahun

Jika Anda sudah berhasil berhenti selama satu tahun lamanya, dapat dipastikan kebutuhan tembakau akan menghilang. Hal ini juga mempengaruhi kondisi warna kulit yang lebih sehat dan lebih kenyal. Bahkan, Anda dapat meninggalkan risiko penyakit jantung iskemik sebesar 50 persen.

6. Berhenti 5 tahun

Sirkulasi darah akan pulih dengan normal dan Anda risiko serangan stroke akan berkurang, sebanding dengan orang yang bukan perokok. Sebab, saraf dan sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi lebih baik.

7. Berhenti 10 tahun

Saat berhasil berhenti merokok 10 tahun lamanya, risiko kanker paru-paru dua kali lebih kecil dari perokok, termasuk pada kanker intraoral, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, ginjal, dan kanker pankreas.

8. 15 tahun berhenti merokok

Kemungkinan risiko penyakit jantung iskemik dan kanker sekarang setara dengan orang yang bukan perokok. Berhenti merokok lebih menyenangkan bukan?

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.