Kamis, 19 Oktober 2017 - Pukul 17:43

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Mila Amelia, Mantan Paskibraka Nasional yang Dilupakan

Oleh: Misbah Hidayat - Kamis 11 Agustus 2016 | 14:44 WIB

Mila Amelia, Mantan Paskibraka Nasional yang Dilupakan

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Penghargaan kepada orang yang berjasa dan pernah membawa nama harum daerah di Cianjur sepertinya masih sangat jauh dari kenyataan. Bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Mungkin saja pemerintah malah telah melupakan, padahal untuk meraihnya penuh perjuangan panjang.

 

Paling tidak gambaran itu yang dirasakan oleh keluarga Mila Amelia. Bagi sebagian masyarakat Cianjur, terutama mereka yang pernah menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih pada hari-hari besar, sosok Mila Amelia tentu tidak asing lagi.

 

Ia adalah satu-satunya warga Cianjur yang pernah merasakan menjadi Paskibraka nasional pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus 2000 silam. Mantan siswa SMAN 1 Sukaresmi itu mewakili Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur sebagai Paskibraka bersama perwakilan 27 provinsi di Indonesia.

 

Tentu ini hal ini kesempatan yang tidaklah mudah didapat dan itu terbukti hingga saat ini belum ada Mila-Mila lainnya yang berhasil menembus menjadi Paskibraka nasional. Namun itu semua kini tinggal cerita, walaupun pernah membawa nama harum daerah sosok Mila Amelia sepertinya ibarat raib ditelan bumi dan telah dilupakan khususnya oleh Pemkab Cianjur.

 

"Sampai saat ini tidak pernah ada perhatian dari pemerintah. Mungkin sudah dilupakan, padahal anak saya itu satu-satunya anggota Paskibra asal Cianjur yang berhasil lolos ditingkat nasional," kata Lindawati (50) ibunda Mila Amelia saat ditemui dikediamannya, Rabu (10/8/2016).

 

Prestasi yang ditorehkan Mila Amelia terbilang luar biasa. Menjadi bagian dari Paskibraka nasional bukanlah hal yang mudah. Proses panjang harus ditempuh, sampai akhirnya terpilih dan berhak menjadi bagian dari pasukan 17 ditingkat nasional itu.

 

"Anak saya sekarang sudah bekerja di Jakarta. Dari keluarga pinginnya ada sedikit perhatian dari pemerintah, apalagi saat ini momen yang sangat tepat. Paling tidak ingat akan jasa atau prestasi yang ditorehkan anak saya yang membawa nama harum Kabupaten Cianjur dikancah nasional," harapnya.

 

Sementara itu, Pembina Paskibra SMAN 1 Sukaresmi, Desi Srimulyani membenarkan, jika Mila Amelia pernah mengikuti pembinaan Paskibraka di tingkat nasional mewakili sekolahnya pada tahun 2000 silam.

 

“Prestasi yang ditorehkan oleh paskibraka SMAN 1 Sukaremi ditingkat nasional belum ada lagi pasca Mila keluar dari sekolah. Sampai saat ini di Cianjur sepertinya belum ada yang sampai tembus ditingkat nasional," kata Desi saat ditemui terpisah.

 

Meski belum bisa melahirkan Mila-Mila baru, namun pembinaan terhadap anak didiknya terus dilakukan untuk memberikan pembekalan keterampilan paskibra. Termasuk untuk menumbuhkan kembali semangat terhadap anak didiknya agar bisa mengikuti jejak seniornya.

 

“Saat ini kami tidak tahu persis kegiatan apa yang dilakukan oleh Mila, termasuk pendidikan lanjutan dia seperti apa. Karena kami juga tidak ada komunikasi. Tapi kita masih selalu mengingat, apalagi pada HUT RI seperti saat ini," tandasnya. (nuk)

Komentar